Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dsturridge15Avatar border
TS
dsturridge15
Sedikit Berbicara Tentang Iklan Gan, Tertarik Masuk!
PAPAN REKLAME BESAR di pinggir jalan dan iklan kecil di koran memiliki tujuan yang sama, yaitu memberi tahu kita tentang produk yang tersedia dan berusaha mempengaruhi kita agar memilih merek tertentu. Awalnya iklan lebih ditujukan untuk lingkungan kecil, namun sekarang iklan melalui televisi mampu menjangkau jutaan orang, iklan di internet dan di youtube sebagai contohnya. Pedagang di pasar meneriakan dagangan mereka, sementara toko-toko memasang papan iklan untuk menunjukan dagangan mereka. Periklanan moderen muncul sekitar 170 tahun lalu, ketika pabrik mulai memproduksi barang dalam jumlah banyak. Koran memuat segala macam iklan mulai dari iklan topi sampai obat-obatan. Kini, periklanan merupakan bagian dari bisnis pemasaran yang meliputi desain produk, persaingan harga, pengepakan, dan etalase toko. Iklan ada di mana-mana. Selain di televisi dan radio, bahlan internet sekalipun, iklan juga disiarkan melalui rekaman musik, badan kendaraan, serta asap pesawat terbang. Pesan iklan sering memikat kita (seperti iklan rokok semacamnya), tapi tidak semua iklan itu baik. Hukum melindungi konsumen terhadap iklan yang menyesatkan. Di beberapa negara ada larangan untuk iklan produk yang membahayakan, seperti tembakau dan alkohol.

Quote:

PELUNCURAN PRODUK BARU
Biaya pembuatan Iklan sangat mahal. Maka sebelum meluncurkan cokelat jenis baru, perusahaan coklat harus yakin bahwa produk mereka menarik orang untuk membeli.

LEMBAR PANDUAN CERITA
Sebelum membuat iklan, perancangnya harus membuat rangkaian gambar dengan urutan adegannya. Bentuknya seperti komik. Pengarang wacana iklan lantas membuat naskah dengan semboyan sesuai dengan gambar-gambar itu.

RISET PASAR
Ratusan orang mencicipi coklat dan menjawab beberapa pertanyaan tentang cokelat itu, sebelum produk dijual. Mereka memberikan opini tentang harga, nama, ukuran dan pembungkusnya. Proses ini disebut riset pasar.

KAMPANYE
Pengusaha mempunyai dana iklan yang terbatas. Karenanya, sebagian besar iklan ditampilkan dalam bentuk kampanye (kegiatan pemasaran secara serentak di berbagai media). Selama kampanye, iklan hanya ditayangkan pada ruang dan waktu tertentu yang dipilih secara hati-hati. Misalnya iklan cokelat ditayangkandi televisi dalam acara anak anak disore hari. Iklan cetakannya muncul di majalah remaja.

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
Program pemerintah dapat disampaikan kepada masyarakat melalui iklan layanan masyarakat, misalnya ajakan untuk tes HIV.

Edited
Diubah oleh dsturridge15 01-12-2015 04:36
0
1.3K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.