Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

daredevil55Avatar border
TS
daredevil55
hal - hal dan budaya unik yang hanya ada di Aceh
sebenernya udah pernah atau sudah sering di posting di blog maupun kaskus,tapi ane tetap pengen buat ini threat, berikut ini adalah hal - hal dan budaya unik yang hanya agan temuin bila pergi ke Aceh

1. Mobil labi - labi
hal - hal dan budaya unik yang hanya ada di Aceh

nah ini mobil sebenarnya mobil pick up terbuka tapi karena kreatifnya orang aceh maka mobil ini di modil sedemikian rupa sehingga terbentuklah seperti gambar di atas. semasa ane kecil dulu tiap pergi kekampung nenek (Meulaboh - Jeuram ),ane sering nih naek angkot khas aceh tersebut. oh ya tempat duduk di dalam mobil ini posisinya juga terbilang unik, ketika kita duduk kita akan saling berhadap - hadapan dengan penumpang lain. terakhir kali ane naik nih angkutan labi - labi pas ketika ane awal - awal kuliah di Banda Aceh. karena perkembangan zaman orang - orang sudah mempunyai kendaraan sendiri, sekarang mobil labi - labi ini lebih banyak beroperasi di daerah Banda Aceh ketimbang daerah Aceh lainnya. Di Banda Aceh angkutan labi - labi masih banyak di gunakan oleh berbagai kalangan seperti siswa,mahasiswa, ibu - ibu dan sebagainya.

2. WH ( Wilayatul Hisbah)
hal - hal dan budaya unik yang hanya ada di Aceh

Wilayatul hisbah adalah sebuah lembaga pengawasan pelaksanaan syariat Islam di provinsi Aceh. nah tugas mereka ini adalah melakukan razia orang - orang yang melanggar syariat islam, misalnya seperti orang pacaran, make pakaian ketat,orang yang berjudi, zina dan sebagainya. jadi ketika mereka di tangkap mereka akan di data atau di beri hukuman seperti denda dan hukuman cambuk.

3. Hewan ternak di lintas jalan aceh
hal - hal dan budaya unik yang hanya ada di Aceh

biarpun jalan di Aceh tergolong bagus , ketika di Berjalan di jalan lintas Aceh skill mengemudi akan di uji,dengan rintangan sapi dan kerbau. menurut ane ini juga termasuk hal unik yang ada di Aceh, saking amannya Aceh tuh sapi atau kerbau di lepas di biarin gitu aja oleh pemiliknya tanpa khawatir di curi, sampe - sampe tuh hewan ternak lalu lalang di jalan dan menganggu pengguna jalan. bahkan ada yang meninggal karena nabrak tuh hewan. ane sendiri juga pernah hampir nabrak kerbau,untung dah masih sempet ngerem. coba kalo di kota lain pasti bakal hilang tuh hewan di colong pencuri.oh iya di Aceh sendiri sapi sering di sebut dengan lembu atau lemo.

4. kota seribu warung kopi

hal - hal dan budaya unik yang hanya ada di Aceh

kalo ente pergi ke daerah Aceh,ente boleh perhatiin bangunan apa yang paling banyak di daerah Aceh, Yap warung kopi. Di desa maupun kota pasti ada bangunan yang satu ini. orang Aceh seneng banget yang namanya nongkrong di Warung kopi, gak yang tua atau muda sama aja. di warung kopi ini mereka membahas banyak hal seperti masalah pekerjaan,kuliah,curhat dan sebagainya.ini menunjukkan bahwa masyarakat Aceh itu senang bersosialisasi, Kebanyakan orang Aceh itu lebih suka mendengar dan bercerita ketimbang membaca. jadi karena hal tersebut mereka sering berkumpul di warkop untuk berbagi informasi, seperti info lowongan kerja. karena orang aceh seneng nongkrong di warkop maka timbulah kesan kalo orang aceh itu malas. nah anggapan ini yang sebenernya bikin ane kesal. padahal menurut ane sebenernya orang Aceh itu pekerja keras,coba lihat aja orang aceh yang merantau rata - rata mereka pekerja keras dan sukses di tempat atau di kampong orang,jadi salah besar kalo ada orang yang nilai orang aceh itu pemalas dan kerjanya Cuma nongkrong di warung kopi.

5. kopi saring dan kopi gelas terbalik

hal - hal dan budaya unik yang hanya ada di Aceh
kopi saring

hal - hal dan budaya unik yang hanya ada di Aceh
kopi gelas terbalik

nah yang satu ini juga cuma ada di Aceh,kopi hitam di sajikan dengan cara unik yaitu kopi di saring berkali - kali hingga menghasilkan kopi tanpa ampas. cara menyaringpun juga terkesan unik seperti atraksi. nah setelah selesai di saring barulah kemudian di sajikan dengan cara gelasnya terbalik.tapi kopi gelas terbalik ini jarang di temukan,ane sendiri pernah minum ini kopi ketika masih kecil. sekarang kopi ini bisa di temukan di beberapa warkop Aceh bagian barat.

6. ketika seseorang di panggil maka orang tersebut akan menjawab dengan kata Tuan
sering kali ketika ada orang yang manggil orang tersebut menjawab dengan kata “iya” tapi jika di Aceh meskipun tidak selalu mereka akan menyahut dengan kata “Tuan” entah bagaimana asal - usulnya ane sebagai orang acehpun belum tau. tapi sekarang kata Tuan untuk menyahut panggilan,sudah jarang di gunakan oleh para pemuda - pemudi Aceh.

7. cewe - cewe aceh itu make jilbab

hal - hal dan budaya unik yang hanya ada di Aceh

nah ini beda cewe yang di Aceh dengan daerah lain, Di Aceh para perempuan ketika bepergian haruslah memakai jilbab dan menutup auratnya. nah kalo tuh cewe bandel bakal di tangkap WH. di Berbagai daerah Aceh sendiripun sangat Jarang di temukan wanita yang tidak memakai jilbab ketika berpergian,kalaupun ada bisa jadi itu non muslim. tapi sayangnya di zaman sekarang entah mengapa kebanyakan mereka memang mamakai jilbab tetapi baju dan celana mereka ketat berbentuk.

8. Honda sebutan untuk semua merek Sepeda Motor
nah yang ini terkesan lucu,ketika seseorang menyebut Honda itu artinya sebutan untuk berbagai merek sepeda motor,biarpun merek sepeda motor yang di naiki Yamaha atau Suzuki tetap aja orang - orang di Aceh itu nyebutnya Honda. bahkan orang aceh juga ada yang menyebut mesin pompa air itu sanyo apapun mereknya. bahkan ketika kecil ane pernah di buat bingung oleh nenek ane, karena nenek nyebutin warna biru itu hijau. ane kira nenek ane aja yang nyebutin begitu,tapi ternyata kebayakan orang tua di Aceh nyebut biru itu dengan hijau.

9. tradisi meugang

Meugang adalah tradisi memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat dan yatim piatu oleh masyarakat Aceh, Indonesia.Meugang atau Makmeugang adalah tradisi menyembelih kurban berupa kambing atau sapi dan dilaksanakan setahun tiga kali, yakni Ramadhan, Idul Adha, dan Idul Fitri.Sapi dan kambing yang disembelih berjumlah ratusan.Selain kambing dan sapi, masyarakat Aceh juga menyembelih ayam dan bebek.Tradisi Meugang di desa biasanya berlangsung satu hari sebelum bulan Ramadhan atau hari raya, sedangkan di kota berlangsung dua hari sebelum Ramdhan atau hari raya.Biasanya masyarakat memasak daging di rumah, setelah itu membawanya ke mesjid untuk makan bersama tetangga dan warga yang lain.

10. mas kimpoi di ukur dengan mayam

Nah buat agan - agan yang demen sama cewe Aceh agan mesti tau kalo mas kimpoi di Aceh itu di Hitung dengan Mayam. 1 mayam itu kira - kira 3.37 gram emas. nah cewe di aceh ini mas kimpoinya juga terbilang tinggi, apa lagi kalo sicewe berpendidikan tinggi maka makin tinggi juga emas mayamnya. tapi biarpun emas kimpoi di Aceh ini tergolong tinggi akan terbalaskan dengan kesetiaan dan kecantikkan wanita aceh. wanita aceh meskipun tergolong cantik mereka termasuk setia dengan pasangannya.ada yang minat dengan wanita Aceh?

nah hal - hal dan budaya unik yang hanya ada di Aceh,sebenernya masih banyak lagi tapi ga mungkin ane sebutin semua, supaya agan - agan tau datang aja sendiri ke Aceh emoticon-Big Grin
jika ada yang salah mohon di koreksi emoticon-Big Grin
0
5.9K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Budaya
BudayaKASKUS Official
2.3KThread1.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.