Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azzahrakeysaAvatar border
TS
azzahrakeysa
[ASK] HAK KONSUMEN DALAM HAL GARANSI SERVICE
Malam gan n sist..
Ane mau tanya soal hak konsumen yang diberikan garansi service mesin fotokopi oleh perusahaan yang jual mesin fotokopi.

Jadi bulan februari ane beli mesin fotokopi rekondisi dengan harga 12juta untuk buka usaha dan sekarang tidak berjalan karena tempatnya tidak ramai (salah perkiraan).
Di dalam perjanjian ane dikasih garansi service 1 tahun berakhir februari 2016 diluar spare part.
Tiba2 belum 1 tahun mesin rusak, hasil fotokopiannya gak sama dengan yg asli (turun dan naik). Otomatis ane tlp bagian service. 3 orang yang datang dan gak bisa benerin mesin fotokopinya, orangnya bilang mesin masih bagus hanya settingnya aja yang rusak. Pertanyaan kalau gak ada rusak kok bisa begini hasilnya. Ane bilang supaya di reset atau di instal hardisk nya dan katanya sudah tapi hasilnya sama saja tidak sesuai dengan yang asli. Lalu ane telp lagi dong bagian servicenya agar dikasih solusi karna mesin gak terpakai dan mau dijual, padahal mesin itu jarang dipakai hanya saat perlu aja.
Hampir dua minggu ane telp dan bagian servicenya hanya menjanjikan teknisinya mau datang tapi gak dateng dan gak jelas waktunya. Bilangnya sedang dalam perjalanan dan berbagai alasan. Ane udah rugi uang, jadi rugi waktu dong yang harusnya ketemu klien, ane batalin dan tidak ada konfirmasi dr perusahaan yang ngejual mesin fotokopi itu ke ane.
Dan kalai dijual lagi hanya dihargain 3-5juta dari 12juta yang ane keluarin. Ruginya banyak. Walau ane tahu yang namanya mesin pasti jatuh harga, apalagi rusak begini. Jadi barang rongsokan dong dirumah.

Yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen dalam hal garansi service mesin rekondisi?
Dan langkah dan upaya hukum apa yang harus ditempuh? Dan untuk perusahaan tersebut bisa kenakan pasal apa ya di UU perlindungan konsumen?
12juta bukan barang murah loh.. Dan sekarang mesinnya tidak Berguna sama sekali.

Semoga bisa diselesaikan dengan baik dan solusi yang baik pula.
Terima kasih bagi agan dan sista yang memberikan solusi untuk kasus seperti ini.
Ohya, udah 2 kali ane telp bagian teknisi ane rekam juga percakapan sebagai bukti.



0
1.3K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Melek Hukum
Melek Hukum
7.6KThread2.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.