Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RightDeveAvatar border
TS
RightDeve
"Angin Para Dewa" - Taktik Ekstrim Perang Jepang



Yukio Seki, Hajime Fujii, Shouko Maeda, Takashige Sakamoto


Quote:


***************************************************************************************************************************************





Istilah "Kamikaze" berasal dari peristiwa penyerbuan bangsa Mongol terhadap Jepang di abad ke-13. Ketika armada raksasa Mongol muncul di Laut Jepang, semua harapan seperti telah musnah bagi Jepang. Lalu tiba2 muncul badai besar dari langit, menghamburkan dan menghancurkan kapal2 tersebut. Ajaibnya, badai ini datang lagi 7 tahun kemudian ketika bangsa Mongol melakukan penyerbuan untuk kedua kalinya. Inilah yang disebut "Kami-Kaze", atau "Angin para Dewa", yang telah menyelamatkan Jepang dari kehancuran. Di abad ke-20 Perang Pasifik, ketika harapan telah musnah, Jepang berharap akan terjadinya Kamikaze ketiga. Kali ini, Angin Dewa datang dalam wujud Pesawat Perang yang turun dari langit, dan menghunjamkan diri ke kapal2 musuh. Dalam pesawat2 ini, adalah pilot2 muda yang gagah berani, sepenuhnya mengorbankan diri mereka untuk Kekaisaran. Mereka sangat senang untuk dapat menjadi "Angin para Dewa" yang dahulu kala telah menyelamatkan Jepang.
Thread ini adalah properti milik RightDeve di "youtube.com/RightDeve" dan "rightdeve.blogspot.com" dilarang keras melakukan copy paste tanpa izin!


Thread ini adalah properti milik RightDeve di "youtube.com/RightDeve" dan "rightdeve.blogspot.com" dilarang keras melakukan copy paste tanpa izin!
Obsesi masyarakat Jepang untuk mati secara sukarela kepada Kaisar, dapat terlihat jelas dalam sebuah peristiwa yang menimpa seorang Letnan bernama Hajime Fujii. Setelah mengabdi sebagai perwira di Angkatan Darat, dia berpindah ke Angkatan Udara. Di akhir perang, 3 kali ia menawarkan diri untuk menjadi Kamikaze namun selalu ditolak dengan alasan bahwa ia telah berkeluarga, memiliki Istri dan 2 orang anak. Di suatu malam ketika ia pulang, ia menemukan surat dari istrinya, tertulis: "Aku tahu bahwa karena kami lah, engkau tidak bisa berkorban penuh terhadap negara. Sebab itu, biarkanlah kami meninggalkan dunia ini terlebih dahulu sebelum engkau. Bertarunglah tanpa beban di pikiranmu". Terkejut, ia kemudian mencari kesana kemari. Esok paginya, Polisi memberitahu Fujii bahwa istri dan dua anaknya telah ditemukan, dan diangkat dari Sungai Arakawa. Sang ibu mengikat dua anaknya dengan erat ke tubuhnya sendiri, lalu menenggalamkan diri. Sang suami yang tersentak kemudian menangis sedalam2nya, sambil membersihkan pasir dari jasad istri. Lalu, 5 bulan kemudian, keinginannya terkabul. Ia memimpin 9 pesawat Kamikaze, bergegas menyusul keluarganya yang telah lalu.





Thread ini adalah properti milik RightDeve di "youtube.com/RightDeve" dan "rightdeve.blogspot.com" dilarang keras melakukan copy paste tanpa izin!
Namun ironis, Pilot Kamikaze pertama dalam sejarah, adalah seorang yang justru tidak rela mengorbankan nyawanya untuk taktik bunuh diri ini. Ia bernama Yukio Seki. Lulusan Akademi Angkatan laut yang keahlian terbangnya tak diragukan.
Dia adalah pria yang mekar: baru saja menikah, dengan masa depan yang panjang. Menurut seorang reporter perang, Yukio Seki diketahui berkata "Masa depan Jepang adalah suram jika ia harus membunuh pilot2 terbaiknya. Saya tidak menjalankan misi ini demi Kaisar ataupun Negara. Saya pergi demi istri saya tercinta. Saya pergi karena menjalankan perintah." Suatu malam ketika ia beristirahat di tengah hawa Filipina yang panas, tiba2 ia diperintah untuk bertemu komandannya. Pusat Komando telah memutuskan mengambil taktik ekstrim untuk membalikkan keadaan perang. Yukio Seki diberitahu, bahwa nasib Jepang tertumpu pada operasi Kamikaze, dan untuk hal ini mereka membutuhkan prajurit sepertinya untuk memimpin Kamikaze pertama. Mereka melihat lulusan Akademi A.L. sebagai kandidat terbaik untuk memimpin skuadron spesial ini. Dan Yukio Seki, mereka lihat bukan hanya seorang lulusan akademi A.L., namun juga seorang pilot yang handal serta berdedikasi tinggi. Mendengar berita mengejutkan ini, ia terdiam beberapa saat, memikirkan tentang istrinya, keluarga, dan karir yang akan ditinggalkan. Tapi sebagaimana pria Jepang, ia tidak goyah. Dengan suara tegas, ia menjawab bahwa ia bersedia memimpin unit ini, walaupun hatinya berkata lain.






Dalam beberapa hari kemudian, ia menghabiskan waktunya untuk merencanakan dan membangun unit Kamikazenya, sadar penuh bahwa ia akan mati. Tanpa menunggu lama, tanggal 21 Oktober 1944 turun perintah agar mereka menyerbu armada kapal Amerika di lepas pantai Filipina. Akhirnya waktu mereka telah tiba. Namun setelah berjam2 terbang dan mencari musuh, tak satu pun kapal terlihat. Lalu mereka berbalik pulang. Tentunya ini sangat menyakitkan bagi Pilot2 ini yang telah bertekad mati, tak menanti secercah harapan untuk hidup satu hari pun. Sayangnya, hal ini harus berulang 3 kali: mereka telah lepas landas, percaya bahwa ini adalah akhir hidup mereka, namun harus kembali karena cuaca buruk atau tak menemukan musuh. Hingga datang tanggal 25 Oktober, keinginan mereka akhirnya terkabul. Setelah 3 jam 25 menit mencari2 musuh, mereka menemukan armada raksasa Amerika berlayar dengan gagahnya di kejauhan. Tanpa ditunda, Yukio Seki di barisan terdepan, menyerbu kapal2 Amerika itu. Setelah menetapkan target masing2, tiap pilot terjun dengan berani menuju kematian.



Laporan pengamat dari Amerika dan Jepang mengatakan sebuah pesawat Zero yang sangat berani menukik tajam tak mempedulikan hebatnya tembakan anti pesawat, lalu terbang datar 30 meter di atas laut. Pesawat itu terus melaju, menuju Kapal Induk St. Lo. Akhirnya ia melepaskan bom seberat 500 Kg dan menghunjamkan dirinya ke dek kapal. Kerusakan yang terjadi sangatlah besar, hingga St. Lo meledak 8 kali akibat hancurnya gudang amunisi dan bahan bakar dalam Kapal. St. Lo akhirnya tenggelam ke dasar Samudra Pasifik. Dilihat dari keahlian dan tekad pilot Zero ini, dapat dipastikan ia tak lain adalah Yukio Seki. Unitnya sukses menenggelamkan 1 kapal induk dan ribuan orang di dalamnya. Sedang kapal2 induk yang lain berhasil rusak berat. Operasi Kamikaze yang baru ini telah terbukti sukses besar. Pusat Komando di Jepang sangat gembira dengan kabar kemenangan ini. Namun, campur aduk perasaan keluarga Yukio Seki. Setelah menerima seikat rambut & surat2 milik Yukio Seki, sang ibu berlutut menangis. Namun ia bisa bangga, anaknya telah menjalankan tugas dengan sangat baik hingga memberikan harapan baru bagi Jepang untuk membalikkan keadaan.
Thread ini adalah properti milik RightDeve di "youtube.com/RightDeve" dan "rightdeve.blogspot.com" dilarang keras melakukan copy paste tanpa izin!



Kehidupan sehari2 pilot Kamikaze dapat diintip dari catatan diari seorang bernama Shouko Maeda. Dia adalah satu dari sekian banyak anak sekolah yang ditugaskan membantu dan merawat tempat tinggal pilot. Ia menjelaskan: Kokpit pesawat Kamikaze penuh dengan bunga Sakura. Anak2 sekolah biasanya mencari bunga Sakura di sekitar, lalu menaruh bunga2 ini di kokpit. Ketika pesawat lepas landas, anak2 sekolah dengan semangat melambaikan Sakura kepada para pilot. Setelah lepas landas, pesawat2 ini akan berputar mengelilingi landasan, sebagai tanda selamat tinggal. Keluarga pilot, anak2 sekolah, dan masyarakat, semuanya berdiri, bahkan lama setelah pesawat hilang dari pandangan. Lalu, bunga Sakura berjatuhan satu-satu dari langit, seperti salju. Bunga2 ini dihamburkan oleh para pilot dari Kokpitnya. Kembali di barak, ia ingat bagaimana pilot2 ini hidup sederhana; di ruangan kecil, tidur di kasur berisi jerami dan satu lembar selimut. Awalnya ia mengira pilot2 ini sombong & terpisah, namun setelah ia bercakap2, mereka ternyata sangat lembut & ramah. Anak2 sekolah suka berjalan2 dengan para pilot, bernyanyi & tertawa bersama. Mereka diperlakukan seperti adik sendiri oleh pilot2 ini.



Ia biasanya mengisi kokpit dengan makanan, dan juga membikinkan boneka maskot untuk para pilot. Ia ingat memberikan secabang bunga Sakura kepada pilot ketika hendak terbang. Pilot itu tak henti2nya mengatakan terimakasih atas bunga sakura itu. Ketika tiba hari untuk terbang, para pilot akan bercukur dan menata diri, mengatakan bahwa ini hari spesial jadi mereka harus terlihat bagus. Kadang2, pilot akan melakukan hal istimewa sesaat sebelum pergi. Ia melihat sendiri, seorang Letnan merobek pangkatnya dan melemparnya ke anak2 sekolah sambil tersenyum. Sesaat sebelum lepas landas, mereka bakal berbaris di depan markas.

Pidato singkat kemudian dibacakan oleh komandan, lalu mereka menghadap ke arah istana kaisar di Tokyo dan membungkuk dalam2. Kemudian mereka disajikan Sake dalam cangkir putih. Mereka lalu bubar dan duduk2 di tanah, bercakap2 ataupun bernyanyi, menunggu lepas landas. Ketika waktunya tiba mereka saling menepuk punggung & berkata semoga beruntung, dan bergegas menuju pesawat yang tersembunyi. Karena serangan udara musuh semakin hebat, kini pesawat2 Kamikaze disembunyikan di sekitar pangkalan.



Thread ini adalah properti milik RightDeve di "youtube.com/RightDeve" dan "rightdeve.blogspot.com" dilarang keras melakukan copy paste tanpa izin!
Dia ingat jelas, ketika pesawat2 ini keluar dari persembunyian untuk menuju posisi lepas landas, ada sepasang orang tua yang melihat dengan seksama setiap pesawat yang lewat. Yang perempuan selalu membungkuk setiap pesawat lewat. Tiba2, salah satu pilot membuka kokpitnya dan melambaikan pita merah. Melihat ini, perempuan tua itu mengangkat payungnya agar terlihat sang pilot. Lalu pesawat itu lepas landas dan menghilang di selatan, perempuan itu tetap melambaikan payungnya. Ternyata pilot itu adalah anak mereka. Pasangan tua itu telah datang jauh2 dari Tokyo, perjalanan kereta 24 jam di tengah serangan udara musuh. Mereka datang untuk melihat anak mereka pergi, ketika ia berjanji akan melambaikan pita merah agar mereka tahu itu dia. Peristiwa yang menyedihkan bagi Shouko Maeda.





Setelah pilot2 menghilang di langit Selatan, ceritanya tak selalu berjaya ketika mereka menyerang kapal2 musuh. Letnan Takashige Sakamoto adalah pilot pemandu dan pengawal untuk misi Kamikaze. Tugasnya adalah membimbing para Kamikaze menuju target operasi dan melindungi mereka jika diserang oleh pesawat Amerika. Karena pilot2 pemula tak mampu untuk terbang jarak jauh menuju target, maka pilot2 berpengalaman bertugas memimpin mereka dan tak diwajibkan melakukan Kamikaze. Suatu ketika di akhir perang, datang perintah agar dia mengawal unit Kamikaze. 4 orang pilot berada di bawah komandonya, mereka tak berpengalaman, karena hanya lulusan kuliah keguruan. Ketika bertemu, ia tercekat dan bingung harus berkata apa kepada orang2 yang akan mati ini. Mereka tampak tenang, walaupun terlihat tanda2 beban di wajah mereka. Sakamoto hanya berkata bahwa mereka harus selalu percaya dan mematuhi perintahnya. Lalu kelima pesawat disiapkan untuk tempur, senjata dan radio dicopot dari pesawat Kamikaze. Karena krisis bahan bakar, semua pesawat Kamikaze diisi hanya cukup untuk sekali jalan, takkan kembali. Ketika kru landasan menurunkan bendera merah, seketika mereka lepas landas dan menuju perairan Okinawa.
Thread ini adalah properti milik RightDeve di "youtube.com/RightDeve" dan "rightdeve.blogspot.com" dilarang keras melakukan copy paste tanpa izin!


Mereka menempuh penerbangan 2,5 jam di atas laut. Satu jam pertama mereka terbang sangat tinggi, lalu tiba2 mereka turun dan terbang sangat rendah di atas permukaan laut untuk menghindari RADAR musuh. Udara di dekat laut sangat nyaman, walaupun demikian penerbangan ini sangat sulit, karena mereka harus sangat hati2 begitu dekatnya dengan permukaan air. Sakamoto merasa ototnya sangat kaku. Sadar bahwa mereka hampir sampai target, Sakamoto melambaikan tangannya. Para pilot itu paham maksudnya, kemudian melepas pin pengaman pada bom. Benda2 kecil kuningan terbang di udara, bom2 kini telah aktif. 4 orang itu kemudian melambaikan tangannya, tanda perpisahan. Tiba2 mereka menanjak naik untuk mendapatkan ketinggian. Saat itu sudah gelap, namun mereka dapat melihat ratusan kapal Amerika bertaburan di lautan perak jauh di bawah. Sakamoto gemetar melihat pemandangan itu. Langsung saja mereka berpencar, dan masing2 Pilot menukik menuju kapal pilihan mereka.



Sakamoto terkejut. Dalam sekejap, meledaklah garis2 merah, biru, dan ungu di ujung langit, tak lain adalah tembakan anti-pesawat yang begitu hebat. Seketika ia berbalik arah untuk pulang. Ketika ia memandang ke belakang, ia lihat hanya 3 pesawat tersisa, terkepung oleh tembakan itu. Satu pesawat telah jatuh tertembak. Tiba2, muncul ledakan lain, satu lagi pesawat tertembak dan hancur di udara. Sakamoto mengertakkan giginya: dua pilot ini gagal mencapai keinginan terakhir mereka untuk menghujam ke kapal musuh. 2 pesawat yang tersisa terus menerjang tanpa takut, tersenyum atas keberuntungan mereka. Beberapa detik kemudian, kilatan cahaya putih meledak di kejauhan. Tabrakan sempurna dari salah satu Kamikaze!! Lalu, terjadi ledakan kedua. Satu lagi tabrakan sempurna dari Kamikaze terakhir! Kedua pilot ini pasti bangga dalam kematian mereka! Merasa suram, namun puas, ia bergegas pulang. Ia memecah keheningan Radio dan mengirim kode morse "Chi-Gu-Go" menandakan misi telah tuntas. Dalam perjalanan pulang yang panjang, ia terbayang2 gambaran kehancuran tadi. Ia tak dapat memahami keberanian pilot2 tadi. Walaupun pernah sebelumnya terbang 7 jam non-stop, misi Kamikaze ini telah betul2 menguras tenaga dan emosinya. Sesampainya di pangkalan, ia melaporkan bahwa 2 kapal cruiser menengah telah sukses terpukul. Akhirnya ia beristirahat dalam tidur yang tak tenang.



Thread ini adalah properti milik RightDeve di "youtube.com/RightDeve" dan "rightdeve.blogspot.com" dilarang keras melakukan copy paste tanpa izin!


BERSAMBUNG KE
Kisah-kisah Heroik Pilot Kamikaze
Part 3: Kisah Para Kamikaze Bag. 2 (segera)


**************************************************************************************************************************************


BERLANJUT DI BAWAH:
0
8.3K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.