Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

JustNuAvatar border
TS
JustNu
Hippotheraphy : Interaksi anak autis dengan kuda

Pernahkah anda bersosialisasi dengan anak autis? Mungkin anda akan merasakan kesulitan dalam berkomunikasi dengan mereka, atau bahkan anda merasa jengkel dengan meraka? Tentunya kita sudah mengetahui bahwa penderita autis memang memiliki keterbatasan dalam hal berkomunikasi, baik seacara verbal maupun non verbal. Namun, tetap saja mereka adalah manusia yang sempurna diciptakan oleh Tuhan dan memiliki hak untuk hidup berdampingngan dengan manusia yang lainnya.

Autis disebabkan oleh kelainan genetik sejak lahir. Sehingga, penderita autis tidak bisa diobati dengan menggunakan operasi fisik atau menggunakan obat-obatan. Beberapa orang mungkin bertanya, “dapatkah penderita autis sembuh?” jawabannya tentu saja bisa! Namun, sembuh yang bertanda petik (“sembuh”) bukan sembuh layaknya seseorang yang menderita tumor pasca operasi. Penyembuhan penderita autis lebih banyak melalui terapi-terapi yang konsisten. Banyak sekali terapi yang telah dikembangkan di dunia ini untuk penderita autis, salahsatunya adalah Hippotherapy. Hippotherapy merupakan terapi bagi penderita autis dengan menggunakan kuda sebagai alat terapinya.

Melalui program yang diselengarakan oleh DIKTI yaitu Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), 5 mahasiswa fakultas peternakan membuat sebuah program pemberdayaan masyarakat dengan objek penderita autisme yang ada di Yogyakarta. Ide untuk membuat program tersebut dilatarbelakangi oleh semakin tingginya angka penderita autis di Yogyakarta yang tidak diimbangi dengan jumlah sekolah khusus autis yang ada. Sehingga, perlu ada wadah alternatif yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan sosialisasi di dalam masyarakat.


Hippotherapy yang dilaksanakan di kandang Laboratorium Ternak Potong, Kerja dan Kesayangan diikuti oleh 6 anak penderita autis dari Sekolah Autis Fajar Nugraha. Kegiatan ini dilaksanakan selama 8 minggu setiap hari kamis. Kemajuan yang signifikan sangat terlihat dari tiap peserta pada program ini. Perubahan sikap peserta yang semula takut terhadap hewan, secara berangsur-angsur menjadi senang melihat hewan. Semoga dengan terus diadakannya terapi ini, minimal peserta dapat lebih berani lagi untuk berkomunikasi dengan sesama.


sumber : http://wisnmr.blogspot.com/
Diubah oleh JustNu 17-07-2015 11:39
0
2.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.