james.krisnandaAvatar border
TS
james.krisnanda
Serba – Serbi mengenai Mesin Jam tangan


Ada berapa banyak jenis mesin jam tangan ya ? kok harga rolex mahal banget ya ?kenapa harga casio murah ? emang serumit itukah mesin jam tangan ya ?


Salam kaskus juragan ! kali ini ane bakal share sedikit banyak info mengenai mesin-mesin jam tangan, well, sebenarnya pertanyaan seperti ini cukup sering ane terima mengenai jenis-jenis mesin jam tangan dan serba-serbi pertanyaan yang sedikit banyak berhubungan dengan mesin/movement dari jam tangan sendiri. Sebenarnya jenis mesin dari jam tangan dapat dibagi menjadi 2 berdasarkan penggeraknya, yaitu Mechanical dan Quartz movement.

1. Mechanical Movement

Spoiler for mechanical:


Jenis movement ini adalah jenis movement yang energi penggeraknya serba mechanical, atau artinya tidak ada sumber energi berupa baterai, seperti jam tangan quartz. Tipe movement ini paling sering digunakan di jam tangan mewah, selain karena tingkat kesulitan yang tinggi, jam tangan yang memakai movement ini juga memiliki nilai seni yang jauh lebih tinggi, karena begitu rumitnya susunan dan rangkaian dari komplikasi mesin di movement ini. Hal itu juga yang menyebabkan kenapa harga jam tangan Mechanical Movement sangatlah mahal, selain itu Movement dari Brand seperti Phatek atau Rolex pasti merupakan hasil “hand-made”. Selanjutnya, dari mechanical movement, dibagi menjadi 2 jenis lagi, yaitu Manual Mechanical (manual-winding), dan Automatic Mechanical (self-winding)

1.1 Manual Mechanical

Spoiler for manual:


Manual Mechanical berarti serba manual-winding yang artinya, penggunanya harus memutar crown secara manual, sampai mainspring mulai bergerak dan cukup untuk menggerakkan jarum jam tangan ini. Sebenarnya tipe dari manual mechanical ini adalah tipe movement yang paling tua, dan sampai saat ini masih cukup banyak digunakan untuk jam tangan yang masuk ke dalam kategori luxury. Kurang-lebih tenaga yang tersimpan pada jam tangan manual cukup untuk 1-day, tetapi seperti luminor panerai 1950 gmt, tenaga yang tersimpan cukup untuk 8-10 hari.

Spoiler for manual:



1.2 Automatic Mechanical
Spoiler for automatic:

Hal yang membedakan Automatic dari Mechanical Movement adalah, terdapat rotor yang berbentuk seperti pisau setengah lingkaran yang bertugas untuk memproduksi tenaga yang cukup untuk memutar main spring dan komponen yang lain. Rotor ini dapat memutar sendiri saat digunakan sehari-hari, jadi para pengguna Automatic Mechanical tidak perlu repot-repot untuk memutar crown jam tangan mereka untuk mendapatkan energi yang cukup.

2. Quartz movement
Spoiler for quartz:

Quartz movement pertama kali diperkenalkan di tahun 1970an, salah satu pelopor perusahan jam tangan yang memproduksi jam dengan harga yang murah dengan memanfaatkan quartz movement ini adalah Casio. Masa ini juga dijuluki sebagai quartz crisis, dimana jam tangan yang semula adalah barang mewah, sekarang bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah dan bisa dibuat secara mass production. Sumber tenaga dari jam tangan quartz tidak lain adalah baterai jam tangan sendiri yang sering kali kita lihat. Movement yang cukup terkenal dari tipe quartz antara lain adalah Miyota (japan) dan Eta (swiss). Selain itu jenis jam tangan yang menggunakan Quartz movement adalah yang paling banyak beredar di pasaran, selain karena harganya yang murah, para pengguna juga tidak perlu khawatir apabila terdapat kerusakan, karena sudah pasti harga komponen dari movement ini lebih murah dibandingkan dengan mechanical watch.
Spoiler for quartz:


Sebagai kesimpulan, berikut animasi perbedaan dari mechanical movement dan quartz movement.



gambar jam yang disebelah kiri itu Mechanical Movement gan, sedangkan yang disebelah kanan Quartz Movement.

Jadi begitulah guys, ketiga jenis dari mesin jam tangan yang ada sampai saat ini, semua punya kelebihan dan kekuranganya masing-masing, and as always, keep hungry to watch hungry watch.

Spoiler for :

Spoiler for :

hargai karya ts dengan meng komeng trid ini gan emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

masih penasaran dengan artikel-artikel seputar dunia jam tangan ? silahkan di cek gan, semua seger tulisan ane emoticon-Cool

atau bisa langsung mampir sumber langsung yaitu blog ane gan :




Penasaran kenapa jam tangan Rolex mahal abis ?

Serba serbi mengenai mesin jam tangan

3 hal fatal yang sering dilupakan saat membeli jam tangan

Diubah oleh james.krisnanda 05-12-2015 14:41
0
48.2K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.