adamaputeragiriAvatar border
TS
adamaputeragiri
All info about kapal pesiar
Pekerjaan apa sih yang available untuk pekerja indonesia di kapal pesiar? banyak dari kita tahu, bahwa lowongan yang berkaitan dengan bidang perhotelan yang banyak dibuka dikapal pesiar. Mulai dari departemen front office, housekeeping, atau F & B.

Apakah anda juga tahu, lowongan pekerjaan lain juga available loh di kapal pesiar. Seperti financial / accounting, spa, engineering, atau deck departement. Asalkan kita memiliki sertifikat / bukti pengalaman kerja dibidang tersebut, kita pun dapat ikut melamar. Memang kebanyakan pekerja untuk bidang lain selain perhotelan, banyak didominasi oleh negara lain Filipina, India, Eropa, America). Namun akhir-akhir ini, banyak perusahaan kapal pesiar yang mulai membuka kesempatan bagi calon pekerja dari Indonesia.

Saya sebutkan beberapa, Holland America Line, Costa Cruise, Aida Cruise, Carnival Cruise, Princess Cruise dan lainnya. Namun syarat yang mereka minta bukan hanya pengalaman agan, kemampuan bahasa inggris juga jadi salah satu syarat mutlak mereka dalam merekrut pekerja. Tidak bisa berbahasa inggris, ingin melamar ke kapal pesiar? gini gan, ane kasi penjelasan. Tamu, bos, dan teman-teman sesama crew agan dari negara luar. Mereka menggunakan bahasa inggris untuk komunikasi, nah loh... kalo agan cuma longa-longo pas di ajak bicara, gimana coba..?

Satu lagi yang jadi pertimbangan agan-agan semua, pengalaman agan paling minim 6 bulan / 1 tahun yang lalu. Lebih dari ketentuan waktu tersebut, silahkan bersiap-siap untuk mendapat penolakan halus pada saat menjalani walk interview dengan agency. Kalau taruh lamaran dan CV di agency dengan pengalaman 1 tahun lebih / 2 tahun yang lalu, maaf ya gan.. jangan berharap banyak untuk dipanggil interview. Karena itu ketentuan mereka.

Ada beberapa interview yang harus agan jalani, bukan hanya sekali. Khusus untuk kapal Holland America Line, interview nya 3x. pertama interview dengan pihak PJTKI (PT. Sumber Bakat Insani), kedua test bahasa inggris dengan komputer (Marlin Test), ketiga interview dengan pihak kapal yang ada di indonesia (MS. Nieuw Jakarta). Untuk kapal lain, rata-rata prosesnya sama. Interview pertama dengan pihak agency (PT.Ratu Oceania Raya, PT.Meranti Magsaysay, PT.Indolilla Nusantara), kemudian menjalani tes bahasa inggris dengan komputer, selanjutnya interview dengan pihak User (bisa melalui telephone / dengan skype video call)

Setelah lolos, ada test kesehatan yang harus anda jalani di Rumah Sakit yg ditunjuk langsung oleh agency kapal pesiarnya. Test kesehatan ini lebih mendetail dibandingkan test kesehatan untuk pekerjaan darat (Malaysia, singapura, jepang, dan korea). Bagian apa saja yang dicek oleh rumah sakitnya? Darah (semua jenis Hepatitis, HIV, kolesterol, kelenjar tiroid, kadar gula darah penyakit lainnya), Mata (cek minus / plus, cacat fisik kondisi mata), Telinga (cek pendengaran), Gigi (cek perlu atau tidaknya cabut gigi / operasi gigi), Paru-paru (rontgen), Feces (kotoran didalam lubang anus - apakah ada bakteri / virus mematikan, apakah saluran pembuangan anda normal), Fisik (apakah ada cacat fisik pada tubuh, apakah ada gejala hernia, apakah perlu operasi kecil)

Setelah lolos menjalani semua proses interview dan medical, ada beberapa dokumen yang harus anda lengkapi gan. Seperti passport, BST / Basic Safety Training, Seaman book, SCRB / Survival Craft and Rescue Boat, CCM / Crowd Crisis Management, SID / Seafarer Identity Card, Kartu tenaga kerja luar negri / KTKLN, Visa america / eropa.

Setelah lengkap semua dokumen anda (kecuali Visa), barulah anda menunggu proses berikutnya. Yaitu interview user / pihak manajemen kapal pesiar (khusus untuk kapal pesiar lain selain Holland America Line). Untuk kapal Holland America Line, tidak ada interview user. Tetapi anda harus menjalani proses pelatihan yang diadakan pihak perusahaan kapal pesiar, di Cikarang (MS. Nieuw Jakarta). Pelatihan ini diadakan kurang lebih 2 bulan.

semoga informasi saya ini membantu agan-agan yang mau melamar ke kapal pesiar, kalau ada yang mau ditanyain reply aja di forum ini.

emoticon-Jempol
0
3.6K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.