• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Hello Community] Belajar Seni Membentuk Kertas Dari Komunitas Peri Kertas!

KASKUS.HQAvatar border
TS
KASKUS.HQ
[Hello Community] Belajar Seni Membentuk Kertas Dari Komunitas Peri Kertas!


Apa yang ada di pikiran Agan ketika melihat gambar ini?


Quote:



1. Halo Perikertas apa kabar? Salam kenal ya!
Hai KASKUS. Baik sekali, salam kenal dan salam kreatif ya.



2. Oke, pertama boleh ceritain gak bagaimana sejarah terbentuknya Perikertas ?
Baik, sebelumnya perkenalkan dahulu sebuah hobi yang bernama Papercraft atau yang biasa disebut juga dengan Papermodel atau Ichinogami ya. Papercraft adalah seni membentuk model 3 dimensi dari kertas, seperti bangunan, karakter game, kendaraan, robot, bahkan miniatur orang-orangan. Polanya sudah tersedia, jadi tinggal dirakit saja.
Pada awalnya, penyuka Papercraft hanya segelintir orang saja. Lalu saya berinisiatif untuk membuat thread di Kaskus tentang hobi ini. Tanpa disangka, responnya sangat baik dan peminatnya cukup banyak. Thread pertama bernama Papermodel Freak yang terletak di SubForum Model Kit KASKUS (soalnya dahulu kala belum ada SubForum Komunitas), dibuat pada tahun 2006. Seiring berjalannya waktu, terbentuklah sebuah komunitas yang dinamakan Peri Kertassebagai wadah resmi para pecinta Papercraft.



3. Apa yang membuat Agan cinta dengan hobi ini? Apakah perikertas ini sama dengan origami?
Saya jatuh cinta pada hobi ini karena dapat membuat bentuk sesuai keinginan kota sendiri dan orang lain juga bisa membuatnya. Banyak model-model aseli Indonesia yang dipublish secara gratis di website paper replika. Kita bisa membuat maket kota sebesar apapun atau robot setinggi apapun, hanya bermodalkan kertas.
Papercraft sedikit berbeda dibandingkan Origami karena memakai Pola khusus dan pola tersebut digunting dan dilipat sesuai instruksi yang diberikan. Kalau Origami, terbatas di pelipatan saja.



4. Ada berapa banyak anggota Perikertas ini Gan? Ada yang dari luar kota juga gak?
Hingga saat ini, di Peri Kertas sudah terbentuk 30an Regional berbasis kota di Indonesia. Bahkan, ada juga beberapa teman-teman kita yang membuat regional di luar negeri, misalnya di Venezuela dan Thailand.



5. Kerajinan atau papercraft apa yang paling spesial yang pernah dibuat Perikertas?
Kami pernah menembus rekor Muri untuk pembuatan Papercraft Terbanyak pada 1 event Hari Ibu di tahun 2013 silam. Pembuatannya dilakukan dengan kolaborasi seluruh regional Peri Kertas yang ada di Indonesia dalam waktu kurang dari 2 minggu. Uniknya, perakitannya menggunakan kertas bekas pakai sehingga menjadi sarana publikasi kami bahwa untuk bikin papercraft tidak selalu perlu pakai kertas baru.



6. Bagaimana cara Agan untuk menarik masyarakat agar bisa memperkenalkan dan ikut serta dalam kegiatan papercraft ini?
Dengan cara online dan offline yang dilakukan dengan bantuan 30an Regional seluruh Indonesia. Cara online dengan selalu mempublish hasil karya di sosmed sehingga teman-teman ikut penasaran dan ikut nyoba, atau dengan cara offline, yaitu dengan ikutan pameran komunitas, memberikan workshop gratis ke orang-orang, sampai bekerjasama dengan perusahaan untuk membuat papercraft yang unik.




7. Kreatifitas apa lagi yang bisa dikembangkan dari hobi papercraft ini Gan?
Banyak sekali ya. Papercraft hanyalah salah satu langkah menuju tingkat kreatifitas yang lebih hakiki (ealah gan). Tapi bener sih, dengan merakit Papercraft, secara langsung otak kita dilatih untuk lebih fokus, memperhatikan detail, dan mengerjakan apapun sesuai dengan langkah-langkah yang memungkinkan. Untuk anak usia belia, papercraft mampu untuk mengembangkan daya motorik halus dan kemampuan dimensi ruang, sehingga baik untuk otak kanan mereka.
Untuk yang mempelajari desain, Papercraft dipakai sebagai sarana untuk representasi desain 3 dimensi. Misalnya untuk tata panggung, simulasi renovasi rumah, tata kota yang baik, prototype robotik, hingga untuk Branding (santapannya anak-anak DKV).




8. Ada teknik khusus gak dalam melakukan kerajinan ini? Susah gak sih Gan untuk membuat karya papercraft?
Teknik dasar aja sih untuk memotong, melipat, dan mengelem. Di papercraft ngga ada kata 'Susah'. Yang ada hanya 2 tingkat kesulitannya, yaitu 'Mudah' dan 'Mudah-mudahan'. Nah, ga ada kata Susah, khan?



9. Dimana biasanya Agan mendapatkan bahan-bahan dan role model untuk papercraft ini?
Bahan dasarnya (atau biasa disebut Pola) bisa diunduh secara gratis di web paper replika. Tinggal pilih model yang disukai dari Menu, atau tinggal cek di Search box sekiranya sudah ada yang ingin dicari.



10. Gimana caranya kalo ane mau gabung Perikertas? ada syarat khusus kah?
Ngga ada syarat khusus, gan. Bahkan ga perlu daftar atau bayar untuk ikutan komunitasnya. Tinggal ke thread kitaatau cek di FB atau Twitter Perikertas.



11. Terakhir nih Gan, sebenarnya bagaimana perkembangan hobi papercraft di Indonesia sendiri?
Pengembangan hobi Papercraft di Indonesia masih cukup baik. Banyak orang-orang yang masih kagum dengan apa yang bisa dilakukan dengan kertas. Hanya saja, masih banyak orang yang berfikir bahwa kertas hanya untuk menulis atau bahkan hanya sekedar alat pembungkus. Tugas kami adalah untuk menyebarkan ilmu papercraft di Indonesia dengan harapan untuk menumbuhkan bakat dan kreatifitas generasi muda di Indonesia yang melek desain 3d.



12. Mantab Gan, terima kasih ya Perikertas buat sharingnya. Semoga semakin kreatif ya!
Thanks banget KASKUS. Sukses selalu dan tambah kreatif lagi ke depannya.




Itu dia gan komunitas Peri Kertas yang udah nggak usah diraguin lagi kreativitas mereka di bidang papercraft. Keren-keren kan papercraft bikinan mereka. emoticon-2 Jempol

Buat Agan-Agan yang langsung pengen ikutan bikin papercraft yang keren-keren, langsung gabung aja di
Peri Kertas

Atau kalau Agan mau komunitasnya ikutan dibahas di Hello Community bisa langsung aja daftarin ke sini Gan
Hello Community
0
27.2K
174
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.