Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bryansuryantoAvatar border
TS
bryansuryanto
Budaya Indonesia Dihancurkan Negara Lain. Salah Siapa?
Assalamualaikum. Sobat, seringkali kita mendengar kata-kata 'cintailah budaya Indonesia, biar nggak kalah dari budaya Jepang'. Kata-kata seperti itu mungkin bagi kita sudah seperti 'masuk telinga kanan dan keluar lewat telinga kiri'. Kenapa bisa begitu? Karena kita semua bodoh.

Kita adalah bangsa yang bodoh, hampir semua pemuda di negeri kita ini mahabodoh. Mungkin kalian masih teringat jelas status Facebook orang Jepang yang menampar telak para pemuda-pemuda Indonesia, terutama mereka yang terlanjur menjadi weaboo (sebutan untuk orang yang gila Jepang, sampai lupa tanah airnya sendiri). Inilah screenshot status Facebook-nya..

Budaya Indonesia Dihancurkan Negara Lain. Salah Siapa?


Bagi yang tidak memahami artinya, berikut ini terjemahannya..
Quote:

Terlepas dari kontroversi apakah ditulis oleh orang Jepang atau bukan, yang penting adalah manfaat pesannya. Bayangkan bila yang menulisnya adalah orang Indonesia, apakah situs berita akan ramai memberitakannya? Apakah kalian akan peduli? Apakah kalian akan memperhatikannya? Tentu saja tidak! Bersyukurlah ada orang Jepang yang berbaik hati mengingatkan kita.

Daripada kita terus-terusan saling menyalahkan, lebih baik kita sama-sama berubah. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara-caranya, mulai dari yang termudah hingga yang ter-epic yang bisa kita ikuti, terutama bagi teman-teman sesama seniman (karena post ini aslinya di poskan di blog menggambar). Monggo disimak..

Spoiler for 1. Mulailah Mencintai Bahasa Indonesia:

Spoiler for 2. Cintailah Budaya Indonesia, Mulai dari yang Sederhana:

Spoiler for 3. Dukung Produk Asli Indonesia:

Spoiler for 4. Do it Yourself!:


Jadi, apakah kamu masih mau menjadikan budaya luar negeri sebagai pelarian dari budaya kita yang sudah sekarat? Apakah kamu masih mau berteriak-teriak bahwa negara kita sedang dihancurkan oleh budaya Jepang, Korea dan lain-lain? Hahaha, tentu tidak lagi karena kita akhirnya tahu bahwa kita sendiri adalah oknum yang telah menghancurkan budaya Indonesia, bukan mereka.

Terimakasih sudah membaca. Semoga artikel ini membuka mata dan menginsprasi sobat kaskuser sekalian. Oh iya, sekalian iklan bagi kaskuser yang hobi menggambar boleh lah mampir ke sumurnya disini: www.dhcindo.xyz.

Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan tata letak, maklum jarang banget ngaskus gan! emoticon-Salam Kenal

Wassalamualaikum..
0
3.8K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.