konstitusi13Avatar border
TS
konstitusi13
Indonesia RASIS??!
Sebelum ane mulai, ane mau ksh sedikit intro dulu nih gan hehehe. Ane orang Indonesia, keturunan cina , 6 tahun sekolah di Singapura. Ane lumayan baru di kaskus dan jarang nulis2 beginian jadi kalo ada sedikit kata2 yang kurang berkenan mohon di maapkan emoticon-Blue Guy Peace

Jadi alasan utama ane nulis ini karena abis nonton video2 yg lagi booming di FB youtube, video lambo nabrak di suroboyo. Dan abis ngeliat comment2nya, ane bingung kenapa banyak yang komen cina ini cina itu, padahal yah namanya kecelakaan mana ada yg ngeliat ras sih ya gk.. memang benar pengemudinya bersalah karena dia ugal2an, tpi klo commentnya mengarah ke SARA, kan gk nyambung brader. Dan awal2 ane mulai baca kaskus, juga banyak nih di the lounge and forum2 lainnnya yang masih menyinggung sara. Jadi ane nulis mau ksh tau pendapat ane doang tentang cina dan pribumi. yang merasa kurang berkenan, silahkan tutup trit ini emoticon-I Love Indonesia (S)

6 Tahun sekolah di Singapur, Ane belajar banyak. tentang kultur dan edukasi lainnya. dan sebagai informasi, mayoritas orang singapur itu terdiri dari 3 ras. Cina, Malay (melayu) dan Tamil (india). Saya salut dengan Singapur, walaupun berbeda2 ras dan agama, mereka tetap bangga menjadi orang singapura dan mereka tetap bergaul dengan 1 sama lain. eeiitsss tapi bukan itu point ane.. Point utama ane tuh ane mau kasih tau agan2 semua, kalau semua pelajar Indonesia di Singapur, sangat menghormati 1 sama lain tanpa menadang ras dan agama. Saya banyak teman jawa, batak bahkan papua. teman kos sekamar sama orang muslim dan kita saling ngingetin 1 sama lain kapan waktunya beribadah (sumpe gan, kagak ngarang cerita). Kita main bola bareng, belajar bareng, shopping bareng and tidur pun bareng (hush jgn ngeres ya emoticon-Ngakak (S) ). Dan ketahuilah agan2 kalau ane and "cina indonesia" lainnya, selalu menjawab "WE ARE INDONESIAN" ketika ditanya where are you from dari orang lokal sana. kalo gk percaya boleh tanya kenalan agan2 yang sekolah / kerja di luar negri. Teman2 ane yang pribumi di Singapur tidak pernah sekali pun menyinggung kita yang keturun cina begitu jga dengan sebaliknya. yah ada lah becanda2 "eh lu sipit" atau "eh lu item" tapi kita sama sekali gk tersinggung karena kita semua teman dekat. Tapi entah mengapa setiap balik ke Indonesia, selalu muncul hal2 yang berbau sara di sekitar. ntah itu dari suara2 di jalanan, maupun dari sosial media.

Dari sini ane bisa menyimpulkan 1 hal bahwa orang2 yang berpendidikan dan mereka yang pernah kerja/belajar di luar negri, benar2 bisa RESPECT and menerima satu sama lain tanpa memandang suku ras dan agama. Ane ngerti kalo Indonesia belum siap untuk nerima hal2 kaya gini, bahkan di comment bawah ini mungkin agan bakal ngeliat beberapa comment yang berbau sara, tapi ane cuma mau menyampaikan kalau mau gimana pun, kita orang indonesia keturunan cina, bangga menjadi warga indonesia dan kami murid2 yang bljr di luar negri, akur dan saling menghargai satu sama lain. Semoga suatu hari bangsa kita bisa berbenah, bersatu, bergotong royong untuk membanggakan nama INDONESIA emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0
8.7K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.