• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [bukan THREAD TANDINGAN] Alasan Singkat Mengapa Gaji Buruh Kurang!

aidilputra1986
TS
aidilputra1986
[bukan THREAD TANDINGAN] Alasan Singkat Mengapa Gaji Buruh Kurang!
ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULAHI WABARAKATU

Oke pertama tama mohon maaf kalau tread ane ga rapi soalnya ini tread pertama yang ane buat

TRIT INI HANYA UNTUK MELIHAT CARA PANDANG BERBEDA UNTUK SEORANG BURUH

Langsung aja ya


APA ITU BURUH?

Spoiler for apa itu buruh:


Kenapa si buruh demo mulu, ga pernah bersyukur apa minta naik gaji mulu. Ente salah gan, buruh demo bukan cuma minta kenaikan gaji mulu


Spoiler for QS Ar-Ra’d:


Mari kita liat apa aja si hasil nya dari demo buruh


1. GAJI

Spoiler for gaji:

Bisa dibilang ini sering jadi isu utama yang yang diangkat, ketika para buruh melakukan demonstrasi besar-besaran. Menutut upah minimum yang layak, seperti yang lagi diperjuangkan selama 4 hari ke depan ini, menuntut pencabutan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Karena dalam PP itu kenaikan upah pekerja hanya sekitar 10-11,5 persen per tahun. Sementara, di tahun-tahun sebelumnya bisa sampe 22 persen bahkan 42 persen. Intinya, angka inilah yang nantinya bakal jadi standarisasi atau patokan perusahaan untuk memberi gaji karyawan-karyawannya. Termasuk kamu.


2. JAMINAN SOSIAL

Spoiler for jaminan sosial:

Para buruh juga sering memperjuangkan poin ini saat lagi melakukan aksi demonstrasi. Nah, sebagai sesama pekerja, kamu juga ikutan ngerasain dampak dari aspirasi para buruh yang udah demo kan. Kamu jadi bisa dapet fasilitas asuransi dari kantor, tempat kamu kerja. Salah satunya, BPJS Kesehatan.


3. HUBUNGAN KERJA

Spoiler for hubungan kerja:

Mulai dari sistem kontrak (outsourcing), PHK, sampe kehadiran tenaga kerja asing yang dianggap jadi ancaman para pekerja lokal. Persoalan hubungan kerja ini sering jadi isu utama yang diangkat saat para buruh lagi berdemonstrasi. Terutama saat beberapa perusahaan dianggap melanggar peraturan perundang-undangan tentang ketenegakerjaan.


4. JAM KERJA

Spoiler for jam kerja:

Isu penting bisa disebut sebagai pencetus lahirnya May Day. Karena penetapannya terinpirasi dari kesuksesan aksi buruh di Kanada pada tahun 1872 yang menuntut 8 jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886. Nah, kalo dulu gak ada demonstrasi besar-besaran oleh para buruh terdahulu, mungkin kamu masih kerja 19-20 jam per hari nih sekarang. Tanpa, uang lembur. Makanya berterima kasihlah.


Masih banyak lagi kalo mau di bahas mah. Cuma segini aja dulu

Masih mau ngehina buruh gan?? Padahal mereka berjuang bukan cuma buat dirinya sendiri untuk kita juga


Spoiler for perjuangan buruh:

Spoiler for perjuangan buruh1:

Spoiler for perjuangan buruh2:

Spoiler for udah bukan hal aneh kalau demo buruh selalu di benturkan sama aparat:


INI YANG SERING AGAN KELUHKAN

Spoiler for macet demo:

Spoiler for macet juga:

Demo bikin macet ya gan....demo tu kapan si??? tiap hari? sebulan sekali juga belum tentu. Emang kalo ga ada demo ga macet? Komplain dong jumlah mobil yang banyak yang bikin macet juga


INI YANG JADI ANDALANNYA

Spoiler for buruh pake motor sport:

Spoiler for tukang sayur pake motor sport:

Coba bandingkan. Apa bedanya? Sama sama motor mereka sendiri kan. Belinya juga pake uang mereka. Kenapa jadi beda? Buruh pake motor sport di hina. Tukang sayur pake motor sport di puja



cukup sekian tread dari ane

HIDUP BURUH INDONESIA

Diubah oleh aidilputra1986 27-11-2015 13:37
0
22.8K
406
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922.1KThread80.4KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.