Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

boxterAvatar border
TS
boxter
[ PARAH!]Dokumen Ini Ungkap Motif Audit Sumber Waras
TEMPO.CO, Jakarta - Majalah Tempo edisi pekan ini mengungkap motif sebenarnya di balik audit pembelian Rumah Sakit Sumber Waras oleh pemerintah Jakarta pada akhir 2014. Majalah ini menyebut ada korespondensi Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Jakarta Efdinal yang meminta pemerintah membeli tanahnya seluas 9.618 meter persegi di pemakaman Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Ada enam surat yang ditulis Efdinal sejak 2008 kepada Dinas Pertamanan dan Pemakaman serta Gubernur Jakarta ketika dijabat Joko Widodo pada 2013. Saat itu Efdinal masih menjadi Kepala BPK Banten. Pada 2014, ia menjadi Kepala BPK Jakarta dan terus meminta pemerintah Jakarta membeli tanah di tengah makam tersebut.






Setelah enam kali surat-suratnya tak sesuai harapannya, Efdinal membuat audit yang menyalahkan pemerintah karena tak kunjung membeli lahan tersebut. Dalam audit pada Desember 2014 itu, Efdinal menulis bahwa keberadaan tanah tersebut menjadi temuan BPK yang membuat laporan keuangan pemerintah Jakarta “wajar dengan pengecualian”.

Karena itu agar tanah tersebut tak menjadi temuan BPK, Efdinal menyarankan pemerintah membelinya. Audit ini pun tak dihiraukan pemerintah karena berdasarkan penelusuran Dinas Pemakaman, tanah tersebut telah dibeli pada 1979 hanya belum balik nama kepemilikan.

Rupanya Efdinal masih berusaha menjual tanah tersebut dengan memakai audit pembelian Rumah Sakit Sumber Waras. Melalui Kepala Inspektorat Lasro Marbun, ia meminta pemerintah membeli tanah itu lagi jika tak ingin audit Sumber Waras dipublikasikan sebagai temuan berindikasi korupsi.

Lagi-lagi, pemerintah Jakarta, yang beralih dipimpin Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, menolaknya. Kepada Lasro, Basuki meminta BPK mempublikasikan saja audit itu dan menolak membeli tanah makam. “Toh, pemerintah DKI benar,” katanya.

Audit itu pun diluncurkan BPK pada Juni 2015 dengan membuat indikasi dugaan korupsi pembelian karena harganya terlalu mahal Rp 191 miliar. Audit ini disambut DPRD yang meneruskannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi. KPK lalu meminta BPK pusat membuat audit investigasi pembelian tersebut.

Apa kata Efdinal dan Lasro? Cerita lengkap soal kongkalikong audit Sumber Waras, termasuk intrik politik menjatuhkan Ahok yang melibatkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia Luhut Pandjaitan dan Ketua DPR Setya Novanto ada di majalah Tempo pekan ini.

SYAILENDRA PERSADA | BHD
http://metro.tempo.co/read/news/2015/11/30/231723314/dokumen-ini-ungkap-motif-audit-sumber-waras

Kenapa ahok berani lawan? Karena dia punya kartu AS!
Satu.. satu.. dia buka.

Ane rapikan pas ketemu kompie..

Update dari majalah tempo..
Sumber ahok di BPK bilang, pimpinan BPK melobi SN agar menyampaikan ke LHP minta agar Jokowi ga ikut campur urusan sumber waras..

Kalau BPK sampai salah dalam hal ahok, maka semua pemeriksaan BPK akan dipertanyakan semua pejabat. Alias kredibilitas BPK hancur. Karena itulah mereka berusaha mengorbankan Ahok, walau ini gara gara sibinal yg cari gara gara. Maklum calo tanah.

Ahok ga mungkin kalah dalam hal ini. Kalau kasus maju, ahok akan meminta seluruh pembebasan tanah yg telah dilakukan pemerintah ditinjau sesuai kasus dia. Ingat ya, pemerintah itu menganut ganti untung, bukan ganti rugi lagi. Jadi pasti pembebasan lahan yg dilakukan pemerintah sangat menguntungkan dan lebih tinggi dari pasar.

Jadi ga mungkin ahok kalah. Ahok bilang ini sudah politis. Ane pernah buat trit yg dihapus momod.
Tanah di kuningan yg ane kira milik daguman ternyata milik pemprov jakarta. Dan gilanya itu dijual daguman! Terakhir di rapim, ahok menanyakan ke biro hukum tentang telaah yg sudah dilakukan atas kasus ini. Rame!
Diubah oleh boxter 30-11-2015 05:02
0
9.4K
95
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.