BeritagarIDAvatar border
TS
BeritagarID
Ketika F-16s Turki merontokkan Su-24 Rusia

F-16 vs Su-24
© Beritagar.id

Jet tempur Su-24 Rusia ditembak jatuh oleh pesawat jet F-16s milik Turki di atas wilayah Syria saat sedang menuju ke pangkalan udara udara Rusia di Khmeimim, Syria.

Lewat akun Twitternya, kementrian pertahan Rusia membela diri dengan mengatakan bahwa analsisi terhadap data penerbangan menunjukkan pesawat Su-24 yang ditembak itu tidak melanggar wilayah udara Turki.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa ditembaknya jet itu merupakan "tikaman di punggung" oleh "antek teroris" seraya menambahkan bahwa Turki mendapatkan aliran minyak dari wilayah yang dikuasai ISIS.

Lebih lanjut Putin mengatakan bahwa pilot SU-24 "sedang melakukan operasi untuk melawan ISIS di utara Latakia yang merupakan daerah pegunungan tempat para pemberontak -- yang kebanyakan berasal dari Federasi Rusia -- bersembunyi. Dalam hal ini kedua pilot itu sedang menjalankan tugas serangan terhadap teroris yang bisa kembali ke Rusia sewaktu-waktu."

Putin mengatakan Rusia selalu menganggap Turki sebagai negara sahabat, namun dia menyimpulkan,"Kejadian tragis ini akan menyebabkan konsekuensi serius terhadap hubungan Rusia-Turki."

Pesawat pengebom taktis Su-24 dirontokkan pada Selasa (24/11/2015) pagi hari oleh serangan rudal udara-ke-udara yang ditembakkan dari jet F-16 milik Turki.

Kedua pilot Su-24 sebenarnya bisa menyelamatkan diri dengan kursi pelontar namun kemudian ditembak oleh pemberontak saat sedang turun menggunakan parasut.

Sumber: http://goo.gl/K30b59
0
4.2K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.