News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56586dfe1a9975912a8b4568/samarindakota-di-indonesia-yang-paling-jahat-dalam-penegakan-ham--benarkah
SALAM buat agan-agan sekalian and WELCOME TO MY THREAT... Membaca judul ane di atas, mungkin agan2 bertanya kok bisa...ah, yang bener...mustahil...atau ungkapan lain yang menunjukkan ketidakpercayaan. Atau mungkin agan2 yang putra/putri daerah asli Samarinda menjadi marah dan tidak terima dengan trit ini. Ane mengutip berita dari Tribun Kaltim (27 November 2015) tentang pernyataan dari ketua KOMNA
Lapor Hansip
27-11-2015 21:51

SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???

SALAM buat agan-agan sekalian and WELCOME TO MY THREAT...

Membaca judul ane di atas, mungkin agan2 bertanya kok bisa...ah, yang bener...mustahil...atau ungkapan lain yang menunjukkan ketidakpercayaan. Atau mungkin agan2 yang putra/putri daerah asli Samarinda menjadi marah dan tidak terima dengan trit ini.
Ane mengutip berita dari Tribun Kaltim (27 November 2015) tentang pernyataan dari ketua KOMNASHAM Indonesia, Bapak Nurcholis :

Bpk Nurcholis


"Tanpa ragu, Nurcholis pun menyebut Samarinda bisa saja diberi label kota yang paling jahat HAM (Hak Azasi Manusia). "ya, bisa saja. karena bisa kena dua perkara langsung. Menyebabkan 12 orang meninggal, dan semua korbannya anak-anak.
Nurcholis meminta perusahaan tambang mengerahkan sumber daya untuk mencegah jatuhnya korban tambang lainnya. "Ini ketua KOMNASHAM yang meminta. Sebenarnya yang meminta ini harusnya pemerintah. Tapi pemerintah ini di bawah kendali perusahaan. Kalau sudah diminta baik-baik tapi tidak dilaksanakan, tentu nanti kita (Komnasham) akan berhadap-hadapan dengan perusahaan.


Kemudian pernyataan dari Pj Walikota Samarinda, Ibu Meiliana :
Ibu Meiliana


"Penjabat (Pj) Walikota Samarinda, Meiliana, kurang sependapat jika kota Samarinda yang dipimpinnya diberi label kota paling jahat HAM. "Tidak boleh seperti itu. Kan bisa diselesaikan baik-baik." kata Meiliana saat dikonfirmasi" (Tribun Kaltim)

Pendapat ane :


Berikut ini data dari Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Kalimantan Timur mengenai korban tambang :

1. Kasus 3 anak tewas bernama Miftahul Jannah, Junaidi dan Ramadhani di Lubang Tambang Batubara Hymco Coal.
Lokasi : Sambutan Samarinda.
Tanggal : 13 Juli 2011.
Sanksi : Mandeg dari sisi hukum Pidana, Pemkot hanya memberi Tali Asih dan menganggap persoalan hukum selesai.

2. Kasus Tewasnya Sepasang anak lelaki dan perempuan bernama Eza dan Ema (6 tahun) di Lubang Tambang Batubara Milik PT. Panca Prima Mining.
Lokasi : Perumahan Sambutan Idaman Permai, Pelita 7, Samarinda.
Tanggal : 24 Desember 2011.
Sanksi : Tali Asih masing-masing 100 Juta, hanya Kontraktor yang dihukum 2 bulan penjara.

3. Kasus Maulana Mahendra (11 Tahun), disebuah galian bekas tambang batubara milik salah seorang warga bernama Said Darmadi.
Lokasi : Blok B RT 18 Simpang Pasir, Palaran, Samarinda.
Tanggal : 25 Desember 2012.
Sanksi : Penegakan hukum pidana tak berlanjut dan tak diketahui publik.

4. Kasus Nadia Zaskia Putri, bocah kelas 5 SD (10 th), yang meninggal saat berenang di galian bekas tambang batubara.
Lokasi : kelurahan RT 48, rawa makmur, kecamatan Palaran, Samarinda.
Tanggal : 8 April 2014
Sanksi : Kasus hukum tak terdengar dan keluarga menerima Tali Asih.

5. Kasus Muhammad Raihan Saputra (10 Tahun), kelas 4 SD, tewas lemas di lubang bekas tambang batubara yang tak direklamasi milik PT Graha Benua Etam.
Lokasi : Gang Saliki, Jl Padat Karya, Bengkuring, Sempaja Selatan, Samarinda
Tanggal : 22 Desember 2014.
Sanksi : Tidak diketahui.

6. Kasus Ardi Bin Hasyim (13 tahun), Berkebutuhan Khusus dan Tunarungu.
Lokasi : Tambang PT. CEM yang berada dekat Fasilitas Publik TPA Sambutan dan Pemukiman Warga Sambutan Idaman Permai, Jalan Tekukur, Gang F/G RT 35, Sambutan, Samarinda.
Tanggal : 25 Mei 2015.
Sanksi : Perusahaan mengaku akan menanggung biaya pemakaman.


Kemudian Kasus Terakhir :
KORBAN TAMBANG BATUBARA

Lokasi : Kolam Tambang Batubara milik PT Transisi Energi Satunama (PT TES) di di Jl Karang Mulya Kelurahan Lok Bahu Kecamatan
Sungai Kunjang, Samarinda
Tanggal : 18 November 2015

Beberapa pasal yang diduga dilanggar oleh perusahaan tambang tapi kesannya dibarkan saja oleh pemerintah. ENTAH KENAPA...??


Jadi jika kisah tragis anak pengungsi yang meninggal tenggelam bisa jadi viral di medsos, mengapa yang ini tidak???
gambar mungkin bisa cukup mengganggu
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???

DITUNGGU ACTIONNYA :
Bapak Jokowi
Bapak Sudirman Said
Ibu Yohana
Bapak Awang Faroek
Bapak Arist Merdeka Sirait
Bapak Nurcholis


emoticon-I Love Indonesia (S)PRAY FOR INDONESIA emoticon-I Love Indonesia (S)

Diubah oleh bamdok
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
27-11-2015 21:52
wah mengerikan emoticon-Takut (S)
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
27-11-2015 21:52
reserved
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
27-11-2015 22:10
baru tau ane ada kaya ginianemoticon-Berduka (S)
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
27-11-2015 22:38
ane baru tau beritanya gan
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
28-11-2015 16:13
pada kemana nih komnasham nya gan
bawa ke den hag aja biar di adili sbg kejahatan perang
:tepar:tepar
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
28-11-2015 16:23
Tambang batubara pd tutup aja, udah rugi bikin rakyat mati lg..
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 02:16
pada kemana ormas yang sok jagoan di samarinda ,jadi preman perusahaan ??? disuap dikit bukannya pro masyarakat eh mlah jadi musuh masyarakat emoticon-Marah
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 03:59
baru nemu thread ini, bahkan sepi comments padahal urgent ini..

masalah yang udah terbiasa dibiasakan tanpa tindak lanjut..

kekuatan amplop..
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 04:04
HAM harus ditegakkan
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 04:17
Gan jangan2 ini tumbal. Dulu di lounge ada tritnya rame.. Ntar ane cari
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 04:21
Ni gan trit tentang tumbalnya
http://m.kaskus.co.id/thread/56f6409b60e24b553b8b4569

Quote:Original Posted By bamdok
SALAM buat agan-agan sekalian and WELCOME TO MY THREAT...

Membaca judul ane di atas, mungkin agan2 bertanya kok bisa...ah, yang bener...mustahil...atau ungkapan lain yang menunjukkan ketidakpercayaan. Atau mungkin agan2 yang putra/putri daerah asli Samarinda menjadi marah dan tidak terima dengan trit ini.
Ane mengutip berita dari Tribun Kaltim (27 November 2015) tentang pernyataan dari ketua KOMNASHAM Indonesia, Bapak Nurcholis :

Bpk Nurcholis


"Tanpa ragu, Nurcholis pun menyebut Samarinda bisa saja diberi label kota yang paling jahat HAM (Hak Azasi Manusia). "ya, bisa saja. karena bisa kena dua perkara langsung. Menyebabkan 12 orang meninggal, dan semua korbannya anak-anak.
Nurcholis meminta perusahaan tambang mengerahkan sumber daya untuk mencegah jatuhnya korban tambang lainnya. "Ini ketua KOMNASHAM yang meminta. Sebenarnya yang meminta ini harusnya pemerintah. Tapi pemerintah ini di bawah kendali perusahaan. Kalau sudah diminta baik-baik tapi tidak dilaksanakan, tentu nanti kita (Komnasham) akan berhadap-hadapan dengan perusahaan.


Kemudian pernyataan dari Pj Walikota Samarinda, Ibu Meiliana :
Ibu Meiliana


"Penjabat (Pj) Walikota Samarinda, Meiliana, kurang sependapat jika kota Samarinda yang dipimpinnya diberi label kota paling jahat HAM. "Tidak boleh seperti itu. Kan bisa diselesaikan baik-baik." kata Meiliana saat dikonfirmasi" (Tribun Kaltim)

Pendapat ane :


Berikut ini data dari Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Kalimantan Timur mengenai korban tambang :

1. Kasus 3 anak tewas bernama Miftahul Jannah, Junaidi dan Ramadhani di Lubang Tambang Batubara Hymco Coal.
Lokasi : Sambutan Samarinda.
Tanggal : 13 Juli 2011.
Sanksi : Mandeg dari sisi hukum Pidana, Pemkot hanya memberi Tali Asih dan menganggap persoalan hukum selesai.

2. Kasus Tewasnya Sepasang anak lelaki dan perempuan bernama Eza dan Ema (6 tahun) di Lubang Tambang Batubara Milik PT. Panca Prima Mining.
Lokasi : Perumahan Sambutan Idaman Permai, Pelita 7, Samarinda.
Tanggal : 24 Desember 2011.
Sanksi : Tali Asih masing-masing 100 Juta, hanya Kontraktor yang dihukum 2 bulan penjara.

3. Kasus Maulana Mahendra (11 Tahun), disebuah galian bekas tambang batubara milik salah seorang warga bernama Said Darmadi.
Lokasi : Blok B RT 18 Simpang Pasir, Palaran, Samarinda.
Tanggal : 25 Desember 2012.
Sanksi : Penegakan hukum pidana tak berlanjut dan tak diketahui publik.

4. Kasus Nadia Zaskia Putri, bocah kelas 5 SD (10 th), yang meninggal saat berenang di galian bekas tambang batubara.
Lokasi : kelurahan RT 48, rawa makmur, kecamatan Palaran, Samarinda.
Tanggal : 8 April 2014
Sanksi : Kasus hukum tak terdengar dan keluarga menerima Tali Asih.

5. Kasus Muhammad Raihan Saputra (10 Tahun), kelas 4 SD, tewas lemas di lubang bekas tambang batubara yang tak direklamasi milik PT Graha Benua Etam.
Lokasi : Gang Saliki, Jl Padat Karya, Bengkuring, Sempaja Selatan, Samarinda
Tanggal : 22 Desember 2014.
Sanksi : Tidak diketahui.

6. Kasus Ardi Bin Hasyim (13 tahun), Berkebutuhan Khusus dan Tunarungu.
Lokasi : Tambang PT. CEM yang berada dekat Fasilitas Publik TPA Sambutan dan Pemukiman Warga Sambutan Idaman Permai, Jalan Tekukur, Gang F/G RT 35, Sambutan, Samarinda.
Tanggal : 25 Mei 2015.
Sanksi : Perusahaan mengaku akan menanggung biaya pemakaman.


Kemudian Kasus Terakhir :
KORBAN TAMBANG BATUBARA

Lokasi : Kolam Tambang Batubara milik PT Transisi Energi Satunama (PT TES) di di Jl Karang Mulya Kelurahan Lok Bahu Kecamatan
Sungai Kunjang, Samarinda
Tanggal : 18 November 2015

Beberapa pasal yang diduga dilanggar oleh perusahaan tambang tapi kesannya dibarkan saja oleh pemerintah. ENTAH KENAPA...??


Jadi jika kisah tragis anak pengungsi yang meninggal tenggelam bisa jadi viral di medsos, mengapa yang ini tidak???
gambar mungkin bisa cukup mengganggu
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???

DITUNGGU ACTIONNYA :
Bapak Jokowi
Bapak Sudirman Said
Ibu Yohana
Bapak Awang Faroek
Bapak Arist Merdeka Sirait
Bapak Nurcholis


emoticon-I Love Indonesia (S)PRAY FOR INDONESIA emoticon-I Love Indonesia (S)



0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 05:44
itu nenek sarumpaet kemana tuh
teriak2 HAM di Luar Batang dll tapi ga mau piknik ke Kalimantanemoticon-Mad (S)
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 07:21
yahh.. inilah indonesia kita ganemoticon-Hammer2emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 07:35
turut berduka gan

pejabat walikotanya mirip bu ani
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 07:41
yang mati kenapa harus anak anak?
apa ortunya kagak memperingatkan kalo main jangan di dekat bekas galian tambang........?
apa jangan jangan itu tumbal.......?
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 07:46
Kok beritanya sunyi....ini sih bener2 ada main duit.......emang bobrokkkkkk benerrrrr dah
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 07:49
ham cuma teriak2 pada kasus binatang siyono
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 07:49
Kejam sekali yang menenggelamkan mereka semua
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 08:12
Astaga, mestinya kasus ini bs lebih disebar luaskan nih. Sudah segitu byk yg mati, anak2 pula dan bukan dlm waktu ygsama pula.
0 0
0
SAMARINDA...KOTA DI INDONESIA YANG PALING JAHAT DALAM PENEGAKAN HAM ??? BENARKAH???
17-04-2016 08:17
gak usah heran sama yg begituan gan. di kampung saya, pinggiran samarinda, sebelum adanya korban2 itu sdh sering jadi korban terendam kalau hujan lebat. sebelum adanya perusahaan tambang yg beroperasi di daerah itu, gak pernah ada banjir. tapi sekarang hampir selalu jd langganan banjir. pemerintah gak peduli, sementara perusahaan tambang tenang2 aja.
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia