Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atandiAvatar border
TS
atandi
Buruh Mogok, Kondisi Kawasan Pulogadung Masih Kondusif
Jakarta - Ribuan buruh kembali akan melakukan aksi mogok nasional di sejumlah wilayah di Indonesia. Aksi mogok ini terkait tuntutan buruh pada pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 mengenai pengupahan.
Beberapa titik di Jakarta yang akan menjadi aksi mogok para buruh ini di antaranya ada di Kawasan Industri Pulogadung (KIP), KBN Cakung, dan Pelabuhan Tanjung Priok. Sementara di daerah penyangga yakni di kawasan industri EJIP Cikarang, kawasan industri MM 2100 Cibitung, kawasan industri Jababeka Bekasi, dan sejumlah tempat lainnya.
Kondisi di KIP hingga saat ini masih terlihat sepi dan kondusif. Sejumlah buruh terlihat masih duduk-duduk di pinggir jalan menunggu kelompok buruh lainnya. Sedangkan beberapa sisanya berjalan kaki menuju arah Cakung. Polisi pun bersiaga melakukan pengamanan untuk mengawal para buruh.
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, aksi mogok ini dilakukan terkait tuntutan terhadap PP Nomor 78 Tahun 2015 yang mengukur hitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di Jakarta tidak disesuaikan dengan upah yang diterima buruh.
"Kita minta pada 2016 upah buruh dinaikkan minimal Rp 500 ribu. PP ini merugikan karena KHL tidak lagi dipakai dan hanya berdasarkan inflasi dan PDB (Produk Domestik Brutto)," ujar Iqbal, Selasa (24/11).
Ia melanjutkan, jika pemberian upah didasarkan pada hitungan inflasi dan PDB maka upah minimum yang ada saat ini harus dinaikkan dulu menjadi upah yang lebih layak. Iqbal membandingkan, upah yang diterima buruh di Jakarta sebesar Rp 2,7 juta masih kalah jauh dengan upah buruh di Filipina sebesar Rp 4,5 juta, Thailand Rp 3,6 juta, atau Malaysia Rp 3,4 juta.
"Kalau memang mau pakai formula baru, naikkan dulu komponen 84 butir KHL sehingga ketemu upah minimum Rp 3,6 sampai Rp 3,7 juta. Baru tahun selanjutnya pakai inflasi dan PDB," jelasnya.
Priska Sari Pratiwi/YUD

sumber : m.beritasatu.com/megapolitan/324411-buruh-mogok-kondisi-kawasan-pulogadung-masih-kondusif.html
0
2.5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.