Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rustam_m75Avatar border
TS
rustam_m75
10 Tips Praktis Menangani Demam Pada Anak
Bismillah, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

10 Tips Praktis Menangani Demam Pada Anak



Bahasan kita kali ini tentang Demam pada Anak, karena demam merupakan sakit yang mungkin paling sering dialami oleh anak kita.

Sebelum kita bahas 10 tipsnya kita bahas dulu tentang demamnya. Ingat, demam itu tidak selalu dianggap penyakit, tapi merupakan reaksi positif tubuh. Demam bisa menjadi indikator adanya infeksi dalam tubuh atau juga merupakan reaksi positif tubuh karena adanya penumpukan racun yang terlalu banyak dalam sistem tubuh sehingga tubuh harus menghasilkan ekstra panas dengan peningkatan suhu tubuh guna membakar/menetralisir kelebihan racun yang tidak bisa dibuang dengan suhu normal tubuh.

Berikut 10 Tips Praktis penangan demam pada anak :

1.Banyak minum agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga, sebab ketika demam tubuh melakukan pembakaran cairan lebih cepat dari biasanya.

2. Berikan air madu hangat sesering mungkin.Kalau ada campuran air kelapa muda dan madu, ini adalah formula yang sangat baik untuk menurunkan demam.

3. Bila anak tidak nafsu makan, jangan dipaksa makan, tapi berikan makanan yang ringan dan mudah dicerna seperti jus buah-buahan manis ditambah madu.

4. Perhatikan BAB anak, jangan sampai sulit dan harus tiap hari karena banyak sekali demam diawali oleh BAB jarang atau bahkan sulit.

5. Bila BAB sulit, berikan jus pepaya + melon + madu 3 x sehari

6. Bila demamnya cukup tinggi, kompreslah pada kening, kepala dan ketiaknya dengan air dingin atau jika demamnya sangat tinggi,kompreslah sekujur tubuhnya.

7. Tidak boleh menutupi badan anak dengan selimut ketika demam.

8. Memijat sekitar kelopak mata bawah dan alis mata akan membantu menurunkan demam pada anak dan mengurangi ketidaknyamanan di sekitar kepala.

9. Bila perlu buatlah ramuan dari bawang merah yang dihancurkan dan dicampur minyak kelapa atau baby oil. Ramuan itu dioleskan sekujur tubuh.

10. Obat penurun panas hanya boleh diberikan jika demam tidak terkontrol dengan pemberian minum yang banyak dan kompres lokal

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumur
0
5K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.