ferrry85Avatar border
TS
ferrry85
Tips Jitu Lulus Survey Pinjaman di Bank (Pengusaha Wajib Baca)
Agan agan yang berencana mengajukan permohonan kredit ke bank, ada beberapa tips yang harus diketahui untuk bisa lulus dalam survey kredit yang biasanya dilakukan oleh tim survey atau petugas survey bank yang bersangkutan :

1. Persiapkan semua dokumen-dokumen yang diperlukan termasuk Izin Usaha (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), tanda pembayaran lunas PBB dll. Ini tentu semakin mempermudah proses survey kredit agan agan. Tentu agan tidak mau kalah administrasi sebelum survey tingkat lanjutan.

2. Jika usaha agan adalah dagang, usahakan saat hari dimana agan di survey harus memperbanyak persediaan stock barang untuk meyakinkan petugas survey bank bahwa omset penjualan agan memang besar dan layak diberi tambahan modal usaha.

3. Ketika petugas survey bertanya jawablah dengan yakin dengan tatapan mata yang tulus, jangan gugup atau bertele-tele karena akan menimbulkan kecurigaan petugas survey terhadap kebenaran jawaban-jawaban yang agan berikan. Ingat prinsip bank yg utama sebenarnya hanyalah kepercayaan, kepercayaan bank terhadap diri agan. Bank sangat sensitif terhadap bentuk-bentuk kebohongan.

4. Camkanlah bahwa seorang petugas survey bank sudah mendapatkan pendidikan khusus saat direkrut untuk tugasnya. Mereka mendapat pelatihan psikologi dan kejiwaan untuk mengetahui apakah anda sedang berbohong, memberi keterangan-keterangan palsu atau merekayasa innformasi yang sedang digali. Maka, beri jawaban yang jujur dan seadanya.

5. Bertanyalah sedikit untuk masuk ke hati petugas bank tersebut, misal pertanyaan-pertanyaan perkenalan, dimana bapak tinggal disini? sudah lama ya di kerja di bank ini? sudah berkeluarga dan berapa anak? dll layaknya ada sedang berkenalan dengan teman baru di luar. Bina hubungan emosionil dengan pegawai bank tersebut secara singkat. ingat "tak kenal maka tak sayang" sedikit banyak ini mempengaruhi faktor like dislike dari petugas bank tersebut.

6. Saya menemui banyak orang yang sedang dikunjungi petugas survey samasekali tidak menawarkan apapun sepanjang proses survey di rumahnya sampai petugas pulang. Ketahuilah kami tim survey sangat senang dan berterimakasih apabila agan menawarkan sekedar minuman air putih pelepas dahaga atau sedikit cemilan sambil mengobrol. siapa yg tahu kalau kami tadi baru melalui trafic lalu lintas yang padat dan membosankan dengan suasana panas untuk bisa menuju rumah agan. Ini salah satu hal yang membuat kami mengingat ketulusan hati agan dan kami merasa punya saudara. Tentu berdampak terhadap keputusan yang kami ambil nantinya :-) ini sepele tapi cobalah..

7. Saat tim survey selesai dan akan pulang, jabat tangan mereka dengan semangat dan katakan anda sangat berharap kredit ini bisa cair "jangan katakan ya kalau cair syukur kalau tidak juga gk apa apa". Ini juga penilaian akhir dari kami tim survey terhadap keinginan yang sungguh sungguh untuk mendapat modal dari bank kami. Antar petugas survey sampai ke depan rumah hingga mereka pergi, ini menandakan agan sangat menghargai kedatangan mereka dan senang menjamu mereka datang ke rumah agan.

Semoga tips ini bisa membantu. Tidak ada salahnya mencoba untuk suksesnya tujuan dan keinginan kita :-)

Ada tips tambahan?? bisa share disini... :-)
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
34.9K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.