Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ekiimmyAvatar border
TS
ekiimmy
KETIDAKSENGAJAAN SEHARI-HARI,YANG BERMANFAAT BAGI KITA
Berawal dari ketidaksengajaan berbuah kebiasaan.
Kali ini saya tidak bercerita tentang kisah yang tak terduga hingga menjadi suatu hal yang sangat luar biasa. Tetapi saya mencoba untuk mengingat kembali kenapa bisa kebiasaan yang saya alami menjadi cukup berarti untuk kehidupan saya pribadi sampai saat ini. Tentunya ini bermakna hanya sekedar berbagi saja, tidak lebih. hehehe Oleh karena itu, saya berbagi kebiasaan yang baik-baik aja yaa. Kalau yang buruk kayaknya gak cocok buat dibaca nih sama pemirsa hahaha itu lain soal.

Ada beberapa kebiasaan yang akan saya jabarkan *berasa lagi presentasi* Hmm mencoba berpikir sejenak, kebiasaan baik tak terduga apa yang kita punya, tolong di share juga ya disini.
Kalau dipikir-pikir, lucu juga buat diingat, atau bisa jadi efeknya senyum-senyum sendiri kalau lagi berkaca dengan tabiat baik yang ada di diri kita. hehehe Berikut beberapa ketidaksengajaan yang masih saat ini saya lakoni secara sadar. Yuk ah cekidot..

Ketidaksengajaan 1: Tidur Tanpa Bantal

Ketidaksengajaan ini buah tangan dari study tour ke Baduy saat saya masih SMA kelas XII. Tidur di rumah suku Baduy Luar maupun suku Baduy Dalam merupakan pengalaman yang unik. Kondisi rumahnya berbentuk panggung, lantainya terbuat dari bambu, dan alas tidur yang disediakan sebuah tikar anyaman bambu. Teman-teman saya yang lain bisa menggunakan boneka kecil yang sempat dibawanya dan ada pula yang memakai jaket atau selimut sebagai penadah kepala saat tidur. Lain halnya dengan saya yang saat itu tidak membawa boneka, selimut, dan jaket lebih. Rasa dingin saat disana kurang begitu, jadi satu buah jaket yang saya bawa cukup untuk menghindar dari santapan para penghisap darah a.k.a nyamuk. Saya pikir ini lah yang seharusnya saya coba saat study tour seperti ini. Sebagai tamu, ikut merasakan tidur di rumah suku Baduy merupakan pengalaman yang harus saya ikuti sesuai dengan keadaan tuan rumah. Toh untuk kali ini saja saya gak pakai bantal, tak apalah.
Teman disebelah melihat saya hanya tidur memakai jaket dan tanpa bantal dengan beralaskan tikar bambu saja, ia merasa kasian karena ia tau itu rasanya cukup tidak empuk. Dana namanya. Dana menawarkan untuk berbagi selimutnya sebagai alas kepala kami berdua, tapi saya mencoba menolaknya baik-baik, tidak ingin merepotkan maksudnya. Alhasil, ia malah jadi penasaran, cuma saya aja diantara wanita-wanita di rumah itu sebagai tamu yang gak pakai alas kepala sama sekali saat tidur. Ia mencoba menebak kalau saya pasti akan susah tidur tanpa alas. Lalu saya katakan saja, “Insya Allah bisa tidur dan, kan kita lagi kondisi capek pasti cepat tidur deh! Lagian ini malah pengalaman baru tidur model kayak gini, hehehe” Dana pun memberikan saran kepada saya untuk tidur sesuai dengan posisi tidur ala Rasulullah dengan beralaskan tangan dan posisi badan miring ke kanan. Dana mempraktikan tangannya di bawah kepala sesuai dengan posisi Rasulullah saat tidur dan badannya miring ke kanan. Saya pun mengikutinya, sambil bertanya manfaat dari posisi tidur seperti ini. Ia menjelaskan secara sederhana yaitu agar lambung pada bagian perut kiri kita tidak tertindih.
Lebih jelasnya sudah saya carikan manfaatnya melalui mbah google. Seseorang harus menggunakan tangan kanannya sebagai bantal di bawah pipinya. Dia juga harus berpikir bahwa dia akan [seolah-olah] ditempatkan dalam kubur, berbaring di sisinya, tanpa sesuatu kecuali apa yang telah diperbuatnya. Selain itu, tidur dengan posisi miring ke kanan memiliki manfaat untuk mendapatkan pahala sebab mengikuti sunah Rasulullah SAW, tidak mudah lapar, juga dapat menjaga kesehatan.
Sampai hari ini, saya kalau tidur sebisa mungkin menghindari tidur dengan badan miring ke kiri atau tengkurap. Saya bersyukur memiliki alas tidur yang cukup empuk sehingga saya tidak perlu lagi menggunakan bantal. Suatu hari, saya menonton acara infotainment di TV. Acara itu menyajikan tips-tips awet muda ala artis ternama, yaitu Titiek Puspa. Musikus senior ini memberikan tips-tipsnya agar menjaga kesehatan secara alami yang dampaknya bisa bikin awet muda. Yihaa tipsnya simple aja! jadi pengen terus tidur dengan posisi seperti ini

Ketidaksengajaan 2: Minum Tanpa Bernafas
Saat kecil saya diajak orang tua untuk bertamu ke rumah seseorang. Tanpa sengaja air minum yang disediakan agak berbau, karena kepolosan saya maka saya tidak mau meminumnya. Hal ini terbawa sampai sekarang. Bahkan saat saya ke rumah mbah di daerah Panggul Jawa Timur. Air minum yang ada disana terasa beraroma asap. Saya berusaha untuk meminumnya walaupun hanya sedikit sekali. Mencoba minum air tersebut sambil menahan nafas agar aroma yang ada tidak sampai ke dalam hidung.
Awalnya saya pikir itu disebabkan karena proses pemasakan air disana menggunakan kompor yang berbahan bakar kayu, asap yang dihasilkan lebih banyak sehingga air-nya pun menjadi bau asap. Tetapi, saya diberi pengertian oleh Ibu agar lebih memakluminya, ia mengatakan bahwa air yang dimasak itu tetap lah sama baiknya untuk diminum walau dengan bau asap, itu hanya proses pemasakannya saja yang tutup pancinya ditutup kurang rapat. Ibu berjanji di tahun berikutnya, saat saya ke rumah mbah lagi, ibu yang akan memasakkan air agar saya tidak sedikit minum air disana. Ibu paham sekali keadaan ini membuat bibir anaknya jadi kering dan proses pencernaan makanan di tubuh saya jadi tidak lancar.
Berdasarkan pengalaman tersebut, saya jadi terbawa sampai sekarang kalau minum gak berani bernafas. Tanpa diduga ternyata itu ada hadisnya lho! Subhanallah..
“Apabila salah seorang diantara kalian minum, maka janganlah ia bernafas di dalam bejana (gelas),” (HR. Bukhari)
Saat bernafas atau menghembuskan nafas,udara yang masuk dan keluar dari paru-paru yang terdiri dari gas karbondioksida dan sedikit oksigen, di dalamnya terdapat sejumlah penyakit,sehingga mempengaruhi kebersihan pada air. Baiknya, minum sebentar lalu diputus dengan bernafas di luar bejana, lalu minum kembali.

Ketidaksengajaan 3: Minum Ala Anak Paskibra

Dulu saat saya mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMAN 61, saya sebagai siswa baru dikasih wejangan berupa atraksi dari tiap-tiap ekskul di sekolah itu. Tiba saatnya ekskul Paskibra yang menunjukkan kehebatan formasinya dan memberikan ilmu tentang baris berbaris. Ada yang unik dari apa yang mereka coba ajarkan kepada kami, siswa baru. Masih ingat dibenak saya saat itu, kak Luqmanul Hakim yang memberikan kami contoh cara meminum dari air botol mineral dengan cara yang benar.
Sebaiknya saat minum, kita dalam keadaan duduk atau kalau tidak ada tempat duduk bisa juga dengan posisi jongkok. Selain itu, kita terbiasa dengan memegang botol minuman disebelah kiri dan membukanya dengan tangan kanan, lalu meminum dengan menggunakan tangan sebelah kiri. Ternyata itu kurang baik.
Meminum air dari botol air mineral sebaiknya menggunakan tangan sebelah kanan ketika memegang botolnya dan saat membuka tutup botol disarankan menggunakan tangan kiri atau boleh juga pakai tangan kanan, tetapi setelah itu posisikan botol tersebut dipegang menggunakan tangan kanan saat meminum.
Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.
“Jika salah seorang dari kalian akan makan, hendaknya makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaknya minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya” [HR. Muslim]

Ketidaksengajaan 4: Bangun Tidur Lalu Minum

Kayaknya cukup banyak juga yang punya kebiasaan seperti ini. Berikut beberapa manfaat minum air mineral setelah bangun tidur, hasil googling: meningkatkan energi, menghilangkan racun, dan mengurangi berat badan. Selain itu, menurut saya setelah minum air mineral kita jadi lebih mudah untuk membuang kotoran tubuh disaat pagi hari.

Ketidaksengajaan 5: Minum Air Hangat

Berawal dari ketidaksengajaan saya memakan makanan pedas sehingga mengharuskan saya meminum air hangat untuk menghilangkan rasa pedas yang ada. Dengan meminum air hangat saya jadi bisa berkeringat banyak tanpa berolahraga. Hehehe Setelah itu, saya biasakan untuk minum air hangat setelah makan. Bahkan saat saya Praktik Pengenalan Lapangan (PPL), seusai mengajar saya merasa haus dan selalu saya segera meminum air hangat agar sekalian ngeluarin toxin yang ada di badan.
Sebenarnya ada manfaatnya kalau kita biasakan minum air hangat setiap hari. Menurut Mr. google manfaat dari meminum air hangat setiap hari, yaitu untuk membersihkan tubuh dari racun (racunnya keluar melalui keringat), mencegah sembelit (lancar deh pembuangan..), mengurangi berat badan (ini ampuh lho, serius!), obat untuk flu atau batuk (beculcekali, jadi ga usah biasain minum obat ya), mengurangi nyeri (cocok nih buat para wanita yang lagi kedatengan bulan), dan melancarkan aliran darah.

• SUMBER : http://menurulismi.wordpress.com
0
1.8K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.