adiocAvatar border
TS
adioc
[VGA] Review Graphic Card Asus Strix GTX-950 DC2OC 2GD5 Gaming

Belum lama ini, NVidia mengeluarkan Graphic Card terbarunya yaitu GTX-950. Graphic Card tersebut ditujukan untuk pengguna kelas menengah dengan harga yang terjangakau namun tetap memiliki performa yang prima. Asus, salah satu produsen terbaik Graphic Card, meracik GTX-950 dengan bendera Strix dan merilisnya sebagai Asus Strix GTX-950 DC2OC 2GD5 Gaming. Wow banget namanya, udah OC, Gaming lagi. Bagaimana performanya? Simak pengujian sederhana ane berikut.

Box & Isi
Spoiler for Box:

Box dari Asus Strix ini cukup menarik. Pada bagian depan terdapat gambar burung hantu yang merupakan simbol dari Asus Strix serta tertuliskan "20% Cooler Silent Gaming", menunjukkan bahwa Graphic Card ini memiliki teknologi pendingin yang cukup serius. Ukuran box nya pun cukup ringkas dengan disain keseluruhan yang sangat keren. Pada bagian belakang box, terdapat spesifikasi singkat beserta fitur-fitur yang ada pada Asus Strix GTX-950 tersebut. Beralih ke isi box, terdapat Graphic Card, CD Driver, Manual Book, Strix Sticker, dan juga Game Redeem Guide. Sayangnya, tidak terdapat converter DVI to VGA yang dibutuhkan oleh beberapa pengguna yang masih menggunakan monitor dengan konektor VGA.

Disain
Spoiler for Disain:

Strix GTX-950 ini memiliki dimensi 22x12.5x4 CM. Dimensi tersebut tergolong sedang. Anda yang memiliki casing yang tidak terlalu besar pun masih bisa memasang Graphic Card ini. Terdapat heatpipe yang terhubung langsung ke GPU yang kemudian menyalurkan panas ke heatsink untuk didinginkan. Terdapat juga dua buah kipas dengan ukuran sedang. Untuk masalah konektor, terdapat 2 port DVi, 1 port HDMI, dan 1 Display Port. Untuk Graphic Card Strix ini, Asus menggunakan PCB berwarna hitam yang memberikan kesan garang. Untuk disain, Strix GTX-950 ini berbentuk menyerupai kepala burung hantu. Secara keseluruhan, disain Graphic Card ini cukup menawan, cocok bagi anda yang ingin memasangkan dengan RIG anda agar terlihat lebih "Wah".

Spesifikasi & Fitur

GTX-950 dari asus ini memiliki GPU Core Clock sampai 1355MHz yang berarti mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan referencenya yang hanya 1024MHz. Graphic Card ini dilengkapi dengan Memory 2GB dengan tipe GDDR5, serta dengan Memory Interface sebesar 128-Bit. Konfigurasi tersebut sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan bermain game pada resolusi 1080p maupun 4K.
Untuk masalah daya, GTX-950 ini memiliki TDP 90 Watt. Terdapat pula 6 Pin power connector. Penggunaan PSU 450 Watt True Power (80+) sudah mencukupi untuk memasok daya pada Graphic Card ini, namun akan lebih baik jika disandingkan dengan PSU 500 Watt keatas.

Teknologi NVidia
GTX-950 merupakan Graphic Card dari NVidia dengan arsitektur Maxwell, yang merupakan arsitektur Graphic Card tertinggi NVidia saat ini. Dengan begitu, GTX-950 ini memiliki fitur dan teknologi terbaru dari NVidia disamping performa yang kencang. Fitur yang dimiliki GTX-950 ini antara lain adalah :
VXGI (Voxel Global Illumination); yang memberikan kemampuan untuk merender cahaya tidak langsung secara dinamis. Dengan begitu, kita dapat menikmati efek pencahayaan yang lebih realistis pada game yang dijalankan.
MFAA (Multi-Frame sampled Anti-Aliasing); merupakan teknologi Anti-Aliasing terbaru yang menghasilkan gambar lebih ditail dengan FPS tinggi.
DSR (Dynamic Super Resolution); yang berarti Graphic Card ini memiliki kemampuan untuk merender gambar pada resolusi 4K kemudian dimanipulasi sedemikian rupa hingga kualitas 4K tersebut dapat dinikmati pada monitor 1080p, sehingga gambar menjadi lebih ditail.
VR Direct Advanced Virtual Reality; dangan engine terbaru pada GPU Maxwell, GTX-950 ini memiliki kemampuan untuk menjalankan Virtual Reality dengan lebih lancar.
4K The Evolution; GTX-950 sudah mendukung secara penuh untuk penggunaan resolusi 4K yang ditunjang dengan teknologi eksklusif nvidia, yaitu G-Sync, sehingga akan memberikan pengalaman bermain terbaik pada resolusi 4K tersebut.
GTX-950 juga dioptimalkan untuk menunjang performa saat menjalankan Game MOBA seperti Dota 2, League of Legends, maupun Heroes of the Storm. Dengan teknologi Faster Render & Low Latency Processing, pengguna akan mendapatkan Response Time yang lebih cepat, yang tentunya akan sangat membantu gamer saat sedang bermain secara kompetitif.
Terdapat juga teknolgi baru seperti Instant Replay, Record, dan GameStream Co-op yang tentunya akan menjadi nilai tambah pada Graphic Card ini.
GTX-950 juga disiapkan untuk dapat memainkan Game-game terbaru pada resolusi Full HD 1080p dengan opsi graphic tingkat atas, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk dapat memainkan game terbaru dengan kualitas grafis terbaik pada resolusi tinggi.
Berikut ini data dari NVidia
Spoiler for NVidia Chart:


Teknologi Asus
Spoiler for Teknologi Asus:

Asus Strix GTX-950 ini menggunakan teknologi pendingin DirectCU II dengan disain kipas yang spesial. Asus mengkalim dengan teknologi ini, Graphic Card dapat bekerja lebih dingin dan lebih senyap. Teknologi DirectCU II menggunakan heatpipe yang langsung terhubung ke GPU kemudian menyalurkan panas ke heatsink. Dengan begitu, panas dapat diatasi secara lebih efektif. Kipas Graphic Card ini juga akan mati pada saat penggunaan dengan beban yang tidak berat, sehingga kipas tidak akan menghasilkan suara. Kipas akan aktif bekerja saat Graphic Card digunakan untuk menjalankan beban berat seperti menjalankan Game.
Asus juga menyediakan GPU Tweak II yang merupakan utiliti untuk melakukan performance tunning. Dengan GPU Tweak II, pengguna dapat mengatur konfigurasi dari Graphic Card ini mulai dari mengatur tingkat kecepatan kipas, mengatur voltase, hingga mendapatkan performa lebih dengan pengaturan GPU Clock Maupun Memory Clock.
Asus tentunya meracik Strix-950 ini dengan komponen berkualitas. Penggunaan 5-phase Super Alloy Power II akan membuat pemrosesan daya lebih efektif dan juga mengurangi panas pada komponen.

Pengujian
Untuk mengetahui performa Asus Strix GTX 950 ini, dilakukan pengujian, yaitu untuk menjalankan game dan benchmark sintesis.
Pengujian dilakukan dengan :
Spoiler for Testbed:


Untuk pengujian game, konfigurasi grafis di set pada nilai tertinggi (Rata Kanan) dengan resolusi HD
Berikut ini hasil pengujiannya



Dari hasil tersebut, GTX-950 tersebut sama sekali tidak mengalami masalah untuk menjalankan game walaupun dengan setting terbaik. Untuk game Dirt3 yang merupakan game racing dengan grafis yang cukup "wah", GTX-950 ini mendapatkan nilai FPS 3 digit. Bahkan kita masih akan tetap mendapatkan fps tinggi walaupun menggunakan resolusi yang lebih tinggi, misalnya pada 1080p.

Overclockability
Sebenarnya, Strix GTX-950 ini merupakan versi Factory Overclocked yang berarti sudah dilakukan pengingkatan performa dibandingkan dengan referance modelnya. Namun, bagi yang suka melakukan overclock untuk mengejar skor lebih tinggi, tidak ada salahnya kita mencoba melakukan sedikit overclock pada Graphic Card ini. Oveclock dilakukan dengan menggunakan utility yang telah disediakan Asus, yaitu GPU Tweak.

Berikut ini hasil dari OC ringan yang ane lakukan; didapatkan nilai GPU Clock sebesar 1537MHz dan Memory Clock sebesar 2000Mhz(8000MHz efektif). Hasil tersebut terbilang cukup baik, Core Clock dapat ditingkatkan menjad 1537MHz yang berarti mengalami kenaikan sekitar 500MHz atau 50% dari CoreClock Default Reference.

Saat menjalankan benchmark, terdapat kenaikan sekitar 6 % pada benchmark 3DMark 11. Hasil tersebut tentunya masih bisa ditingkatkan lagi apabila kita bisa melakukan pengaturan & konfigurasi sistem yang lebih optimal.

Kesimpulan
Asus Strix GTX-950 ini merupakan salah satu Graphic Card Mainstream terbaik saat ini. Memiliki kemampuan untuk bermain game terbaru dengan opsi grafis terbaik pada resolusi 1080p, memiliki fitur eksklusif dari NVidia, Serta ditunjang kualitas komponen, pendingin, dan utiliti terbaik dari Asus, menjadikan Graphic Card ini layak untuk dimiliki Gamer kelas Mainstream. Asus Strix GTX-950 ini juga memiliki harga yang cukup bersaing dibandingkan dengan kompetitor lainnya, apalagi Strix GTX-950 ini merupakan OC & Gaming Edition dari Asus.


Kelebihan
Performa memuaskan
Disain menarik
Teknologi pendingin yang baik
Harga bersaing

Kekurangan
-
Diubah oleh adioc 17-11-2015 04:49
0
6K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Review Lab
Hardware Review LabKASKUS Official
2.2KThread999Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.