Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

no.regretsAvatar border
TS
no.regrets
Kapolri mulai senggol Jonru, Nah loh!!!
Quote:

Kapolri Jenderal Pol, Badrodin Haiti menyatakan kalau surat edaran tentang ujaran kebencian (hate speech) yang sudah diterbitkan dengan tujuan agar dapat mengatur masyarakat agar tak sembarangan dalam berpendapat secara teknis di media sosial. Pelaporan hate speech dapat berbentuk dalma pengaduan dari masyarakat ataupun temuan langsung dari pihak kepolisian sendiri sehingga harus ditindak lanjuti.

Mungkin salah satu akun Facebook yang cukup lantang dalam bersuara dan mengumbar kebencian adalah Jonru. Di dalam postingan terakhirnya, Jonru sempat memposting tentang ujaran kebencian terhadap Kepala Negara.

Jonru yang menamai dirinya sendiri dengan istilah "Sosmed Activist" ini pernah menyebutkan kalau "Andai saat Surat Edaran #hatespeech dikeluarkan presidennya adalah Prabowo, apakah kubu sebelah masih mendukung? Begitu sekilas posting-an terakhir di akun fanspage Facebook Jonru.

“Kalau polisi preventif Jonru akan dipanggil, siapa dia? Kenapa dia bilang begitu? Kita panggil kita kasih tahu. Kamu (Jonru) enggak boleh begitu. Diingatkan efek hukumnya. Presiden (Jokowi) bisa saja jadi korban, tapi kalau dia (Jonru) toleran enggak masalah,” kata Badrodin di Mabes Polri, baru-baru ini.

Begitu juga dengan akun-akun sosial media yang menghina Kepala Negara, menurut Badrodin, tidak harus menunggu laporan.

“Tidak harus. Bisa laporan yang dirugikan, bisa juga temuan polisi. Dua-duanya sama. Kita jelaskan, kita mediasi. Kalau akunnya anonim, itu kan ada salah satu indikasi niat jahat. Kenapa dia enggak real, kenapa anonim,” katanya.

Nantinya, untuk menentukan apakah hal tersebut ujaran kebencian atau tidak ada, tim ahli yang melakukan penelitian di dunia maya ini. Hal ini akan menjadi wewenang Tim Cyber Crime untuk menindak.

“Jadi ada yang melakukan penelitian. Susah juga ada 180 ribu akun yang kita cari. Sekarang baru ketemu satu, itu pun jauh dan tidak gampang. Tentu semua diserahkan ke Cyber Crime,” pungkasnya.

Berikut adalah kutipan beberapa pernyataan dari Jonru:
Spoiler for OPEN:


SUMBER
0
29.8K
241
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.