Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

igotheartacheAvatar border
TS
igotheartache
TIPS MENYEGARKAN SAYURAN LAYU
Siapa diantara agan/ aganwati yang hobby masak? Pasti diantara agan/ aganwati ada yang hobby masak dan suka stock sayuran di lemari es. Malah seringnya, begitu kita mau masak, eh sayuran di lemari es udah layu atau gak segar. Karena sayuran biasanya hanya bisa bertahan selama dua hari jika disimpan di dalam lemari es. Nah ane mau share beberapa tips biar stok sayuran kita yang udah layu bisa segar dan renyah lagi. *Semoga gak repost
  1. Rendam di Air Es

TIPS MENYEGARKAN SAYURAN LAYU

Air es membuat sayuran yang hampir layu bisa kembali segar. Caranya sangat mudah, cukup rendam sayuran menggunakan air es maka tingkat kesegarannya akan kembali lagi. Cara ini bisa dilakukan pada sayuran yang telah disimpan tidak lebih dari dua hari. Sayuran yang lebih dari dua hari tentu teksturnya sudah menjadi sangat layu dan sulit untuk membuatnya kembali segar.


  1. Rendam di Air Gula dan Cuka

TIPS MENYEGARKAN SAYURAN LAYU
Ini salah satu cara yang gak banyak orang tau. Caranya setengah sendok teh gula dicampur 1,5 Liter air dan 3 tetes cuka. Rendam sayuran yang layu selama lima menit. Hasilnya? Sayuran akan lebih cepat segar dibandingkan dengan direndam dengan air es. Terus bagaimana dengan rasanya? Kalau sayuran akan dimasak lagi, rasa dan aroma cuka akan tertutup oleh bumbu saat kita memasak.


  1. Rendam dalam air bersuhu 50◦ C

TIPS MENYEGARKAN SAYURAN LAYU

Kalau agan/ aganwati gak yakin tentang suhunya, agan campur aja air panas dan air dingin dengan rasio perbandingan 1:1 hingga menjadi air hangat. Kemudian Rendam sayuran layu selama 5 menit. Cara ini juga lebih efektif dibandingkan dengan merendam di air es.


  1. Simpan Sayuran Bersama Bawang

TIPS MENYEGARKAN SAYURAN LAYU

Agar sayuran tidak mudah layu, saat agan/ aganwati menyimpan sayuran, masukkan juga bawang. Allyl Sulfide dalam bawang mencegah sayuran cepat rusak, sehingga bisa segar lebih lama daripada disimpan tanpa bawang.


Sekian tips dari ane. Jangan ada lagi sayuran yang terbuang selagi masih bisa kita selamatkan. Semoga bermanfaat.

emoticon-2 Jempol

sumber :
Sumber 1
Safety First KBS
Diubah oleh igotheartache 12-11-2015 03:36
0
5.1K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.