infonetizencomAvatar border
TS
infonetizencom
Pulau Semak Daun, Surga Tersembunyi di Kepulauan Seribu



Menjalankan rutinitas sehari-hari di Ibukota tentu membuah kita penat. Jakarta yang terkenal sebagai julukan kota Metropolitan tak pernah sepi oleh aktivitas warga masyarakatnya. Maka alangkah baiknya jika memiliki waktu libur yang lumayan panjang anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Salah satunya adalah dengan pergi berlibur, ada banyak alternatif tempat liburan di Indonesia mulai dari gunung hingga pantai. Namun salah satu cara menghabiskan waktu liburan dengan bujet minim adalah melakukan trip ala backpacker ke sebuah pulau yang terletak di pinggiran kota Jakarta.

Berwisata ke Kepulauan Seribu memang lebih murah, karena letaknya yang tidak terlalu jauh. Selain itu, wilayah Kepulaun Seribu memang juga terkenal dengan pesona alamnya yang indah. Di sana masih terdapat banyak pulau-pulau yang masih alami.

Seperti salah satunya Pulau Semak Daun. Untuk sampai kesana kita harus menyeberang menggunakan kapal dari pelabuhan Muara Angke menuju ke pulau Pramuka. Perjalanan ini menempuh kurang lebih 3-4 jam, yang perlu diingat adalah kapal dari pelabuhan Muara Angke hanya berangkat pada pukul 7 pagi. Jadi alangkah baiknya jika kita datang lebih dulu agar tidak ketinggalan kapal. Karena dalam sehari hanya ada satu kapal yang pergi ke pulau pramuka.

Setelah tiba di pulau Pramuka, selanjutnya perjalanan di tempuh menggunakan perahu nelayan untuk menuju ke pulau Semak Daun. Tarif yang dipatok oleh si penyewa kapal bersikar antara Rp 350-400 ribu untuk satu rombongan pulang pergi. Perjalanan ini ditempuh selama 15 menit dan jika beruntung, selama perjalanan kita akan menemui segerombolan ikan lumba-lumba.

Begitu sampai di dermaga Semak Daun kita diwajibkan untuk membayar uang kebersihan sebesar Rp 15 ribu permalam kepada seorang penjaga Pulau. Nah disini kita bisa mendirikan tenda, ada beberapa spot terbaik untuk mendirikan tenda. Salah satunya adalah di bibir pantai dekat dermaga.

Dari sini, kita bisa menghabiskan waktu dengan berenang di pinggir pantai dan juga ber-snorkling melihat indahnya kehidupan bawah laut. Melihat deburan ombak dan keindahan alam di sekitar dijamin membuat kita sedikit melupakan segala permasalahan dan rutinitas sehari-hari.
Oh ya, bagi anda yang ingin pergi ke tempat ini perlu membawa persediaan air untuk minum dan dimasak dari Jakarta atau dari pulau Pramuka. Karena di Pulau Semak Daun hanya ada satu sumur yang airnya berdekatan dengan laut sehingga membuatnya terasa asin.
Disarankan pula bagi anda yang ingin berlibur kemari, lebih baik datang bukan pada saat akhir pekan. Karena jika di akhir pekan biasanya tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini tentu akan membuat liburan kita menjadi kurang nyaman.

Pulau Semak Daun hanyalah satu dari sekian banyak lokasi wisata yang ada di Indonesia. Keindahan alam negeri ini yang telah dititipkan Tuhan kepada kita hendaklah kita jaga. Salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah di laut agar keindahan pulau Semak Daun tetap terjaga hingga anak cucu kita kelak.

Sumber
0
3.3K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.