Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rodojrAvatar border
TS
rodojr
Pekerja Seks Justru Lebih Aman dari Ancaman HIV daripada Ibu Rumah Tangga
PEKANBARU, KOMPAS.com – Siapa sangka, pekerja seks komersial yang setiap hari melayani pelanggannya dari berbagai kalangan justru lebih aman dari infeksi virus imunodifisiensi pada manusia (HIV) dan AIDS, dibandingkan kelompok ibu rumah tangga.

Data sampai Agustus 2015, pekerja seks yang terkena AIDS di Riau, hanya tujuh orang sementara ibu rumah tangga mencapai 41 orang.

“Pekerja seks justru lebih bersiap mencegah AIDS. Mereka bekerja memakai kondom. Adapun ibu rumah tangga lebih banyak ditularkan oleh suaminya yang berprilaku menyimpang di luar rumah,” kata Mareno, Koordinator D-KAP Riau, organisasi pemerhati HIV/AIDS Riau yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Riau di Pekanbaru, Selasa (10/11/2015).

AIDS dari golongan ibu rumah tangga memiliki kecenderungan meningkat dan belum ada tanda-tanda menurun.

Meningkat

Sepuluh tahun lalu, ibu penderita AIDS di Riau, masih kecil hanya empat orang. Namun setahun kemudian pada 2006, jumlahnya sudah mencapai 12, kemudian 17 (2009) dan 19 (2011).

Pada 2012 dan 2013 angkanya meningkat tajam menjadi 27 dan 29 orang. Dua tahun belakangan yaitu pada 2014 angka ibu penderita AIDS sudah mencapai 32 orang dan sampai Agustus 2015 menjadi 41 orang.

Celakanya, penyakit dari ibu menurun kepada anak yang dikandungnya. Sejak 1997, 64 bayi yang terinfeksi HIV yang ditularkan ibunya. Sebanyak 34 anak lainnya menderita AIDS yang dibawa ibunya.

Dalam sebuah acara sosialisasi, Mareno pernah menyarankan kepada ibu-ibu agar menyediakan kondom secara diam-diam, dimasukkan ke dalam tas suaminya yang akan berpergian.

"Banyak ibu-ibu yang tahu suaminya gemar jajan di luar. Memang kondisi itu seakan melegalkan perselingkuhan, namun ibu-ibu justru lebih terhindar dari resiko penyakit yang dibawa suaminya,” kata Mareno.


Karyawan bank


Quote:

Ternyata berdasarkan pekerjaannya,lelaki yang bekerja sebagai karyawan dan wiraswasta yang paling besar.

Sampai Agustus 2015, karyawan yang menderita AIDS sudah mencapai 95 orang disusul wiraswasta 33 orang.

Dibanding 2014, terjadi kenaikan dari kelompok karyawan yang semula 80 orang namun kelompok wiraswasta menurun dari 52 orang.

Quote:


Mungkin karena secara ekonomi mereka berkecukupan. Sebagian besar dari mereka heteroseksual, yang menyukai lawan jenis. Namun sebagian lain adalah homoseksual. Namun, yang homo banyak juga yang punya istri dan anak,” kata Mareno.

regional.kompas.com/read/2015/11/10/16063411/Pekerja.Seks.Justru.Lebih.Aman.dari.Ancaman.HIV.daripada.Ibu.Rumah.Tangga

Quote:
0
5.1K
52
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.