Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rodojrAvatar border
TS
rodojr
Curhatan Arsilan, mantan tukang kebun Bung Karno
Merdeka.com - Di Hari Pahlawan ternyata masih ada saja pejuang Tanah Air yang hidup di bawah kemiskinan. Salah satunya Arsilan (92), mantan tukang kebun Presiden pertama Soekarno (Bung Karno).

Arsilan (92) yang juga mantan anggota tentara pelajar hizbullah itu tinggal di bawah pohon di sekitar Tugu Proklamasi. "Saya tinggal di bawah pohon kadang juga di belakang warung warung disekitar situ," ujar usai upacara peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Selasa (10/11).

Arsilan yang hidup sendirian di Jakarta mengaku tidak mendapat jaminan atau bantuan dana lainnya dari pemerintah. Namun, dia mengaku pernah mendapat bantuan sekali dari keluarga Soekarno senilai Rp 5 juta. Hingga saat ini belum ada pihak lain yang memberikan bantuan kepadanya.

Arsilan yang sempat tinggal di kediaman Soekarno pada tahun 1945 sampai 1958 mengaku senang bisa tinggal bersama sang Proklamator tersebut. Dia menilai Soekarno merupakan sosok yang ramah terhadap orang yang bekerja kepadanya.

"Saya senang bisa diajak makan sama proklamator Indonesia," katanya.

Kini, untuk memenuhi kehidupan sehari-hari Arsilan memulung di sekitaran Tugu Proklamasi. Hasil yang didapat pun tidak menentu. Yang penting, menurut dia, bisa mencukupi kehidupan sehari saja sudah bagus. "Paling besar (pendapatan memulung) Rp 20 ribu. Yang penting bisa untuk ngopi," lanjutnya.

Dia menjelaskan bahwa dia bukan anggota veteran melainkan tentara hizbullah dan mantan anggota Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI). "Saya berjuang tidak menggunakan senjata, hanya Bismillah Allahu Akbar" jelasnya.

Arsilan juga mengatakan seragam PKRI yang dia pakai dititipkan di tetangganya. Pada peringatan Hari Pahlawan ini Arsilan berharap perjuangan pahlawan Indonesia yang gugur bisa diteruskan kembali. "Saya ingin generasi muda melanjutkan cita cita pejuang," katanya.


m.merdeka.com/peristiwa/curhatan-arsilan-mantan-tukang-kebun-bung-karno.html

Quote:
Diubah oleh rodojr 10-11-2015 06:01
0
2.2K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.