Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskusvmAvatar border
TS
kaskusvm
5 Cara untuk mencegah depresi
Berikut ini lima cara untuk mencegah depresi melanda diri kita. Sebelumnya sebaiknya kita tahu apa itu depresi, menurut kamus besar bahasa Indonesia, depresi dalam ilmu psikologi berarti gangguan jiwa pd seseorang yg ditandai dengan perasaan yg merosot (seperti: muram, sedih, perasaan tertekan). Kadang kala kita tidak sadar kalau kita sedang mengalami depresi. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan lima tips dibawah ini supaya bebas dari depresi, sebab depresi membuat kita menjadi manusia tidak produktif.

1. Maafkanlah semuanya, buang, jangan dipikirkan lagi, dan syukurilah.
cara pertama untuk mencegah depresi melanda adalah dengan memaafkan segala yang terjadi, maafkanlah diri anda, maafkanlah orang lain, maafkanlah pemerintah, maafkanlah Tuhan. Dengan memberi maaf berarti kita mengikhlaskan apapun yang telah terjadi yang kadang tidak sesuai dengan harapan kita. Kemudian bersyukurlah atas apa yang ada sekarang ini, atas apapun yang telah terjadi.

2. Peganglah nilai-nilai positif yang anda punya
cara kedua adalah anda harus memiliki nilai positif, bagaimana caranya? milikilah niat positif, misalnya aku akan berbuat baik kepada temanku, aku tidak akan berbohong kepada istriku, aku akan menyumbangkan sepuluh persen dari gajku kepada yayasan yatim piatu, aku tidak akan mencuri milik orang lain, aku akan menghargai pemimpinku, dan lain sebagainya. Milikilah nilai positif itu dan lakukan dalam kehidupan ini.

3. Batasi Informasi yang masuk ke otak anda
cara ketiga batasi informasi yang masuk ke otak anda, di dunia saat ini dimana informasi, berita, peristiwa, dan fakta dapat dengan mudah lalu lalang lewat smartphone, televisi, radio, koran, laptop, komputer dan lewat media-media lain yang kemudian kita serap dalam otak kita, ada baiknya data yang deras mengalir tersebut kita stop. Otak kita memiliki daya tampung sendiri yang terbatas, stop memikirkan hal-hal yang tidak berguna. Jadilah rileks. Matikan televisi, radio, smartphone, laptop dan komputer anda sekarang juga.

4. Beristirahatlah, lebih tepatnya tidurlah.
cara keempat adalah tidurlah, sudah cukup anda beraktivitas sepanjang hari, sekarang tidurlah, dengan tidur yang cukup dan berkualitas maka regenerasi sel-sel menjadi lebih sempurna. Perasaan anda akan menjadi lebih baik. Tidur 4 jam sehari tidaklah cukup, kerja keras yang keblablasan akan membuat anda jatuh ke jurang depresi. Tidurlah sekarang juga.

5. Sabar dan berdoalah
cara keempat adalah bersabarlah dan berharaplah hanya kepada Tuhan. Ingatlah tak selamanya mendung itu kelabu, apapun yang terjadi yakinlah semua akan berlalu, malam akan berganti pagi, matahari akan terbit sebentar lagi, anda hanya perlu sabar dan terus berharap, itu akan membantu sangat banyak melewati hari-hari ini, percayalah Tuhan selalu menyediakan yang terbaik baik umatNya.

Demikianlah cara untuk mencegah depresi, bagaimana? mudah bukan? Segeralah praktekkan dan rasakan dampak positifnya bagi kehidupan kita sekalian.

Sumber: http://bertelanjangbulat.blogspot.co...h-depresi.html
0
1.8K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.