Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Share Pengalaman Tentang Perbedaan Pelayanan Salah Satu Rumah Sakit Di Malang

rozzaqazzorAvatar border
TS
rozzaqazzor
Share Pengalaman Tentang Perbedaan Pelayanan Salah Satu Rumah Sakit Di Malang
jadi ceritanya begini. emoticon-Sorry
hari kamis malam kemarin tanggal 5/11/2015 kondisi ibu ane semakin parah. ibu ane kena darah tinggi, diabetes, dan belum sembuh total dari stroke. ini uda yang ke-4 kalinya ibu ane harus opname di Rumah Sakit. 2 dari 3 opname sebelumnya berada di rumah sakit yang sama, dan kemarin adalah yg ke-3 kalinya opname dirumah sakit tersebut.

ane sampai rumah sakit sekitar jam setengah 8. sampai sana langsung dibawa ke IGD, pelayanan yang diberikan menurut ane sangat bagus lah selain cepat juga cekatan mulai dari administrasinya dan perawatanya. skip-skip sampai ketika ane mau daftar buat ruangan rawat inap. untuk masalah pengobatan ane sekeluarga ditanggung oleh asuransi. ane kurang paham itu asuransi detailnya kayak gimana, yang ane tau untuk biaya kamar rawat inap per harinya dijatah Rp.350.000 dan biaya yang dikeluarkan (biaya dokter+obat+rontgen/CT Scan dll) hampir semuanya ditanggung pihak asuransi (dari pengalaman perawatan ibu ane sebelumnya, kira-kira cuma keluar gak sampai 5% dari total pengeluaran selama di rumah sakit), hampir tidak keluar duit sama sekali,

nah permasalahan muncul disini, waktu mau daftar buat ruangan rawat inap, ruangan kelas 2 keatas penuh semua (jadi ada kelas 1 sampai kelas 3, masing masing kelas ada kelasnya lagi A sampai C, jadi ada 6 dan semuanya itu diurutkan sesuai kualitas. oiya itu kelas diluar kelas VIP) nah dengan jatah biaya kamar rawat inap ibu ane yg per harinya Rp.350.000 ibu ane bisa dapet kelas paling tinggi di kelas 1C atau 2B (kok gak 2A? katanya yg bagian administrasinya itu untuk pasien bedah) berarti ada 2 opsi dong antara gw harus milih masukin ibu ane ke kelas 3 (dimana gw harus rugi karena per harinya Rp.105.000 jadi yg Rp.250.000 sia-sia) atau dimasukan ke kelas 1B (gw harus nambahi sekitar Rp.225.000 per hari karena kelas itu biaya per harinya Rp.575.000) yang sebenarnya perbedaan fasilitasnya dengan kelas 2B (pengalaman 2x sebelumnya ketika opname, ibu ane berada di kelas itu) cuma berbeda sedikit fasilitas overall sama aja cuma dikelas 1B ada kulkas dan TV flat lebih besar. akhirnya ane telpon ke ayah ane buat konsultasi dan dia sependapat sama ane, sementara dimasukan ke kelas 3A dulu (toh juga cuma beberapa hari awal) terus nanti minta pindah ke kelas 2B kalau ada yg kosong. karena sebenernya rugi kalo dimasukin ke kelas 1B perbedaan fasilitas dan harga menurut ane gak sesuai maklum ane sama ayah ane orang ekonomi emoticon-Blue Guy Peace . skip-skip

waktu daftar mbak-mbak di administrasinya juga agak gak enak mungkin sama ane, ibaratnya harusnya kan ibu ane gak disana tempatnya, dia nyuruh ane liat dulu kondisi ruanganya. sebenernya ane juga uda tau soalnya dulu saudara ane ada yg dirawat disana. bedanya klo di kelas 3 itu satu kamar 5 pasien. dan bangunan serta interior yang ada di dalam cenderung ke perabotan jaman belanda dulu. gapapa lah toh cuma beberapa hari mungkin 1-2 hari. oke deal masuk sana. skip-skip. kenapa kok ane mau aja ambil kelas 3? karena menurut ane mungkin yang berbeda cuma fasilitas yang diberikan aja. pelayanan yang diberikan oleh perawat ke Pasien harusnya sama. ternyata ekspektasi ane salah saudara-saudara. emoticon-Cape d... (S) dari awal ketika perawat mau masang infus dia bicaranya pake bahasa jawa. masih mending kalo pake bahasa jawa kromo/ bahasa jawa halus, ini dia bahasanya kyk ngomong sama temenya "buk iki masang infus e di tangan kiwo yo" "buk agak sakit yo, ditahan". itu gw biarin aja. agak tengah malem dateng lagi perawat lainya buat mbenerin infusan ibu ane yang lepas, dia sambil ngobrol sama ane muka flat cenderung judes dan gak friendly lah. oke gw anggep masih wajar lah. padahal dulu ketika opname pertama dan kedua ibu ane di kelas 2 perawatnya diajak ngobrol juga enak friendly banget, bukan 1-2 orang aja, semua perawat sampe ane inget mukanya, secara ibu ane 15 hari dirawat di rumah sakit. emoticon-Hammer kayak ngobrol sama Customer Centre lewat telepon dah.emoticon-Ngakak (S) terus keesokan harinya ini nih yg bikin emosi gak bisa ane tahan. yang Pertama ada perawat dateng ngasih gw termometer (termometer yg biasanya ditaruh diketiak itu apaan gatau namanya emoticon-Blue Guy Peace ) tanpa ngasih tau ane itu buat apaan, emangnya semua orang tau itu gunanya buat ditaruh di ketiak buat ngukur suhu? dan kenapa harus ane yg ngukur gak perawatnya aja yg ngukur?, dikelas 2 itu bukan ane atau sanak saudara yg harus ngukur suhu badanya. langsung dari perawatnya ke pasienya intinya keluarganya itu cuma sebagai "teman" pasien dan yg ngerawat (ini pun hanya sekedar nyuapi makan, ambilkan minum ini itu)+njaga pasien di kamar. yang kedua pagi pagi setiap pasien kan disediain air panas gitu buat nyeka pasien+bersih2. ya gw diemin aja lah biasanya juga perawatnya yg nglakuin kan. lagian ane cowok, ya masak gw nyeka ibu ane? walaupun itu ibu ane sendiri ya bisa dibayangin sendiri kan? terus waktu mau mbenerin infus ibu ane perawatnya bilang "mas ini tolong ibunya di bersihkan dulu" sambil ngasih isyarat cuci muka gitu. selama di kelas 2B ane kagak pernah kayak gitu, semuanya fix antara perawat dan pasien. yang ketigawaktu pagi kan infusan ibu ane lepas lagi, soalnya ibu ane agak bandel itu selang yg nempel ditangan katanya gatel akhirnya sering digaruk-garuk jadi sering lepas. pagi itu uda yg ketiga kalinya lepas. terus disini nih ane emosinya

suster: mas itu ibunya dijaga dikasih tau infusnya jangan sampe lepas (sambil agak sewot ga ada ngehargainya ngomong sama "pelanggan")
ane: lah dari kemarin malem juga uda saya kasih tau mbak, mending mbaknya aja deh yg ngasih tau (masih santai ane jawabnya, logikanya orang pasti lebih nurut sama yg kompeten iya kan? bicara soal balap motor lebih percaya omonganya Messi atau Vallentino Rossi?)
perawat: ya masnya disini juga ikut mbantu buat ngrawat ibunya jangan ngandalin perawat, (sewot lagi mukanya gaenak)
ane: oh jadi dikelas 3 itu kyk gini mbak servicenya? (gw mbahas cara dia ngomong ke pelanggan, gw belom selese ngomong di potong aja)
suster: ini bukan masalah service mas!, semuanya sama aja!, kami gak bisa disini terus mas!. ada 25 pasien yang kami urus! jadi juga minta tolong bantuanya buat njaga pasien dikamar, semua keluarga pasien juga gitu mas! (LAH LU PIKIR DARI TADI MALEM GW NGAPAIN? MASA LIAT TANGANYA IBU GW BERCECERAN DARAH GW DIEM AJA? terus uda dibenerin MASA LIAT IBU GW NGLAKUIN HAL YG NANTINYA BISA BIKIN TANGANYA IBU GW BERCECERAN DARAH LAGI GW DIEMIN? T*LOL INI PERAWAT SUMPAH. GW SAMPE GAK TIDUR SAMPE PAGI NJAGA IBU GW C*UK karena ibu gw bolak balik bangun gak nyaman tidurnya. gak mau susah ini orang)
ane: ya kalo ada 25 pasien itu urusanya siapa!? situ gak mampu handle 25 pasien!? kenapa gak ditambahin jumlah perawatnya!? (terus ane tinggal keluar ke bagian administrasi buat nanya kelas 2 ada yg kosong atau ga)

walaupun ane gak paham hal-hal yang berhubungan dengan pelayanan di rumah sakit. tapi menurut ane kalau beda kelas ya okelah fine kalo fasilitas yang diberikan berbeda, itu wajar. tapi kalau service? ini perusahaan jasa yang berususan dengan nyawa orang, apa beda biaya yang dikeluarkan juga beda caranya menangani pasien? keluarga ane mampu kok bayar tanpa asuransi pun untuk kelas yang lebih tinggi dari kelas 3. ibu ane masuk kesana aja karena terpaksa ruangan diatasnya penuh semua dan kesalahan ane+ayah ane yg milih di kelas 3 yang gak sesuai ekspektasi. apa karena orang yg masuk kelas 3 -> dapat dikatakan murah untuk beberapa orang (Rp.105.000/hari) -> tingkah laku, budaya, dan perilaku otomatis agak (maaf)"ndeso"-> otomatis cara bicara perawat menyesuaikan perilaku dan budaya pasien? (pakai bahasa jawa, ya okelah bahasa jawa tapi juga yg ada etikanya bicara dengan pelanggan apalagi yg lebih tua, pakai bahasa jawa halus)

terus katanya perawat "ini bukan masalah service mas, semuanya sama aja!", sama aja darimana buktinya gw sendiri yg ngerasain kalo beda sama kelas yang satu tingkat diatasnya. ane harus nyeka, ane harus masang termometer, ane dibacotin perawat (kalo perwatnya yg gak bener cuma satu gpp, buktinya itu ada banyak perawat yg ane jelasin diatas semuanya nunjukin kalo yg beda ini secara keseluruhan bukan 1-2 perawat aja.)

terus katanya perawat "ya masnya disini juga ikut mbantu buat ngrawat ibunya jangan ngandalin perawat" ya okelah kita kalau ada keluarga susah pasti mbantu, apalagi saudara sedarah. apalagi ini ibu ane sendiri, skripsi ane aja yg ane ngejar lulus semester ini sampe ane pause dulu. nah sekarang klo misal belum ada 1 keluarga pun yg bisa menemani bisa jadi pasien tersebut tinggal di kota seberang saudarnya ga ada disana sama sekali. ga diurus dong dia kalo gitu?

ini bikin thread karena nganggur di ruangan pasien nunggu ibu ane lagi tidur dan dari kemarin ane kesel sama pelayananya. klo beda pelayanan jelasain juga sebelum daftar, di brosur gak cuma ditulis HARGA+FASILITAS doang. itu rumah sakit jualan jasa pelayanan atau jualan fasilitas. emoticon-Bata (S)

ane minta tanggapan donk dari agan-agan semua tentang bedanya layanan yang diberikan ini emoticon-Maaf Agan

terima kasih udah mampir
emoticon-Kiss

sama terakhir minta doanya juga biar ibu ane cepet normal lagi gak drop kondisinya emoticon-Jempol
0
5.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.