Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jimmyfallonAvatar border
TS
jimmyfallon
Swedia akan menjadi negara tanpa uang fiat (cash) pertama di dunia


Sebuah penelitian dari KTH Royal Institute of Technology di Stockholm menunjukkan bahwa Swedia sedang melangkah ke arah cashless society dimana masyarakatnya tidak akan lagi menggenggam uang cash atau fiat saat berbelanja maupun bertransaksi. Lima dari enam bank besar di Swedia telah menolak untuk beroperasi dengan uang cash. Hasilnya, berdasarkan panduan Otoritas Pajak Swedia, Bitcoin menjadi mata uang digital yang berpotensi untuk menjadi mata uang yang digunakan oleh masyarakat Swedia secara umum.

Sepenuhnya Digital

Masyarakat Swedia sudah mulai terbiasa bertransaksi menggunakan kartu kredit/debit bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. Ditambah dengan semakin populernya pembayaran melalui mobil dan sistem peer-to-peer seperti Bitcoin, kebutuhan masyarakat untuk menggunakan uang cash semakin berkurang.

Niklas Arvidsson, seorang peneliti ekonomi di KTH berkata:

"Mata uang fiat (cash) mungkin masih menjadi alat pembayaran yang penting di negara-negara lain, namun di Swedia sudah tidak dibutuhkan."

Menurut Arvidsson, hanya ada kurang dari 80 milyar Krona Swedia yang berada di sirkulasi (Setara 8 milyar Euro), dan dari jumlah tersebut, hanya sekitar 40 - 60% yang benar-benar ditransaksikan oleh masyarakat. Padahal 6 tahun yang lalu, ada 106 milyar Krona Swedia yang ditransaksikan secara penuh oleh masyarakatnya.

Bengt Nilervall dari Federasi Perdagangan Swedia mengatakan, "Swedia sedang berada di posisi terdepan dalam menjadi negara tanpa uang cash pertama di dunia. Memang lebih aman bagi kami untuk bertransaksi seperti ini, dan juga lebih murah karena memindahkan uang cash memakan biaya yang besar. Kami warga Swedia merasa aman dan yakin dengan kemudahan membayar apapun secara elektronik."

Bitcoin dan Swedia

Bitcoin juga memiliki potensi yang besar untuk dijadikan mata uang di Swedia, khususnya setelah ada berita terbaru dimana penggunaan dan penjualbelian Bitcoin tidak dikenakan pajak di seluruh kawasan Eropa. Pada bulan Mei 2015, Otoritas Pajak Swedia juga menerbitkan pedoman untuk operasi penambangan Bitcoin di negara tersebut dan bagaimana negara juga dapat mengambil untung dari sana demi mensejahterakan rakyatnya. Pemerintahan Swedia juga ramah dengan keberadaan Bitcoin, khususnya setelah dibangun BitcoinPartiet.

sumber

wow ayo kapan indonesia menyusul?? ane jg ngerasa lebih aman pake digital money daripada cash. yg nyopet kudu canggih gan klo emang niat, klo cash kan tinggal todong pisau aja dapet emoticon-Takut (S)
0
3.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.