Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

okacehAvatar border
TS
okaceh
15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??
Malam semuanya. Semoga ga repost nih thread ane emoticon-Big Grin Ane copas dari salah satu media game nih gan tentang artikel 15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Soo..!! Langsung aja simak 15 game berikut ini gan.

15. Doraemon 2 SOS! Otogi no Kuni

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Hampir sebagian besar game berbasis anime / manga di masa lalu memang tak mendapatkan proses translasi karena pasar yang memang lebih difokuskan untuk pasar dalam negeri mereka sendiri. Walaupun demikian, ia tidak menghalangi banyak gamer, terutama di era Playstation untuk menikmati mereka. Sebagian besar produk ini berakhir fantastis. Salah satunya adalah robot kucing yang sudah menemani penonton Indonesia selama belasan tahun setiap hari Minggu pagi – Doraemon. Walaupun tak terlalu mengerti ceritanya di masa lalu, game Doraemon di era Playstation ini cukup diminati. Tidak hanya memungkinkan Anda untuk berperan sebagai Nobita dan kawan-kawan, ia juga mengimplementasikan beragam item ajaib Doraemon sebagai item yang bisa didapatkan. Tema yang kuat dipadukan dengan gameplay platfomer yang cukup solid, sebagian besar gamer PSX di Indonesia tampaknya pernah menjajal game ini, setidaknya sekali.

14. Jojo’s Bizarre Adventure: All Star Battle

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Anda hanya perlu memadukan sebuah cerita action yang keren, karakter absurd tapi memorable, animasi yang fantastis, dan beragam dialog gila untuk membuat anime klasik yang sudah diperbaharui ini menjadi begitu dicintai. Kerennya lagi? Ia juga pantas menyandang predikat sebagai salah satu game adaptasi anime / manga yang berhasil menangkap semua daya tarik tersebut dalam proporsi yang optimal. Ada beberapa game Jojo’s Bizarre yang bertebaran di pasaran, namun All Star Battle tampaknya pantas mendapatkan predikat sebagai yang terbaik. Game fighting dua dimensi ini memuat semua hal yang membuat Jojo’s Bizarre dicintai, terutama dari presentasi skill dan visual yang ia usung.

13. Magic Knight Rayearth

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Sailor Moon? Minky Momo? Di era anime akhir tahun 1990-an, kehadiran karakter wanita utama sebagai protagonis utama menciptakan hype dan gelombang fans baru untuk produk asal Jepang ini. Dengan banyak anime yang juga ditawarkan televisi swasta yang baru muncul di kala itu, ada banyak seri yang pantas untuk diikuti. Salah satu yang terbaik? Tentu saja, Magic Knight Rayearth. Kisah tiga sekawan remaja wanita dengan kepribadian yang berbeda ini memang terasa standar di awal, namun berkembang fantastis di akhir. Kemampuan mengendalikan elemen dan bertarung menggunakan mecha dengan desain yang keren adalah nilai jual ekstra. Namun sedikit yang pernah menjajal petualangan mereka ketika versi gamenya di Sega Saturn dirilis. Dengan gameplay ala Legend of Zelda namun dengan sistem tiga karakter lengkap dengan pertarungan mecha yang mengubahnya jadi game shooter, game Magic Knight Rayearth ini memenuhi apa yang diiinginkan fansnya, walaupun dalam bentuk visual lebih kecil.

12. Gekitou Crush Gear Turbo

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Logika dan anime adalah dua kata yang bisa dipadupadankan dalam satu kalimat yang sama di banyak kasus. Sifatnya yang fiksi, apalagi jika didorong kebutuhan untuk menjual lebih banyak merchandise di pasaran, membuat tema anime yang berhubungan dengan mainan menjadi tak lagi bisa masuk dalam daya nalar. Mainan yang bisa mengerti emosi, pikiran, dan keinginan pemiliknya? Semua anime bertema sama selalu memberikan kesan ini. Tidak mengherankan jika banyak anak kecil (termasuk kami di masa lalu) yang kecewa ketika melihat mainan fisik mereka ternyata tidak bisa melakukan hal serupa seperti yang mereka lihat di anime. Untungnya, video game datang sebagai penyalamat. Disiarkan oleh salah satu televisi Indonesia di kala itu, Crush Gear yang memperlihatkan pertempuran mobil-mobil kecil dengan senjata keren juga berakhir jadi video game untuk Playstation. Berbeda dengan mainan aslinya yang membosankan, versi video gamenya justru menawarkan pengalaman Crush Gear yang lebih otentik. Selain keren, game ini juga dikenal sebagai salah satu game penghancur stick yang tak kenal ampun. Terus memutar analog untuk mendapatkan ekstra kekuatan dan kemenangan jadi hal yang esensial.

11. Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Apa yang Anda dapatkan ketika menonton anime Yu-Gi-Oh! di masa lalu? Kesan pertama yang sudah pasti muncul tentu menyoroti seberapa kompleksnya permainan kartu yang mereka tawarkan. Pertarungan yang dihiasi dengan monster-monster yang muncul ke layar dan strategi-strategi permainan yang “mematikan” tentu tak bisa Anda dapatkan dengan memainkan kartu aslinya, kecuali jika Anda memang punya daya khayal super tinggi. Video game kini kembali jadi penolong. Dari semua franchise yang dimiliki Konami, Yu-Gi-Oh! tampaknya bisa disebut sebagai salah satu yang paling menjual. Namun dari semua seri yang ada, sebagian besar gamer tampaknya mulai jatuh hati ketika memainkan seri Forbidden Memories-nya di masa lalu. Ia seperti memenuhi impian kita untuk sebuah game Yu-Gi-Oh yang memang memungkinkan Anda untuk melihat dramatisasi pertarungan monster yang ada, walaupun harus diakui, tak seepik animenya. Berita baiknya? Anda tak harus melewati penjelasan panjang lebar fungsi tiap kartu dan strategi ala versi animenya.

10. Fist of North Star: Ken’s Rage 2

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Salah satu anime paling brutal di zamannya. Sebagian pencinta anime / manga di Indonesia lebih mengenalnya sebagai “Tinju Bintang Utara”, sebuah cerita dimana terkadang kekuatan pukulan bisa mengalahkan cepatnya peluru atau bahkan tank. Kepala yang meledak, isi tubuh yang mencair dan menyebar kemana-mana, hingga desain musuh yang menjijikkan. Kekuatan Kenshiro melampaui semua hukum fisika di dunia nyata dan kegilaan itulah yang membuat franhise ini begitu melegenda. Oleh karena itu, tidak ada lagi keputusan yang lebih tepat untuk mengadaptasikan seri ini selain menjadikannya sebagai sebuah game action yang memungkinkan Anda merasakan kemampuan tinju Kenshiro itu sendiri sekaligus menjalani kisahnya. Bertarung dengan ribuan pasukan cecunguk dengan darah dimana-mana, Ken’s Rage 2 mungkin terasa repetitif, namun memuat semua hal yang membuat Tinju Bintang Utara begitu dicintai.

9. K-On! Houkago Live!

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Anda tidak bisa membicarakan sebuah anime berisikan karakter-karakter wanita super imut dan lucu dengan kemampuan musik dan lagu yang keren, tanpa mencicipi sebuah video game yang memang mampu mempresentasikan hal tersebut. Di era ketika game ritme mulai naik pamor, K-On! sempat menawarkan beragam produk yang cukup untuk membuat para fansnya jatuh hati dalam sekejap. Salah satu yang fantastis adalah K-On! Hokago! Tidak hanya menawarkan kesempatan untuk mencicipi lagu keren K-On! bersama dengan animasi gerak karakter di belakang yang imut, ia juga menangkap identitas unik tiap karakter dan menerjemahkannya ke dalam gameplay. Salah satu yang paling cerdas adalah memanfaatkan fakta kekidalan Mio dan menjadikan tombol D-Pad lebih dominan untuk membuat jari kiri Anda bekerja lebih keras. Detail seperti itulah yang membuatnya fantastis.

8. Saint Seiya: Oogon Densetsu Kantetsu Hen

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Sebagian besar dari Anda mungkin belum pernah mendengar game ini sebelumnya dan bingung mengapa kami memilih produk ini di luar begitu banyak game Saint Seiya “modern” yang luar biasa di luar sana, dari genre fighting hingga musou. Saint Seiya: Oogen Densetsu Kantetsu Hen, yang ketika di masa lalu kami cicipi masih berada dalam bahasa Jepang, adalah pengalaman otentik Saint Seiya yang belum tergantikan hingga saat ini. Dirilis untuk NES, Anda bisa memilih karakter dan terlibat dalam petualangan ala game platformer untuk menyematkan Putri Sauri. Bedanya? Ketika Anda sudah bertemu dengan Gold Saint yang menjaga tiap kuil Zodiac yang ada, game ini berubah menjadi RPG! Ada pilihan menyerang, bertahan, menghimpun kekuatan, hingga sekedar becakap-cakap untuk meraih kemenangan. Animasinya mungkin tak sesempurna game modern, namun untuk urusan menangkap esensi game Saint Seiya yang sebenarnya, seri klasik ini harus diakui melakukan tugas yang luar biasa.

7. One Piece: Pirate Warriors 3

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

700 episode anime, manga yang belum selesai waluapun sudah memasuki usia hingga belasan tahun, dengan garis cerita yang bahkan belum jelas benar tujuan akhirnya. Namun untuk urusan basis fans, One Piece memang punya pasar “setia” yang siap menantikan setiap produk yang meluncur dengan nama besar mereka, termasuk video game. Beragam seri meluncur dari beragam genre sudah dirilis dan tampaknya tak akan berhenti dalam waktu dekat. Namun sejauh ini, One Piece: Pirate Warriors 3 pantas untuk dinobatkan sebagai adaptasi terbaik. Karakter yang lebih mengikuti arc terkini, sistem pertarungan lebih baik dan visualisasi lebih mumpuni, Pirate Warriors 3 siap memenuhi mimpi gamer pecinta One Piece di manapun. Apalagi ketika kita membicarakan atmosfer heroik yang jadi kekuatan utama franchise ini.

6. Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 3

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Sama seperti One Piece, Naruto juga pantas dinobatkan sebagai salah satu franchise anime / manga yang diadaptasikan dengan luar biasa di industri game. Hampir semua produk yang meluncur di pasaran berakhir memuaskan, baik sebagai game RPG ataupun fighting sekalipun, terlepas dari fakta bahwa ia meluncur tahunan. Seri Storm dari CyberConnect 2 tampaknya pantas jadi yang terbaik. Tidak hanya menangkap dramatisasi pertempuran epik antar para karakter dan Jutsu mereka yang tampaknya tak sulit menghancurkan apapun di sekitar mereka, setiap seri Storm juga berusaha menawarkan sesuatu yang inovatif di dalamnya. Bagi kami sendiri, Storm 3 bisa dibilang sebagai seri game Naruto terbaik yang pernah kami cicipi. Pengambilan sudut kamera yang lebih dramatis, selingan QTE di mode cerita, pertempuran dengan efek jurus yang memanfaatkan kontrol lebih untuk memperkuat aspek serangan tertentu jadi nilai jual tersendiri.

5. Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 3

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Jika One Piece dan Naruto adalah franchise yang tengah jadi “sorotan” saat ini, maka yang satu ini adalah franchise legendaris yang bahkan sudah diadaptasikan sejak era industri game mulai dikategorikan sebagai industri hiburan mainstream. Sudah ditawarkan hampir di semua genre yang ada, Dragon Ball terus hidup dari generasi ke generasi lainnya menawarkan pertarungan memorable dengan karakter ikonik yang tampaknya sudah dikenal oleh penggemar anime manapun. Bukan perkara mudah sebenarnya untuk memilih seri mana yang pantas menyandang predikat sebagai game Dragon Ball terbaik. Berbagai kandidat muncul, namun bagi kami Tenkaichi adalah satu yang berhasil menangkap pesona franchise ini dengan begitu tepat di masa lalu. Sistem pertarungan lebih bebas, dramatisasi serangan akhir yang tepat sasaran, dengan variasi karakter yang bisa digunakan – termasuk Broly, seri ketiga ini jadi yang paling favorit.

4. Dynasty Warriors: Gundam 3

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Lupakan sementara soal plot, karakter, atau jalinan drama dan intrik yang membuat seri-seri Gundam tampil begitu luar biasa, di luar animasi pertarungan dan desainnya yang memang selalu memanjakan mata. Dengan popularitas yang begitu tinggi, hampir mustahil untuk tidak melihat sebuah game yang diadaptasikan dari franchise ini. Terlepas dari fakta bahwa banyak dari produk tersebut yang akhirnya tidak keluar dari pasar Jepang dan tidak ditranslasikan, ada satu game yang walaupun tidak menjual cerita atau karakter, namun harus diakui – merepresentasikan daya tarik Gundam di level permukaan dengan sangat baik. Menghancurkan robot-robot cupu berjumlah ribuan, melebur Gundam dari beragam semesta di dalam satu ruang yang sama, dan melihat mereka beraksi mengeluarkan serangan spesial yang selama ini Anda bisa Anda nikmati di versi anime menjadikan Dynasty Warriors: Gundam 3 jadi sebuah seri musou terbaik yang pernah kami cicipi. Anda memang tidak perlu berpikir untuk menikmatinya, namun semua efek serangan dan kehancuran yang bisa Anda lakukan sudah cukup membuat liur para penggemar Gundam di seluruh dunia menetes tak tertahankan.

3. Bakusou Kyoudai Let’s & Go!! Eternal Wings

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Tamiya, sebagian besar dari Anda mungkin sempat melewati fase tergila-gila dengan mobil mainan ini atau bisa jadi, masih. Kesempatan modifikasi yang begitu luas memungkinkan untuk menciptakan sebuah mobil balap yang personal. Haus kecepatan? Atau ingin lebih efektif di belokan? Daya tarik seperti inilah yang membuat banyak orang jatuh hati pada mainan yang satu ini. Namun terlepas dari usaha keras yang mereka perlihatkan, aksi ala anime dimana mobil-mobil ini bisa beraksi dan bermanuver sesuai dengan keinginan sang pemilik begitu saja tentu saja opsi yang tidak rasional. Untuk para pecinta Tamiya, baik dari zaman Dash! Yankuro hingga Let’s & Go, kesempatan untuk merasakan hal tersebut terletak di salah satu game racing PSX yang super populer – Eternal Wings. Dengungan khas dinamo Tamiya dipadukan dengan beragam kekuatan spesial yang bisa dipicu untuk memastikan diri sebagai yang paling tercepat membuatnya terasa begitu fantastis.

2. Digimon World

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Jika ada satu hal yang bisa dipelajari Hollywood dari kemampuan developer Jepang untuk mengadaptasikan anime / game menjadi sebuah video game, adalah komitmen mereka untuk mempertahankan source aslinamun tidak menutup diri untuk menawarkan sebuah gameplay yang tidak jauh berbeda. Menjadi salah satu game Playstation terbaik yang pernah ada, Digimon World tetap jadi game Digimon fenomenal yang tak mudah dilupakan saja. Anda mungkin tak bertemu dengan karakter-karakter ikonik dari seri animenya, namun game ini mempresentasikan daya tarik Digimon itu sendiri – melatih, memperkuat, dan memastikan evolusi ke bentuk lebih mematikan untuk Digimon yang sudah Anda pilih. Konsep open-world yang kompleks dengan segudang tantangan dan rahasia, Digimon World pantas disebut sebagai game konsol adaptasi anime / manga terbaik.

Favorit ane nihh emoticon-Blue Guy Peace

1. Initial D

15 Game Adaptasi Anime / Manga Terbaik Sepanjang Masa! Apa Favorit Game Kamu??

Dan pemimpin dari toplist kali ini memang menabrak akar kebiasaan dari artikel-artikel serupa JagatPlay di masa lalu. Walaupun sempat dirilis di konsol milik Playstation beberapa seri terdahulu, Initial D – manga dan anime yang memosisikan Anda dalam pertarungan terpanas jalan raya penuh tikungan, keahlian, dan pertimbangan presisi tinggi ini memang jauh lebih bisa dinikmati jika Anda menikmatinya di versi Arcade yang juga cukup mudah ditemukan di ibukota. Lantas, apa yang membuatnya fantastis? Fakta bahwa SEGA tak merasa butuh harus memodifikasi banyak hal untuk membuatnya menarik. Sebuah pengalaman otentik yang membuat banyak gamer bisa merasakan adrenalin mereka terpompa lewat kacamata orang pertama, dimana waktu dan timing adalah segalanya. Dari semua produk yang sempat kami list di atas, Initial D versi Arcade bisa dibilang sebagai produk yang berhasil mengeksekusi hampir semua elemen tersebut dengan nyaris sempurna. Sesuatu yang harus dipelajari banyak developer Barat yang berusaha mengadaptasi produk film Hollywood menjadi game ataupun sebaliknya.

Sumber: JagatPlay

Sooo..!! Di antara 15 game di atas, game mana aja yang paling favorit buat agan?? Atau mungkin ada yang mau nambahin lagi game lainnya. emoticon-I Love Indonesia (S)
0
7K
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.