sonyuliantoAvatar border
TS
sonyulianto
10 Hal dalam Memilih Asuransi Kesehatan
Yang harus diperhatikan dalam memilih Asuransi Kesehatan :
1. Apakah bentuknya santunan harian ? per hari 100ribu/300ribu/500 ribu. Jadi kalau dirawat 7 hari , berarti dapat 7x100ribu/300ribu/500ribu.

2. Bentuknya penggantian bedah dan rawat inap, Jenis ini mengganti biaya dokter, obat, bedah, kamar rawat inap , biaya operasi, kamar operasi, dll.

3. Apakah bisa double claim ? Maksudnya untuk klaim cukup kuitansi yang dilegalisir, bukan kuitansi asli. Biasanya asuraransi yang bentuknya santunan harian bisa double claim.

4. Pakai kartu (cashless) atau reimburse. Kalau santunan harian biasanya reimburse, tapi kalau cashless biasanya semua diganti dan harus kuitansi asli.

5. Sistemnya pakai inner limit atau as charge (sesuai kuitansi). inner limit artinya biaya dokter, kamar, obat2an ada batasnya. Kalau as charge semua diganti sesuai tagihan batasannya limit tahunan.

6. Jika sistemnya As Charge , apakah lintas kamar atau prorate. Artinya ProRate, jika di awal kita beli plan kamar 500ribu lalu saat rawat inap masuk kamar yang Rp 750ribu, maka penggantiannya hanya 500/750 = 66,7% dari total tagihan.
Kalau lintas kamar berarti tidak perduli Anda beli plan apa dan saat rawat inap masuk kamar apa tetap diganti sesuai tagihan.

7. Apakah Unitlink atau Standalone. Unitlink berarti ada asuransi jiwanya, ada investasinya. Standalone biasanya tanpa asuransi jiwa dan investasi.

8. Premi. Santunan Harian ialah yang paling murah dibandingkan yang komplit dengan penggantian bedah, obat2an, dokter, dll. Inner limit lebih murah dari As Charge. ProRate lebih murah dari yang Lintas Kamar. Unitlink lebih mahal dibanding standalone.

9. Apakah bisa untuk keluarga, anak2 saja, atau hanya individu. Ada yang mengharuskan orangtuanya harus ikut. Ada juga yang tidak bisa keluarga.

10. Apakah meng-cover sampai Luar Negeri ? Sampai negara mana saja ? Pastikan di negara yang kemungkinan Anda berkonsultasi kesehatan ada di produk yang Anda pilih.

Intinya ialah banyak sekali pilihannya untuk Asuransi Kesehatan, dan apa yang Anda inginkan ada di salah satu asuransi yang ada di Indonesia. Yang perlu anda lakukan ialah Survey, window shopping, dapatkan penawaran, baca klausulnya. Anda pasti mendapatkan sesuai yang Anda inginkan.

Mau yang mudah? hubungi kami di SJ Consulting emoticon-I Love Indonesia (S)



Diubah oleh sonyulianto 21-10-2015 13:26
0
2.3K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.