5eAToAvatar border
TS
5eATo
Dance | Breakdance di indonesia / dance-jakarta-bboy-breaking
Halo Gan ane mau share sedikit nih tentang Breakdance, jarang2 nulis tapi moga2 bermanfaat emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)

Secara singkat,

Bboy atau Break boys officially given by Dj kool herc adalah sebutan bagi para orang2 yang berdansa di cypher atau open circle di sebuah block party yang di sebut herc's party di era 1970s saat lagu berada di bagian yang hanya terdengar dentuman bit atau drum atau juga disebut "break-part" dalam sebuah lagu biasanya bagian ini juga adalah bagian paling hipe atau solo di sebuah lagu. jadi bukan dalam artian mereka break the dance or something else like break ur bones but it came from term of "break-part" so he called them as Break Boys / Break Girls because they dance on the Breaks! dan dance atau jenis tarian yang mereka lakukan itu disebut Bboying / Breaking seiring waktu dan pengaruh media secara umum bboying lebih dikenal sebagai breakdance.

" Breakdance adalah term yang dibuat oleh media untuk tujuan komersil "

banyak orang salah persepsi tentang breakdance kebanyakan beranggapan breakdance (breaking/bboying) dianggap sebagai sampah atau kegiatan tidak berguna dan tidak sedikit beranggapan bahwa bboying hanyalah sekelompok orang yang hanya melakukan gerakan2 akrobatik / sirkus (dynamic acrobatic moves) padahal breakin/bboying itu sendiri adalah dance memiliki tradisi & dasar2 seperti halnya dance yg lain akan tetapi agak unik karena bboying memungkinkan setiap pelakunya (bboy/bgirl) untuk berkreasi dan terinspirasi dari banyak hal contoh kecil kita bisa mencampur gerakan2 salsa ke dalam gerakan ataupun yg lain seperti gerakan acrobatic yg penting essencenya dari tarian itu sendiri tetap ada, disinilah keunikan dari breaking/bboying itu sendiri karena kita bebas mengekspresikan diri dengan cara kita sendiri ( with our own flava ) disamping itu breaking/bboying juga menuntut kesehatan fisik yang luar biasa karena semua bagian tubuh bekerja dengan serentak dari ujung kepala hingga ujung kaki dan juga membuat kita lebih cerdas!. tidak hanya anak muda bahkan orang tua pun juga bisa bahkan saya pernah melihat seorang nenek2 ( namanya Crazy Grandma ) mampu melakukan gerakan breaking/bboying dengan sangat baik di umurnya yang senja di salah satu event di eropa.

beberapa tahun terakhir Bboy / Breaking di indonesia sendiri pun mulai berkembang dengan pesat setelah pernah sempat redup di era 80an dikarenakan ekploitasi industri tanpa adanya kontribusi ke komunitasnya sendiri, sudah banyaknya kompetisi2 komersil di Indonesia yang ditampilkan secara besar2an di TV seperti Let's dance global tv, Getsby Styling Contest, WeChat, Kratingdaeng Power Dance, dll

besarnya pengaruh media film & internet di indonesia ikut memompa berkembangnya bboying. walaupun umur breakdance di indonesia terhitung masih belia akan tetapi prestasinya pun tak bisa di remehkan, walaupun muda tetapi kita memiliki potensi yang besar, ada beberapa bboy2 indonesia yang juga telah ikut mengharumkan nama bangsa di banyak kejuaraan international.

sangat disayangkan prestasi tersebut tersendat karena kurangnya dukungan dari pihak sponsor ataupun pemerintah.
akan tetapi hal ini tidak meredupkan semangat bboy2 idonesia dengan bermodalkan kocek sendiri banyak bboys Indonesia yang tetap berusaha berjuang meraih mimpi mereka dangan caranya sendiri. saya pribadi sebaiknya Pemerintah dan Swasta lebih baik fokus terhadap cabang olah raga yang lebih potensial juga masuk akal untuk didukung dan juga tidak terlalu banyak menghabiskan uang tapi bisa memberikan dampak signifikan kepada images Indonesia dan rasa cinta tanah air masyarakat, mungkin seperti breakin/bboying ? emoticon-Smilie

banyak hal lain sebenarnya yang sangat menarik yg bisa di korek untuk lebih lanjut bisa di lihat di web yg telah di attach. semoga dengan tulisan ini bisa sedikit ikut membuka mata publik bahwa bboying , breaking atau breakdance adalah kegiatan yang sangat berguna dan tidak lagi dipandang sebelah mata.

PS :

*Kool Herc : Father of Hip Hop / dia adalah orang yang pertama melakukan dan mempopulerkan 4 element utama dalam hiphop

**Africa Bambatta : Godfather of Hip Hop / dia adalah orang yang merumuskan apa yang Herc lakukan dengan sebutan Hip Hop setelah terinspirasi perjalanannya dari Africa

POPPIN PETE - WHATS HIP HOP DANCE
"
"
Diubah oleh 5eATo 25-08-2021 16:21
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.8K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.7KThread25.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.