juzzmynickAvatar border
TS
juzzmynick
Pertamina Ungkap Kontrak Jumbo US$ 13 Miliar dengan Cherniere
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) mengungkapkan kontrak bernilai jumbo sebesar US$ 13 miliar yang dibuat dengan Cherniere Energy Inc merupakan perjanjian jual beli gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) jangka panjang. 

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menjelaskan kontrak tersebut dibuat dengan Corpus Christi Liquefaction LLC, anak usaha Cherniere sebuah perusahaan energi asal Texas, di sela kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat sampai 29 Oktober 2015 mendatang.

"Dalam jangka panjang Indonesia akan impor LNG, jadi kami kontrak dengan mereka untuk memasok LNG ke Indonesia," ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto saat ditemui di Kementerian BUMN, Senin (26/10).

Pertamina sendiri baru akan menerima LNG dari Cherniere pada 2019, dengan durasi kontrak selama 20 tahun hingga 2039.

Menurut Dwi perjanjian kerjasama itu akan berbentuk perjanjian kerjasama jual beli dan angkut (sale purchase agreement/SPA). Di mana Pertamina telah setuju untuk membeli sekitar 0,76 juta ton MMBTU LNG dari Cheniere.

Berdasarkan perjanjian ini, Pertamina akan membeli LNG menggunakan skema FoB dengan harga pembelian mengacu pada harga indeks bulanan Henry Hub ditambah komponen tetap. LNG akan dikirimkan dengan menggunakan tanker LNG milik Pertamina.

"Tentu saja ini berkaitan dengan ongkos transportasi dan harga jual gas yang rendah seperti ini, kami cari jalan keluarnya sehingga tidak rugi dari segi transportasi,” ujar Dwi.

Mantan Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk menyatakan perjanjian ini konsisten dengan strategi Pertamina untuk mendominasi pasar LNG dan menangkap peluang pertumbuhan permintaan gas di Indonesia yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, utamanya di sektor ketenagalistrikan dan industri.

"Perkiraannya pada 2025 kebutuhan impor LNG antara 1,5 -4,4 juta ton MMBTU, nah itu yang kami antisipasi," ujarnya.

http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20...ngan-cheniere/

http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20...-as-pada-2019/

katanya di negeri ini kaya akan gas ... kok malah import ... silahkan yg kompeten menjelaskan
0
1.9K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.