• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Misteri Insiden Rossi-Marquez..Kemana hilangnya semua Hasil Kamera On Board?

adrian_tpiAvatar border
TS
adrian_tpi
Misteri Insiden Rossi-Marquez..Kemana hilangnya semua Hasil Kamera On Board?


Sejauh ini, bahkan setelah Race Direction memutuskan penalti tiga poin terhadap Valentino Rossi akibat insiden jatuhnya Marc Marquez, hanya ada tiga rekaman video insiden itu yang beredar.

Pertama yang terlihat dari sisi Marquez, kemudian dari helikopter, dari depan, dan dari sisi kanan atau belakang Rossi.

Dari tiga tayangan video tersebut, yang paling mendekati untuk menunjukkan insiden tersebut adalah rekaman video dari sisi kiri Marquez.

Pada putaran ketujuh dalam MotoGP Malaysia akhir pekan lalu Marquez terjatuh dan disinyalir karena tendangan Rossi.

Insiden itu pun menimbulkan pro dan kontra. Walhasil, usai balap Race Direction MotoGP memutuskan Rossi dengan penalti, sementara Marquez tanpa sanksi.

Usai keputusan itu dibuat Race Director MotoGP Mike Webb mengatakan tak memiliki rekaman video yang jelas untuk membuktikan Rossi menendang Marquez. Walau begitu, ujar Webb, pihaknya yakin kontak antara Rossi dan Marquez itu disengaja.

Dua pebalap, baik Rossi dan Marquez, telah menyampaikan pendapat mereka atas insiden tersebut. Namun dari perspektif masing-masing.

Di mata awam, dari tiga rekaman video yang tersedia di publik, kaki kiri Rossi memang terlihat bergerak tepat sebelum Marquez terjatuh. Itu terlihat dari gerakan dengkul yang mengangkat lalu turun dan kembali lagi.

Namun, sebelum itu terjadi helm Marquez justru lebih dulu melakukan kontak dengan bagian Rossi. Di situlah yang kemudian membuat pro-kontra insiden Rossi-Marquez masih berlangsung hingga saat ini.

Hal itu akan tetap menjadi pro-kontra. Dan, hal lain yang mengundang pertanyaan kenapa tidak ada satupun hasil kamera yang berada di motor dan helm yang merekam insiden tersebut dan dipublikasikan ke Publik?

Apakah pihak Yamaha dan Rossi yang menerima hukuman tersebut tanpa melakukan banding lanjutan merupakan jawaban atas misteri ini?







Sekilas tentang Camera on Board

Seperti dikutip dari situs MotoGP, pada seri ketujuh MotoGP 2015 di Assen, Belanda pada Juli silam menjadi momen yang menandai 30 tahun penggunaan kamera on board dalam balap MotoGP.

Randy Mamola adalah pemenang MotoGP saat pertama kali kamera onboard itu digunakan pada 1985 silam. Sejak saat itu peneltian dan inovasi terus dilakukan penyelenggara MotoGP, Dorna Sport SL, untuk teknologi tersebut ketika mendapatkan hak siaran pada 1992.

Teknologi itu semula dibuat pihak luar hingga Dorna membuat tim riset dan pengembangan sendiri.

Kini tampilan dari kamera on board itu sudah memiliki kualitas tajam (HD). Dorna pertama kali menempatkan kamera onboard dengan resolusi 1080 tayangan video live dari motor pada 2011.

Inovasi termutakhir dari kamera on board ini adalah kamera 360º Gyroscopic.

Kamera on board ini ada di beberapa titik pada motor pebalap termasuk di bagian belakang dan dekat pijakan kaki.
Sumber : cnn.com
Diubah oleh adrian_tpi 28-10-2015 16:04
nona212
nona212 memberi reputasi
1
10.4K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.