Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nawanzidaneAvatar border
TS
nawanzidane
Beberapa Ciri Dari Kanker Penis Yang Wajib Anda Tahu
Sebagai organ reproduksi dan seksual pada para pria, penis merupakan organ tubuh yang harus dijaga karena fungsinya yang berhubungan dengan siklus kehidupan. Penis yang berbentuk batang merupakan jalan keluar sperma serta urin dari dalam tubuh pria, dilengkapi pula dengan berbagai jenis jaringan mulai dari kulit, saraf, otot polos sampai pembuluh darah.

Salah satu penyakit yang tanpa disadari dapat menyergap organ seksual pria ini adalah kanker penis. Mengingat kanker terjadi pada alat vital pria, kanker penis merupakan penyakit yang harus diwaspadai kehadirannya oleh para pria. Kanker penis sendiri terjadi saat kanker menyerang kulit atau jaringan yang sudah disebutkan ada di dalam penis. Sel-sel pada jaringan yang membentuk penis dapat dihinggapi oleh kanker. Kebanyakan kasus kanker penis dimulai dari sel-sel pada kulit penis. Beberapa ciri dari kanker penis yang harus segera ditangani meliputi:

1. Sakit dan adanya benjolan pada penis yang cepat dan bertambah besar
2. Timbulnya rasa gatal
3. Penis mudah berdarah
4. Perubahan warna kulit di daerah yang terkena kanker
5. Penebalan kulup atau kulit penis
6. Munculnya ruam
Hingga kini, penyebab pasti dari kanker penis belum terdeteksi. Beberapa dugaan penelitian mengarah pada adanya HPV atau human papillomavirus yang mengendap di kulit dan berkembang menjadi kanker. Selain itu, adanya gaya hidup yang tidak menyehatkan, seperti kebiasaan merokok juga berkontribusi pada buruknya sistem imun tubuh.

Salah satu dari sekian banyak cara menghindari penyebabkanker penisadalah dengan cara sunat. Hal ini didasarkan pada studi yang melaporkan bahwa risikokanker penisjauh lebih rendah di antara pria yang disunat dibandingkan pria yang tidak disunat. Di Amerika Serikat, risiko terjadinyakanker penisjuga lebih sedikit pada pria yang disunat.

Seorang peneliti virus HPV di University of Sydney di Australia, Brian Morris mengatakan, jika kasuskanker penisbanyak terjadi di negara-negara di mana sunat jarang dilaksanakan. Mengapa hal ini terjadi? Ternyata, ada kaitan erat antara sunat dengankanker penisterletak pada kulup yang berada di penis. Kulup penis pada pria yang tidak disunat akan sulit dibersihkan, sehingga bisa menyebabkan peradangan yang menjadi penyebab umum kanker.

Pria yang tidak disunat juga memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kontak langsung dengan virus HPV. Virus HPV akan terjebak di bawah kulup yang lembap. "Di daerah lembap serta hangat tersebutlah, infeksi mudah terjadi," tambah Moriss.
Selain disunat, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mencegah terjadinyakanker penis ada pria, seperti menjaga kebersihan area penis. Karena kebersihan yang buruk dapat membuat peradangan. emoticon-Blue Guy Peace
emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut cendolnya ya gan

Sumber beberapa ciri kanker penis

Diubah oleh nawanzidane 27-08-2015 09:34
0
2.6K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.