charlie.hebdoAvatar border
TS
charlie.hebdo
Ini Penampakan Rumah yang Tak Layak Dapat Subsidi Listrik


http://m.detik.com/finance/read/2015...ubsidi-listrik

Jakarta - Pemerintah memberi tugas ke PT PLN (Persero), dalam 2 bulan untuk menyisir 23 jutaan pelanggan listriknya yang tidak layak menikmati subsidi listrik. Rumah atau hunian seperti apa yang akan dicabut subsidi listriknya?

Pelanggan yang disasar adalah pelanggan rumah tangga (R1) dengan daya maksimal 450 dan 900 volt ampere (VA). Pelanggan ini tarif listriknya sangat murah karena disubsidi hampir 65%. Total pelanggan kedua golongan ini sekitar 48 juta rumah, padahal jumlah keluarga miskin hanya ada sekitar 24,7 juta keluarga.

Berdasarkan data PLN yang diterima detikFinance, Selasa (27/10/2015), berikut gambaran rumah yang saat ini pakai daya 450 atau 900 VA, yang nantinya ditingkatkan jadi 1.300 VA atau tak lagi disubsidi.





Bila ada masyarakat yang rumahnya seperti gambar di atas, dan merasa berhak menerima subsidi listrik, yang bisa dilakukan adalah menunjukkan 'kartu miskin' kepada petugas PLN. Kartu miskin tersebut seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan kartu-kartu lainnya yang diberikan pemerintah.

Karena, mulai 1 Januari 2016, subsidi listrik hanya diperuntukkan bagi keluarga miskin dan rentan miskin. Hal ini sejalan dengan kesepakatan bersama pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), terkait pemangkasan anggaran subsidi listrik tahun depan, dari sebelumnya Rp 66 triliun menjadi Rp 37,31 triliun.



Kalo memang dengan 450 watt atau 900 watt sudah cukup buat apa dinaikkan, ntar seiring dengan dinaikan pelanggan menambah dengan alat elektronik lain seperti AC dll pln tidak siap emoticon-Hammer
0
21.3K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.