Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cyberrionAvatar border
TS
cyberrion
Pengendara Motor vs Pengendara Sepeda
Permisi gan, izinkanlah nubie ini untuk bertanya kepada agan2 kaskuser semua.

Begini gan, kemaren siang tepatnya jam 11.20 siang, nubie mengalami kecelakaan motor.
Begini kronologisnya gan:
11.20 siang nubie berboncengan dengan istri berangkat dari rumah menuju purwokerto. Nubie bawa motor santai gan, kira2 40km/jam 15 menit perjalanan, dari arah yg sama dalam jarak kurang dari 3 meter, secara tiba2 seorang bapak2 bersepeda onthel melambaikan tangan kanannya, beliau menoleh sedikit ke kanan, lalu langsung memotong jalan tanpa berhenti terlebih dahulu. Kejadiannya sangat cepat dan mendadak, tanpa sempat klakson, nubie langsung rem mendadak, namun naas, saat motor nubie berhenti, sepeda+pengendaranya tetap menabrak nubie. Saat tabrakan motor nubie tidak terjatuh gan, namun sepeda+pengendaranya roboh disamping motor nubie.Segera istri dan Nubie menolong si pengendara, membawa beliau ke bahu seberang jalan. Tidak ada luka serius, hanya saja beberapa lecet, nubie dan istri jg hanya mengalami lebam. Warga segera berdatangan, sempat terjadi adumulut antara nubie dengan warga, warga beranggapan bahwa nubie yg salah karena nubie datang dari arah belakang, sementara nubie beranggapan kalau bapak bersepeda tersebutlah yg salah karena memotong jalan tidak hati2. Cukup lama adumulut, akhirnya nubie mengantar bapak tersebut ke rumahnya didampingi beberapa orang warga. Sesampainya dirumah bapak tersebut, intinya mereka minta nubie tanggungjawab tanpa melihat kronologis kejadiannya. Akhirnya dengan sedikit kesal, nubie mengeluarkan uang 100rb dan beranjak pamit dari rumah bapak bersepeda tersebut.
Disini nubie ingin bertanya gan, mungkin ada agan2 yg bijak bisa bantu meluruskan, menjelaskan, ataupun memberikan wejangan terhadap nubie.
Pertanyaan nubie,
1. Berdasarkan kronologis diatas, apakah menurut agan2 semua, kecelakaan itu terjadi karena kesalahan nubie yg membawa motor?
2. Apakah benar bahwa jika terjadi kecelakaan (dalam kasus ini antara motor vs sepeda) yg disalahkan adalah yg besar(motor), sebab saat adumulut dengan warga, mereka ngotot dengan pemikiran demikian?
3. Apakah benar bahwa dalam setiap kecelakaan satu arah, yg bersalah adalah kendaraan yg dari arah belakang?
4. Seandainya, saat itu nubie lapor polisi, secara hukum, pihak mana yang lebih kuat berdasarkan hukum?saat kejadian, ada pengendara motor dibelakang nubie yang menyaksikan bahwasanya pengendara sepeda mendadak belok kanan memotong jalan dari bahu jalan tanpa berhenti hingga akhirnya menabrak motor nubie dan terjadilah kecelakaan di tengah jalan(beberapa cm dari marka pembatas jalan)

Mohon agan2 sekalian berkenan menjawab pertanyaan nubie. Disini nubie bukan ingin memperpanjang masalah, ataupun ingin pembenaran, nubie hanya ingin kejelasan, meskipun jujur nubie merasa sangat tidak adil dalam kasus ini.
Diubah oleh cyberrion 25-10-2015 10:31
0
1.5K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Melek Hukum
Melek Hukum
7.6KThread2.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.