Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Film Malam satu suro : ciri khas perfilman Indonesia, culture, dan sundel bolong.

daen09Avatar border
TS
daen09
Film Malam satu suro : ciri khas perfilman Indonesia, culture, dan sundel bolong.

Pengantar

“malam ini
sunyi sepi
kau terlena
dalam mimpi

kau tersenyum
kedamaian
menikmati
cinta kita…..”

Lyric diatas merupakan penggalan dari lagu yang berjudul malam ini oleh vina panduwinata dan merupakan OST dari film satu suro yang dibuat tahun 1988 dan di bintangi artis legenda Indonesia alm. SUZANA. teman- teman pasti sudah bisa menebak equation Suzana + satu suro = film horror , yos benar sekali film ini bergenre horror romantis.

Kenapa kok bisa romantis dan horror, well singkat cerita ada seorang penduduk local yang menaklukan sundel bolong agar jadi anaknya. Dengan pasak sakti si penduduk jadilah si sundel bolong gadis cantik dan menawan yaitu Suzana, siapa sih yang tidak tertarik pada paras ayunya suzana, seorang rabbit hunterpun yang sedang mencari kelinci di dekat rumahnya suzana bertemu dengan doi, dan timbullah cinta pertama, ngebet nikah, dinikahkan dimalam satu suro, esek esek punya anak dan hidup tajir( enak banget hidup di film) . Akhirnya karena persaingan usaha ada pihak yang cemburu dicarilah orang pintar, dan dukun ini tau siapa suzana sebenarnya.

capek ane cerita, baca sendirinya diwikipedia atau toton langsung di youtube.hahahaha



Saya ingin membahas film ini dari sisi content yang mana saya merasakaan sutradara Indonesia dari jaman sebelum ada hp (80an) sampek jaman android (sekarang) masih tetap konsisten dengan pakem-pakem film horror.

Well kalo ditayak apa perbedaan antara film horror tahun 80an dengan sekarang yang berbeda tiga antara lain kualitas gambar, kualitas suara, dan adegan syur yang tambah banyak.

Ciri khas film horror Indonesia
Kalo ada soal test CPNS tentang sebutkan ciri khas film horror Indonesia, ane pasti jawab:
1. Harus seram
Pastilah difilim malam satu suro keseraman muncul dari penokohan suzana sebagai sundel bolong, make-up, serta effect suara yang teman-teman sekalian tahu belum pernah berubah sampai film horror sekarang.
Sungguh snagat konsisten teman-teman di perfileman ini.

2. Harus ada adegan lucunya
Film horror suzana tak lepas dari kehadiran Alm. BOKIR, siapa itu bokir? Check Wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Bokir
Salah satu dialog Bokir dengan suzana di film malam satu syuro.
Bokir : “ngomong ngomong adek siapa namanya?”
Suzana : “Sun”
Bokir : “ Sundari?”
Suzana : “Bukan”
Dilanjutkan dengan konser bokir di “kuburan” tapi rame banget karena bokir lagi nyanyi lagu dengan judul tembok derita.
Jangan lupa di beberapa film horror suzana ada abang abang kaki lima yang tidak beruntung semisal abang abang jualan krupuk, sate dan bakpao, semua di kerjaan sama suzana.
Ane gagal paham kenapa adegan adegan ini dimasukkan dalam film.

3. Harus ada adegan syur
Syukur Alhamdulillah di film ini tidak ada adegan syur, namun perlu di catat adegan syur perfilman Indonesia sudah terjadi dari jaman dahulu.

4. Harus ada tokoh agama
Adegan terakhir dari film ini adalah adegan dikuburan pada malam jumat kliwon, untuk melihat si sundel bolong membunuh satu persatu orang yang merusah hidupnya, yang saya bingungkan kenapa harus ada tokoh agama?
Culture
Judul diatas diambil dari budaya masyarakat khusunya pulau jawa, yang sangat mesakralkan malam malam 1 syuro dan malam jumat kliwon? Kenapa dua malam sepesial ini di angkat dalam film sayapun kurang tau, saya pribadi sangat mengapresiasi judul judul yang berasal dari nilai budaya.
Judul-judul film horror akhir akhir ini mengangkat cerita cerita masyarakata yang lagi booming di Jakarta, padahal kalo mau meneliti lebih jauh tentang culture masyarakat Indonesia yang sangat sangat lekat dengan tahayul niscaya pare film maker akan mendapatkan segudang ode, tinggal trik untuk mengemas film menjadi lebih menarik.

Sundel bolong
• Sundel bolong Wikipedia
Sundel bolong adalah mitos hantu dari nusantara yang umumnya digambarkan sebagaiwanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang warna putih yang bolong ("berlubang tembus") di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat.
• Sundel bolong di film malam satu suro
sundel bolong difil ini sangat fesionable , knpa? baju tetep putih kelimis panjang, pake dot banyi, pake bando besar, sundel bolongnya dapat gendong bayi, wew banyak deh, free stayle banget. tapi tidak terlepas punggung bolong, hohohoh

• Hal romantis
sundel bolong di film ini dapet maen piano, nyanyi,buat karangan bunga, dan lebih mengagetkan lagi dapat menggali kubur anaknya.emoticon-Takut (S)

Kata mutiara dari film
beberapa kata mutiara di film ini :
1. "sabar nak bando semua musibah yang menimpa diri kita ini ujian tuhan, agar kita tabah menjalani hidup " kata emaknya suzana di film
2. mas jaga anak kita baik baik , leo jangan nakal nya sanyang, mama akan menemani adek pretty , semoga leo menjadi anak berguna bagi bangsa agama dan negara kata suzana versi sundel bolong.



Sekian tread saya, kalo berkenan bagi-bagi cara buat tread yang baik dan benar, terimakasih.emoticon-I Love Kaskus (S)
0
5.6K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.