Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Debat dan Singgungan yang tidak Perlu Disampaikan dalam Kehidupan Sehari-hari

fahmiramdhanAvatar border
TS
fahmiramdhan
Debat dan Singgungan yang tidak Perlu Disampaikan dalam Kehidupan Sehari-hari
Bismillah, postingan pertama ane semenjak setaun lebih jadi silent reader emoticon-Hammer (S) mohon bantuannya ya para agan sista sekalian emoticon-Malu (S)
Gini nih gan/sis sekalian, di sekitar ane itu banyak banget kejadian kecil yang diperdebatkan sama orang-orang disekitar ane. Dan menurut ane, hal yang mereka perdebatkan itu adalah hal yang konyol misalnya aja ketuker pulpen emoticon-No Hope
Nah kali ini ane mau bahas soal debat yang gak perlu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kita

Debat dan Singgungan yang tidak Perlu Disampaikan dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Debat itu memilik arti "pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing". Dalam artinya aja udah "Mempertahankan pendapat masing-masing" mungkin agan sista sekalian juga ingin mempertahankan pendapat, tapi pengalaman ane debat itu di akhiri dengan permusuhan. Maklum masih anak muda emoticon-Ngakak (S)

Sedangkan Singgung itu artinya "Bersangkut paut/ada hubungannya" jadi ya begitulah, mungkin agan sista sekalian bisa menjabarkannya dengan kata-kata sendiri emoticon-Ngakak (S)

1. AGAMA
Menurut ane, debat soal agama emang bisa dibilang gak akan ada abisnya gan, apalagi kalo kita debat sama agama lain. Pasti kita bakalan membanggakan atau membela agama kita sendiri. Jelas kan setiap agama itu punya Tuhan masing-masing, dan hak mereka buat memeluk/mempercayai agama tersebut. Ingat gan, Bhinneka Tunggal Ika emoticon-Salaman Jadi saran ane, ketika ada dua orang yang berdebat soal agama, lebih baik untuk ikut perdebatan itu gan. Meski mereka beragama yang sama atau beda. Ada baiknya, kalo kita lebih baik diam dan ikut berpikir gimana caranya memisahkan mereka yang lagi debat tanpa harus menggunakan cara yang "keras".

2. RAS/SUKU
Debat soal ras atau suku juga bisa buat perpecahan gan. Contohnya aja di sekolah ane di daerah Jawa Barat, ada 6 siswa pindahan dari papua. Dan pada saat mereka datang, mereka dikenalkan pas upacara hari senin. Dan reaksi orang-orang disekitar ane langsung "Woi sodara lu tuh!" dan segelintir kata-kata yang cukup menghina gan. Sekarang gini aja, gimana kalo kita yang pindah dari daerah kita ke provinsi lain, pasti kita kesepian di awal kan? Kita pasti ngerasa terasingkan, ga ada temen. Intinya adalah, hargai mereka yang berbeda dari kita. Seperti kata ane tadi, ingat gan, Bhinneka Tunggal Ika emoticon-Salaman

3. STATUS
Yang ane maksud disini adalah status apakah menikah/berpacaran/jomblo. Emang sih gan, status itu sering dijadiin joke dan subjek yang dijadikan joke nya itu tidak merasa keberatan. Namun alangkah baiknya apabila kita mengingat diri gan, ingat bahwa kita pernah jomblo. Dan jangan sampai joke itu jadi perdebatan dan membuat kita bermusuhan dengan mereka yang kita jadikan bahan lelucon. Tapi tetap, ane tidak menyarankan untuk menyinggung orang lain soal status hubungan.
Ada juga yang sempat menyinggung soal status keluarga, misalnya soal anak yatim atau piatu atau yatim piatu. Untuk soal status di keluarga, sangat tidak disarankan untuk menyinggung atau bahkan sampe beradu argumen gan. Karena ya, keluarga adalah satu-satunya lingkungan yang menurut ane paling pribadi.

4. HOBI/MINAT (masih boleh lah)
Wah ini adalah kategori yang paling sering ane perdebatkan dulu gan. Terutama soal selera musik, dulu di jaman ane SMP ane suka sama musik rock, sedangkan pacar ane dulu suka sama Justin Bieber. Waduh debat soal selera musik itu sampe ngerusak hubungan ane sama dia gan emoticon-Berduka (S) maklum lah emang masih ingusan sih gan emoticon-Malu Sekarang juga lagi musimnya anak anak muda nonton anime bajakan gan, ada otaku, wibu dan lain-lain gan dan mereka sering berdebat di Facebook yang memperdebatkan hal-hal kecil emoticon-Ngakak (S) ya mungkin ada sebagian orang sudah meyinggung sesuatu yang mereka (pecinta anime) sukai. Entah itu genre anime, atau karakter animenya bahkan rating anime nya pun sempat diperdebatkan.
Untuk kategori hobi/minat masih boleh dan bisa lah diperdebatkan tapi jangan sampe adu jotos di dunia nyata emoticon-Hammer (S)

5. NILAI SEKOLAH
Kategori yang sering ane alamin saat ini emoticon-Cape d... (S) tolong bagi agan-sista yang punya nilai bagus di sekolah untuk bersikap bijak dengan tidak menyinggung mereka yang nilainya dibawah agan-sista sekalian. Karena disinggung soal nilai itu sangat menyakitkan bagi ane pribadi emoticon-Mad (S) Pernah suatu kejadian ane disinggung soal nilai sama guru ane sendiri, padahal ada yang nilainya lebih kecil dari ane, tapi ane masih saja disinggung. Entah apa yang membuat guru itu menyinggung ane, tadinya bahkan mau adu argumen tapi ane berubah pikiran emoticon-Mad (S) dan hingga sekarang, guru itu masih beraura negatif di mata ane emoticon-Mad (S) Mungkin niat guru itu baik, yaitu untuk memotivasi ane supaya lebih rajin belajar, namun ane hanya menerima kata-kata yang tidak menyenangkan selama beliau menyinggung ane

6. BAKAT
Jangan singgung seseorang soal bakatnya. Siapa tau dia lebih berbakat dari agan/sista sekalian. Banyak orang yang memiliki bakat tersembunyi, misalnya ada seorang anak muda yang penampilannya biasa-biasa aja, nilainya juga rata-rata, tapi dia anak orang kaya yang lebih kaya dari kita. Kan kalo kita menyinggung dia, kita sendiri yang malu emoticon-Ngakak (S) Maaf, jadi anak orang kaya itu bukan bakat hehe maaf cuma joke sedikit emoticon-Malu (S)

7. PEKERJAAN
Entahlah, mungkin berdebat soal pekerjaan itu mungkin sangat merepotkan. Apalagi ketika kita mengerjakan sesuatu yang menurut kita sudah benar, tapi saat kita menyerahkan pekerjaan itu, perkerjaan itu malah dikembalikan dan harus di revisi. Lalu berdebatlah kita dengan atasan. Alangkah baiknya ketika kita melakukan apapun sesuai perintah agar tidak harus berdebat dengan atasan. Karena itu akan merepotkan dan menambah masalah anda emoticon-Cape d... (S)

Intinya adalah : Debat itu boleh dilakukan, tapi ingat bahwa kita semua punya jalan pikiran masing-masing. "Saya ya saya, anda ya anda. Ini pilihan saya, dan itu pilihan anda, mari kita saling menghargai pilihan" Itulah kata-kata pamungkas yang ane gunakan untuk menghindari debat emoticon-Ngakak (S) Ingat gan, jadikanlah perbedaan itu sesuatu yang indah emoticon-Salaman Dan untuk singgung menyinggung, cukup ingat batasan emoticon-Shakehand2
Untuk saran, mari kita hindari debat karena pengalaman ane, kalah debat itu malu emoticon-Malu (S) apalagi sama si doi emoticon-Malu (S)
dan ingat ya agan sista sekalian, ane tidak pernah menyarankan agan/sista sekalian untukk memulai debat atau menyinggung orang lain. Jika diatas ada kata-kata yang mengajak untuk memulai debat atau mengajak untuk menyinggung orang lain, itu hanya joke. Joke emoticon-Malu (S)

Mungkin sekian Posting pertama ane ini. Dimaafkan apabila ada kata yang tajam menusuk hati agan sista sekalian. Boleh menambahkan/menceritakan perdebatan yang pernah agan sista alamin di kehidupan sehari-hari.
Terima kasih sudah mampir emoticon-Cendol (S) emoticon-Sundul Gan (S)
0
2.3K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.