andry..Avatar border
TS
andry..
Presiden Jokowi Targetkan 2 Minggu Kabut Asap Beres !!


foto istimewa Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo menargetkan penanganan kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan tidak lebih dari dua Minggu.

Apalagi saat ini negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan lain sebagainya juga turut andil untuk memberikan bantuan dengan mengirimkan pesawat untuk menjinakkan kebakaran yang terjadi.

"Presiden memerintahkan untuk selesai dalam dua Minggu, kita dengan segala ikhtiar kita, operasi darat, udara, penegakan hukum, sosialisasi kita lakukan ya kita sih berharap makin cepat makin baik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Istana, Jakarta, Senin (12/10).

Sutopo menjelaskan, jika dilihat jumlah titik api terjadi penurunan dibandingkan hari sebelumnya.

Tetapi kalau melihat kabut asap makin meluas, baik di Sumatera dan Kalimantan.

Menurut Sutopo, komitmen dari enam negara seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Rusia, Tiongkok dan Korea telah mengirimkan pesawat atau helikopter. Malaysia memberi bantuan satu pesawat bombardir dan telah tiba sejak hari Jumat dan akan beroperasi efektif selama 5 hari.

Sedangkan Singapura mengirimkan satu heli Chinox sejak hari Sabtu dan diperkirakan hanya beroperasi 13 hari. Bahkan mereka sudah ikut aktif melakukan pemadaman bersama tim Indonesia.

Kemudian, lanjut dia, dari pihak Australia, rencana akan mengirimkan satu pesawat L100 sekelas hercules yang dinamakan Torn Taterbombing, kapasitasnya 15 ribu liter, dan diperkirakan akan tiba di Palembang pada hari Rabu.

"Bantuan dari pemerintah Australia hanya berlangsung 5 hari karena di New South Wales juga sedang terbakar, jadi pesawat ini akan dikerahkan di Australia," jelasnya.

Sedangkan dari Jepang, kata Sutopo, tidak akan memberikan bantuan heli atau pesawat.

Melainkan memberikan bantuan berupa bahan kimia untuk pemadaman api. Sampai saat ini masih berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan BNPB.

"Kita dari BNPB juga minta agar ada orang yang bisa menjelaskan prosedur penggunaannya dan hal-hal yang sifatnya teknis. Dari Rusia, Cina, Korea sampai sekarang belum ada update terkini dan masih ditangani Kemenlu," terang Sutopo.

Semua bantuan asing ini, kata Sutopo, akan di bawah kendali BNPB. Sedangkan untuk operasional di bawah kendali Danlanud Palembang.

"Total saat ini ada 11 helikopter dan pesawat Sumsel jadi nanti kalau ada bantuan internasional semuanya, semuanya akan dipusatkan di Sumsel, khususnya di OKI dan Musi Banyuasin," tandasnya.


http://m.merdeka.com/peristiwa/banya...sap-beres.html

mantapbetul jokowi... emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh andry.. 12-10-2015 06:46
0
3.5K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.