Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jokoandoro1234Avatar border
TS
jokoandoro1234
Heboh Foto KH Hasyim Asy'ari Tanpa Jenggot, Ini Kata PBNU
Heboh Foto KH Hasyim Asy'ari Tanpa Jenggot, Ini Kata PBNU

Ada yang tercecer dari rangkaian deklarasi Hari Santri Nasional di Tugu Proklamasi, Kamis kemarin. Media sosial diramaikan dengan foto KH Hasyim Asy'ari yang tidak berjenggot terpajang dalam acara tersebut.

Cukup unik mengingat sebagian besar foto pendiri Nahdlatul Ulama (NU) tersebut bila di-search di mesin pencari di Internet berjenggot putih. Tapi mengapa dalam deklarasi kemarin fotonya tampak mulus, sama sekali tidak tampak jenggotnya?

"Setahu saya ada jenggotnya. Tidak terlalu memperhatikan, tapi kayaknya ada," ujar Katib Aam Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Malik Madani saat berbincang dengan detikcom, Jumat (23/10/2015).

"Masalah foto harus kembalikan ke kenyataan sebenarnya. Kalau beliau sebenarnya pakai jenggot ya kembalikan seperti itu. Jadi tidak ada masalah dengan agama, kembalikan saja ke titah yang sebenarnya," sambung Malik yang ikut hadir pula dalam acara kemarin.

Meski demikian, Malik Madani enggan mempermasalahkan ada atau tidaknya jenggot pada foto Hasyim Asy'ari. Dia juga menyarankan agar publik tidak larut dalam kegaduhan karena jenggot tidak memiliki kaitan apa-apa dengan agama seseorang.

"Ada dua sikap yang berlebihan, menganggap jengot ukuran kesalehan agama dan sebaliknya juga ada yang anggap simbol kebodohan. Silakan berjenggot atau tidak, tidak masalah. Itu pilihan saja bukan sesuatu yang prinsipil," urai dia.

"Jangan ribut-ribut masalah yang tidak prinsip dan substansi. Bangsa ini jadi gaduh terus. Waktu dan tenaga habis terkuras," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Hari Santri Nasional jatuh pada 22 Oktober. Sebelum dideklarasikan oleh presiden, para santri dan tokoh agama dari Nahdlatul Ulama (NU) berkumpul bersama di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat,

Hadir dalam acara itu Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Ketua MUI Ma'ruf Amin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo serta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Foto Hasyim Asy'ari terletak tepat depan naskah proklamasi yang berada di samping mimbar.

Sumber

Yang salah paniitianya tuh



Blog Ali Ridho, Carlo-ancelotti.blogspot.com
Diubah oleh jokoandoro1234 23-10-2015 22:07
0
5K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.