bakacioAvatar border
TS
bakacio
Demokrat: Jokowi, Stop Cari Kambing Hitam
RMOL. Partai Demokrat mengakui bahwa pelambatan ekonomi bisa terjadi, seperti juga pernah dirasakan Susilo Bambang Yudhoyono saat memimpin negeri ini selama dua periode.

Namun, Pemerintahan Jokowi-JK diingatkan untuk mencari kambing hitam ketika menghadapinya.

"Evaluasi dari Partai Demokrat yang paling penting, Presiden Jokowi berhenti untuk mencari-cari kambing hitam atas persoalan ekonomi," ujar Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan saat membacakan evaluasi, pandangan serta rekomendasi Partai Demokrat di Wisma Proklamasi 41, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (22/10).

Menurutnya, pengakuan terbuka dan sense of crisis dari pemimpin negara dan pemerintah amat diperlukan. "Karena dengan demikian langkah-langkah yang diambil pasti," tegasnya.

Hinca menjelaskan permasalahan utama yang dihadapi tentu bukan hanya nilai tukar rupiah yang melemah tajam, tetapi berkaitan kepada fundamental dan isu ekonomi yang lain.

Paling tidak, lanjut Hinca ada tujuh hal yang harus dikelola dan diatasi pemerintah kedepan seperti pertumbuhan yang melambat, stabilitas yang menggangu, meningkatnya penganguran, melemahnya angka kemiskinan serta menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat dan pelaku dunia usaha.

"Beberapa kali Partai Demokrat memberikan rekomendasi kepada Presiden Jokowi agar benar-benar menyentuh tujuh hal tersebut. Yang diharapkan oleh rakyat bukanlah tentang dikeluarkannya paket-paket kebijakan itu, meskipun itu penting. Tetapi hasil nyata yang dicapai sehingga keadaan ekonomi yang dirasakan rakyat memang menjadi lebih baik," ucap Hinca.

Lebih lanjut Hinca menjelaskan, dalam mengatasi persoalan ekonomi, tugas utama pemerintah setahun mendatang adalah memulihkan ekonomi nasional. Salah satunya dengan mengambil pelajaran dari kekeliruan menghitung perkiraan penerimaan pajak dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Jika ekonomi memburuk maka masyarakat golongan ekonomi lemah-lah yang paling terka dampaknya. Pemerintah perlu memberikan bantuan yang nyata agar daya beli masuarakat dapat ditingkatkan kembali," tutup Hinca. [zul]

http://m.rmol.co/news.php?id=221805

Susah, kalo gak cari kambing hitam maka jokowi harus akuin dia bodoh dong..
0
861
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.