Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Praktekkan Cara Ini Sekarang Juga Untuk Memulai Bisnis Percetakan Agan Sendiri

elmsleyAvatar border
TS
elmsley
Praktekkan Cara Ini Sekarang Juga Untuk Memulai Bisnis Percetakan Agan Sendiri
Metode yang terbukti proven yang membuat agan bisa mendapatkan penghasilan tambahan mulai hari ini juga!
99% SHARE, Bukan Jualan Produk, File Pendukung Bisa Agan Download GRATIS.


Kenapa memilih bisnis percetakan?
Yang pertama, pangsa pasarnya sangat luas. Agan bisa temukan dimanapun agan berada pasti menemukan barang cetakan. Di mall, pasar, sekolah dan tempat-tempat umum lainnya. Karena itu masih sangat besar peluang kita untuk bisa mendapatkan keuntungan di bisnis percetakan.

Yang Kedua, Mudah. Jangan berpikiran bahwa memulai usaha percetakan itu susah, dengan alasan tidak punya modal, harus menyewa tempat usaha, harus punya karyawan dll. Sebentar lagi masalah ini akan kita bahas dan selesaikan.

Yang Ketiga, Modal Kecil Untung Besar. Seperti yang ane sebutkan diatas bahwa usaha ini tidak membutuhkan modal besar bahkan bisa tanpa modal. Ane gak ngomongin bisnis besar seperti properti yang katanya tanpa modal tapi susah menerapkannya. Tapi ane akan membahas cara yang nyata, yang mudah untuk dipraktekkan bahkan oleh seorang yang sama sekali gak ngerti percetakan.

Sesuai judul lapaknya, Agan akan bisa memulai bisnis percetakan agan mulai hari ini juga.
Dengan cara ini agan akan bisa :
- Langsung jadi bos untuk bisnis agan sendiri emoticon-Ngakak (S). Ane serius gan, Alm. Bob Sadino bilang "Setinggi apapun jabatan anda, anda tetaplah seorang pegawai. Sekecil apapun bisnis anda, anda adalah bosnya"

- Mampu mendapatkan penghasilan ratusan bahkan jutaan rupiah perbulan hanya dari ilmu yang dibagikan gratis.

- Dengan berbisnis sendiri otomatis punya lebih banyak waktu untuk keluarga.

Oke, ane mulai ke materi inti kita.
Ane bagi kedalam bebrapa tahapan supaya tidak bingung bacanya.
Pada seri panduan pertama ini, yang ane bahas adalah bagaimana membuat brosur satu warna dari kertas HVS.
Brosur ini biasa digunakan pada promosi kredit motor, usaha kecil, seminar, dll.

Ini Pict Brosur Satu Warna, Kebayang kan?


- Pertama -
Tugas agan adalah mencari sentra percetakan yang ada di kota agan. Sentra percetakan adalah tempat dimana semua pelaku usaha percetakan berkumpul. Agan bisa dapatkan info ini dari internet atau mencarinya langsung dikota agan. Ciri-cirinya adalah tempat ini hampir semua orang bisnisnya percetakan, gak ada yang laen.
Kalo sudah ketemu, selamat agan bisa mulai berbisnis sekarang.

- Kedua -
Kalau mau praktek silahkan buat barang cetakan untuk agan terlebih dahulu. Selain bisa dijadikan contoh agan bisa praktek dan melihat hasilnya dulu sebelum menjual ke orang lain.

- Ketiga -
Cari orderan, ini kuncinya. Kalo agan cuma duduk diam dirumah pasti gak akan ada orderan datang.
Setinggi apapun ilmunya kalo gak dipraktekkan gak akan ada hasil. Saya asumsikan agan sudah dapat orderan dari teman, keluarga atau tetangga. Tinggal tahap pengerjaannya, akan kita bahas di tahap berikutnya.

- Tahap Pengerjaan -

Sebelum melanjutkan bagi agan yang mau download check list langkah-langkahnya lengkap dengan dialog ke penyedia jasa silahkan di download dibawah ini (hanya beberapa KB, gak akan makan bandwith).


Pertama agan tentukan dulu ukuran dari yang akan dicetak.
Contoh kasus, ada seorang guru yang ingin membuat brosur untuk penerimaan siswa baru sebanyak 1000 lembar dengan ukuran setengah dari kertas A4 atau ukurannya jadi A5.
untuk kertas A4, Quarto, dan Folio pembelian minimal ny 1 RIM (500 lembar) Jadi, untuk membuat 1000 lembar ukuran A5 cukup beli satu RIM saja karena 500 kalo dipotong jadi dua akan jadi 1000 lembar.
Kasus lain, jika dia memesan 1000 lembar ukuran A4, anda harus beli 2 RIM dan seterusnya.

Kedua, Setelah ukurannya sudah tau, pergi ke sentra percetakan dan cari toko kertas atau bisa juga toko kertas yang terdekat. Karena kita cuma mau beli kertas HVS, pasti banyak yang jual.

Ketiga, Setelah kertasnya dibeli titipkan dulu di toko kertas dan agan mulai membuat settingan, cari toko yang menyediakan jasa setting. Tanyakan ke toko kertas dimana tempat setting (tapi kalau anda beli kertasnya di sentra ya gan, kalau beli di tempat yang bukan di sentra mereka pasti gak tau apa itu setting). Bilang ketukang setting "saya mau buat setting untuk mesin toko/mesin folio, mau dicetak satu warna aja, ini contohnya" sambil anda memperlihatkan contohnya. Anggap setting sudah jadi.

Keempat, Settingan sudah jadi dan sudah ada di flashdisk agan. Sekarang buat PLAT, agan tanya ke tukang setting dimana tempat yang menyediakan jasa CTP (Computer To Plate). Setelah ketemu tempatnya, cetak plat dari settingan yang dibuat sebelumnya. Bilang mau buat PLAT Stainless untuk mesin toko/mesin folio. Terkadang tempat membuat setting langsung menyediakan jasa pembuatan PLAT. Plat sebetulnya ada beberapa macam, yang pertama berbahas kertas tebal dan yang kedua berbahan stainless. Ane lebih recomen yang stailess.

Gambar Plat Cetak


Kelima, PLAT sudah jadi dan siap dicetak. Sekarang cari toko yang menyediakan mesin toko/ mesin folio. Sekali lagi anda harus tanya ke yang membuat PLAT dimana tempat mencetaknya. Pasti dia mau kasih tau.
Setelah dapat tempatnya, berikan kertas yang sudah dibeli di awal dan juga PLAT cetaknya. Cukup 2 benda ini saya yang diberikan ke pemilik mesin toko/mesin folio. Cetakan anda biasannya akan jadi pada hari berikutnya, tanyakan saja kapan selesai.

Gambar Mesin Toko


Keenam, Cetakan anda sudah selesai dan tinggal dipotong jika diperlukan. Penyedia mesin potong biasanya ad di toko kertas. Kalo bingung tannya ke tukan cetak dimana tempat memotongnya.

Sampai disini cetakan agan sudah selesai dan siap diserahkan ke konsumen.

Nah, diatas kita sudah membahas tentang tahapannya. Sekarang menghitung modal yang digunakan dan berapa harga jualnya.

Biaya Produksi,
Beli kertas 1 RIM Rp. 31.000,-/RIM
Buat Setting Rp. 10.000,-
Buat Plat Stainless Rp. 10.000,-
Cetak Mesin Toko Rp. 9.000/RIM (ane gak salah tulis, emang murah bgt)
Potong Rp. 5.000/RIM
Total Modal Rp. 60.000/RIM
Harga Jual Rp. 120.000/RIM, atau agan mau jual lebih murah untuk memancing konsumen gakpapa.

Dari sini bisa kita lihat bahwa keuntungannya sekitar 100%, logikanya kalo agan minta DP 50% berarti agan sudah bisa bisnis gak pake modal.

NB : Harga di tiap kota mungkin beda ya gan, ini harga dasar di kota ane.

Bagi agan yang mau download check list langkah-langkahnya lengkap dengan dialog ke penyedia jasa silahkan di download dibawah ini (hanya beberapa KB, gak akan makan bandwith).


Jika bingung post komeng ya gan. Nanti ane bantu.
Silahkan dipraktekkan, yang sudah berhasil posting testimoninya, nanti ane masukkin page one. Biar yang lain semangat buat praktek.
Diubah oleh elmsley 20-08-2015 00:52
0
11.4K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.