Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tetek.nya.gedeAvatar border
TS
tetek.nya.gede
Hary Tanoe: Perekonomian Jokowi-JK dalam Setahun Kurang Cepat
Hary Tanoe: Perekonomian Jokowi-JK dalam Setahun Kurang Cepat



JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo menilai bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berjalan lambat, khususnya di sektor ekonomi.

"Bagaimana saya memandang perekonomian dalam setahun Jokowi-JK ini kurang cepat," kata Hary Tanoe, seusai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (19/10/2015).

Hary menyebutkan bahwa kesenjangan sosial yang masih tinggi merupakan salah satu masalah utama yang mendera bangsa Indonesia. Menurut Hary, kesenjangan sosial tetap hidup karena pemerintah mengutamakan proyek-proyek besar yang dinilainya lebih menyasar masyarakat menengah ke atas.

"Masyarakat menengah ke bawah kecipratan, tetapi lebih kecil. Nah kita harus ingat, sebelum kita mengalami penurunan ekonomi seperti ini, masalah bangsa kita adalah kesenjangan sosial," ucap Hary.

Menyentuh masyarakat bawah

Ia juga menilai bahwa nilai-nilai kapitalisme atau pasar bebas belum cocok diterapkan di Indonesia. Terlebih, kesejahteraan hidup belum menyentuh masyarakat menengah ke bawah.

Atas dasar itu, Hary menilai bahwa pemerintah perlu fokus menggagas program yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat menengah ke bawah. Dengan demikian, pertumbuhan di kalangan masyarakat menengah ke bawah diharapkan bisa lebih cepat dibandingkan dengan lapisan menengah ke atas.

"Artinya pemerintah harus fokus programnya yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat ini. Bagaimana mereka dapat akses modal dengan cepat, murah, bagaimana mereka diberikan pelatihan, terampil karena banyak dari mereka yang pendidikannya kurang, bagaimana mereka dilindungi, jangan diadu di pasar bebas karena pasti kegilas," tutur Hary.

SUMUR
0
2.7K
63
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.