Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bebek_loncatAvatar border
TS
bebek_loncat
[D.I.Y.] Swirly Bokeh Lens Mur Mer (Amazing Portrait Lens)
Mungkin sebagian dari agan pernah dengar tentang apa itu "swirly bokeh", tapi mungkin juga sebagian dari agan baru pertama kali mendengar apa itu swirly bokeh. Ane awali dengan penjelasan singkat tentang apa itu "swirly bokeh". (*Bagi agan yang mau langsung tau gimana cara DIY Swirly Bokeh bisa skip langsung ke post #2)

Quote:


Sekarang pertanyaan nya, bagaimana efek tersebut bisa dihasilkan? Apa yang mempengaruhi lensa sehingga bisa mendapatkan efek bokeh demikian? Untuk penjelasan ini sedikit teknikal dan apabila agan malas membacanya, bisa skip langsung ke poin berikutnya.

Quote:


Sekarang lensa apa saja yang bisa menghasilkan efek swirly bokeh? Cukup banyak lensa yang bisa menghasilkan efek swirly bokeh, namun didominasi oleh lensa lawas yang tidak memiliki fitur auto-focus. Cukup sulit untuk bisa mendapatkan lensa lawas yang dapat menghasilkan efek swirly bokeh, dan tentunya itu berarti agan harus merogoh kocek dan membeli lensa khusus untuk bisa memperoleh hasil demikian. Tapi, bagi agan yang berkantong tebal, dan uang bukan menjadi masalah, terdapat juga lensa baru (sebenernya re-make) yang khusus dibuat untuk efek swirly bokeh. Lensa semacam ini dibandrol cukup mahal, yang bilsa di rupiahkan dengan kurs dollar saat ini (Rp. 13,500 / USD) bisa mencapai 8 digit harganya (kisaran 10jt rupiah). Tapi bagi agan yang sekedar ingin tau, bisa simak jenis lensa di bawah ini yang mampu menghasilkan efek swirly bokeh:

Quote:


Terus gimana kalau budget terbatas, atau belum siap untuk berkomitmen beli lensa khusus dengan efek swirly bokeh? Tenang, kalau agan punya prime lens dengan bukaan besar seperti "nifty-fifty" (50mm f/1.8), dengan modal minimal (nyaris tanpa modal), agan tetap bisa mendapatkan efek swirly bokeh. Caranya silahkan disimak di post #2.
0
14.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
PhotographyKASKUS Official
14.2KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.