igotheartacheAvatar border
TS
igotheartache
PENIPUAN KARTU KREDIT BERKEDOK VOUCHER DISKON DAN HOTEL
Ane baru saja mengalami penipuan via kertu kredit berkedok Kupon Diskon.
Cerita ini aneshare agar agan/aganwati yang belum tertipu bisa aware, dan tidak menjadi korban selanjutnya.

Tepat jam istirhat kerja HP ane bunyi, dan layarnya menunjukkan nomor +62218091139, waktu gue angkat terdengarlah suara merdu dari seberang sana yang mengaku namannya Silvi. FYI, dia ngomong itu benar – benar kayak tele marketing yang udah expert, dia ngakunya dari Visa-Mastercard dan terjadilah percakapan sebagai berikut :

Silvi : ” Selamat siang, apa betul ini dengan mba Nin ” *disini ane mulai curiga, karena biasanya telepon resmi dari telemarketing / CS selalu memanggil dengan sebutan Ibu.*.

Ane : ” Iya betul ini darimana? ”

Silvi: ” Iya perkenalkan nama saya Silvi, sebelumnya saya mau tanya apa kartu kredit Mandiri saudara sudah sampai? ”

Ane : ” Oh iya udah ”

Silvi: ” Oh sudah yah, apakah sudah diinformasikan mengenai kartu pendamping Mandiri Credit? ”

Ane : ” Belum”

Silvi: ” iya jadi begini mba saya dari visa dan mastercard mau menginformasikan kalo kami memberikan kartu pendamping bagi pemegang kartu visa atau mastercard. Jadi kartu ini memiliki fasilitas dicount 20 – 45 % untuk setiap transaksi yang mba lakukan di berbagai merchant . Kemarin mba dikiriminnya Mandiri credit apa yah mba? ”

Ane : ” hmm Gold Card ”

Silvi: ” Oh ya jadi untuk mastercardnya mba dapat menikmati fasilitas diskon 20 % – 45% di merchant2 tertentu, dan voucher menginap gratis di hotel dan tiket penerbangan domestik one way. Limitnya berapa ya kalau boleh tau?udah digunain 50 %?”

Ane : “Limitnya X Juta , belom sama sekali kepake mba”

Silvi : “oh gitu yah, kok belum dipake sih mba? Kalau boleh tau kartu pendampingnya akan dikirim kemana ya?”

Ane : “Alamat rumah saya aja Mba”

Silvi : “Boleh dibantu nomor kartunya?”

Ane : “4173 XXXX XXXX ” *belum selesai ane ngomong dia udah sebutin 4 digit terakhir nomor kartunya. Dan membuat ane sempet berpikir jangan2 ini bukan penipuan*

Silvi : “Boleh dibantu tanggal kadaluarsanya?”

Ane : “Bulan 08 tahun 2020”

Silvi : “ Jadi kami ingin memberitahukan kalau kami juga memiliki penawaran free menginap di hotel manapun selama dua malam tapi hanya untuk 2 orang. Kalo mba mau berempat juga bisa, tapi yang gartis breakfast hanya 2 orang aja. Nah untuk kartu ini sendiri mba ga akan dikenakan annual fee, tapi akn ada deposit sebesar Rp. 2.700.000, tapi bisa dicicil selama 3, 6 atau 12 bulan, apabila mba tidak ingin memperpanjang kartunya, maka depositnya akan dikembalikan ke CC mba. ” *terdengar sangat menggiurkan *

Ane : “oh gitu ya”

Silvi: ” Bila memang akan digunakan, dalam 3 -4 hari sebelum menginap, mba konfirmasi ke nomor ini atau menghubungi nomer HP saya ya ” *mana ada Telemarketing kasih nomor HPnya*

Ane : “Oh mana nomornya?”

Silvi: ” Nanti setelah telepon ini berakhir saya miscall mba ”

Ane : “Ok”

Silvi: ” Bagaimana apakah mba Nin sudah jelas dengan penawaran kami? ”

Ane : “sudah”

Silvi: ” Kalau begitu kami ingin menyambungkan Mba dengan salah satu hotel partner kami dari Grand Hyatt Hotel Bali dengan Bapak Rico ”

Ane : “Oh maaf waktu istirahat saya sudah habis.” *langsung ane matiin telp karena semakin yakin ini penipuan*


Setelah ane matikan telpon mereka bolak balik miscall dengan nomor tadi. Ane reject dan tidak berapa lama ada miscall dari nomor S E N S O R82232366 yang mungkin adalah nomor Silvi tadi. Ane langsung khawatir karena data kartu kredit ane sudah ketauan mereka.Entah darimana, mereka mendapatkan data kartu kredit ane. Tapi katanya kalau kita punya kartu kredit atau pernah meminjam di bank, data kita bisa tersebar ke bank atau pihak lain. Ane buru-buru telp Call Center Mandiri di 14000 untuk menanyakan apakah ada transaksi terakhir dari kartu kredit ane dan ane langsung ditawarkan untuk melakukan pemblokiran kartu karena dirasa sudah tidak aman lagi.

Tips dari ane buat agan-/aganwati:
  • Jangan cepat tergiur dengan iming-iming gratisan, diskon gede.
  • Kalo ada telepon dari Bank, atau CC, atau darimanapun, dengerin dengan seksama supaya ga terkecoh. Telepon resmi dari Telemarketing atau CC biasanya manggil Pak / Bu.
  • Cek ke Call Center apakah ada transaksi terakhir dengan kartu kredit kita. Kalo memang kita merasa kartu kredit kita sudah tidak aman lagi, lakukan pemblokiran.


Semoga bermanfaat emoticon-Request
Diubah oleh igotheartache 21-04-2016 02:05
0
20.5K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.