Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ketek..basahAvatar border
TS
ketek..basah
Rupiah Menguat, Penjualan Elektronik di Glodok Sepi
Metrotvnews.com, Jakarta: Menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam sepekan terakhir tak berpengaruh terhadap harga jual barang elektronik di Pasar Glodok, Jakarta Pusat.

Selain harga jual yang belum turun, penjualan barang elektronik pun masih sepi pembeli. Sementara para penjual mengaku harga jual elektronik saat ini masih sama dengan harga jual saat dolar meroket.

Hal ini karena produk yang dijual saat ini, dibeli mereka saat harga mata uang dolar AS tinggi. Penjual pun semakin pusing karena penjualan masih sepi sehingga membuat omzet turun hingga lebih dari 50 persen.

Barang elektronik yang harganya turut meroket adalah barang-barang impor atau yang memiliki komponen impor tinggi seperti laptop, handphone, televisi, dan lain-lain.

Pada saat dolar AS meroket hingga hampir mencapai Rp15 ribu, harga barang elektronik seperti laptop, televisi, dan kebutuhan rumah tangga naik 10-15 persen. Sedangkan harga handphone merek luar negeri naik mencapai 30 persen.

Namun demikian, saat rupiah menguat seperti saat ini, harga masih tetap tinggi. Salah satu penjual handphone, Agus, mengaku saat kondisi nilai tukar rupiah fluktuatif, dia lebih memilih menjual produk produk dalam negeri yang harganya stabil dan tetap diminati pembeli.

Sementara Iyan dan Nova, mengatakan, dampak positif menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga belum dirasakan bagi pembeli. Pembeli mengaku sengaja datang untuk membeli alat elektronik di saat rupiah menguat, namun ternyata harga elektronik masih dijual dengan harga tinggi.

"Fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak mempengaruhi minat untuk membeli," ujar Aidi, saat ditemui di lokasi, Rabu (14/10/2015).

Para penjual dan pembeli pun berharap rupiah terus menguat dan stabil sehingga sehingga harga kembali normal sehingga tidak menyusahkan baik pembeli maupun penjual. (Bekti Pambudiningsih/MetroTV)


sumur
0
2.6K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.