Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wildlokzAvatar border
TS
wildlokz
[DETIKdotCOM Mulai Klenik]Membedah Tujuh Satrio Piningit, Prabowo atau Jokowi?
Jakarta - Kurun tahun 1135 sampai 1159 Prabu Jayabaya meramalkan; pada zaman keemasan Nusantara akan kedatangan Ratu Adil alias Satrio Piningit. Nubuat itu rupanya dikenang dan diyakini oleh sebagian masyarakat, bahkan sampai zaman modern seperti saat ini.

Mendiang Bung Karno pun pernah mengutip ramalan Jayabaya saat membacakan pledoi pada persidangan di Landraad, Bandung, Jawa Barat, pada 1930.

“Tuan-tuan Hakim, apakah sebabnya rakyat senantiasa percaya dan menunggu-nunggu datangnya “Ratu Adil”, apakah sebabnya sabda Prabu Jayabaya sampai hari ini masih terus menyalakan harapan rakyat ? Tak lain ialah karena hati rakyat yang menangis itu, tak habis-habisnya menunggu-nunggu, mengharap-harapkan datangnya pertolongan. Sebagaimana orang yang dalam kegelapan, tak berhenti-berhentinya menunggu-nunggu dan mengharap-harap “Kapan, kapankah Matahari terbit?” kata Sukarno dalam pledoi yang kemudian dikenal dengan Indonesia Menggugat itu.

Kemarin politisi senior Partai Golongan Karya Suhardiman tiba-tiba menyebut ciri-ciri satrio piningit ada pada sosok calon presiden PDIP, Joko Widodo (Jokowi). Politisi yang juga pendiri SOKSI ini yakin bahwa Jokowi, adalah sosok pemimpin yang akan meneruskan estafet kepemimpinan Indonesia.

"Yang pertama Satrio Kinunjoro, Satria yang keluar masuk penjara itu Pak Karno (Soekarno). Kedua Satrio Muktiwibowo itu Pak Harto (Soeharto), yang ketiga Satrio Piningit. Gambaran secara singkat Satrio Piningit itu orang yang kesandung, itu berarti dari lapisan bawah, bukan dari atas. Jikalau lihat sejarah, sementara yang kita jumpai orang kesandung, itu adalah Jokowi," kata Suhardiman di kediamannya di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (5/5/2014) kemarin.

Seperti apa persisnya ramalan Prabu Jayabaya yang pernah menjadi Raja di Kerajaan Kediri itu? Sejumlah pustaka menyebut bahwa secara berturut-turut Nusantara yang kini dikenal dengan Indonesia pada masa keemasannya akan dipimpin oleh tujuh satria piningit.

Tujuh satrio piningit itu adalah; Satria Kinunjara Murwo Kuncoro, Satria Mukti Wibowo Kesandung Kesampar, Satrio Jinumput Sumela Atur, Satria Lelono Tapa Ngrame, Satria Piningit Hamong Tuwuh, Satria Boyong Pambuka ning Gapura dan terakhir adalah Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu.

Setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, masyarakat kemudian mengaitkan ramalan tersebut dengan enam sosok presiden yang sudah memerintah. Presiden Sukarno misalnya disebut sebagai satria kinunjara murwo kuncoro, yang artinya sering keluar masuk penjara sebelum berkuasa.

Presiden Soeharto diklaim sebagai satria mukti wibowo kesandhung kesampar, maksudnya bergelimpang harta saat berkuasa, berwibawa namun akhirnya terguling dan dihujat. Habibie disebut sebagai satria jinumput sumelo atur, karena memimpin tanpa melalui proses pemilihan, dan hanya untuk mengisi kekosongan.

Abdurrahman Wahid disebut sebagai satria lelono tapa ngrame. Alasannya meski memiliki kelemahan fisik, namun saat berkeliling negara tetangga dapat meyakinkan dunia tentang keberadaan Indonesia.

Satria piningit hamong tuwuh disematkan kepada Megawati. Dia dianggap sebagai seorang ratu, putri Presiden Sukarno yang dipingit namun kemudian mendapatkan legitimasi luas karena dari keturunannya.

Susilo Bambang Yudhoyono disebut sebagai satria boyong pambukaning gapura. SBY dianggap sebagai presiden yang akan menjembatani Indonesia menuju zaman keemasan.

Sementara satria pinandhita sinisihan wahyu hingga kini belum terlihat. Yang jelas makna dari satria ini adalah satria yang berjiwa dan bersemangat religius kuat. Dua politisi yakni Prabowo Subianto dan Joko Widodo akan bersaing dalam pemilihan presiden dan wakil presiden pada 9 Juli mendatang.

Mungkinkah dua capres itu yang akan dipercaya sebagai satria pinandhita sinisihan wahyu?

http://news.detik.com/pemilu2014/rea...991101mainnews

Media Sekelas DETIKdotCOM Mulai Main Klenik emoticon-Big Grin emoticon-Cape d... (S)
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.9K
101
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.3KThread45.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.