Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

teitokukuroAvatar border
TS
teitokukuro
<< KEPRABON, DESA PARA PENGERAJIN >>
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)&lt;&lt; KEPRABON, DESA PARA PENGERAJIN &gt;&gt;emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)

Desa keprabon, dikenal sejak dulu sebagai desa pengerajin, berbagai macam home industri berbasis kerajinan tangan mulai dari alat alat rumah tangga hingga souvenir pernikahan dihasilkan disini. RW1 yang terdiri dari kauman dan karen keprabon memiliki sejarah yang panjang tentang keahlian menghasilkan kerajinan tangan bernilai tinggi yang diajarkan secara turun temurun dari generasi ke generasi.
Dahulu, karen dan kauman keprabon dikenal sebagai penghasil kerajinan tangan berbahan dasar tanduk sapi ataupun tanduk kerbau. Tanduk sapi dan tanduk kerbau tersebut kemudian diolah oleh tangan tangan kreatif sedemikian rupa menjadi gapit wayang, sisir , kipas serta berbagai macam kerajinan berkualitas tinggi. Kualitas tinggi yang menjadi jaminan menyebabkan banyak kota kota sekitar Klaten yang mencari kerajinan tangan dari desa keprabon.
Semenjak sulitnya mendapatkan bahan baku berupa tanduk sapi dan kerbau para pengerajin mencari alternatif lain sebagai pengganti bahan utama tersebut. Digunakanlah bambu sebagai alternatif pengganti tanduk sapi dan kerbau. Selain kuat, bambu juga mudah didapatkan disekitar desa dan jumlahnya melimpah, tidak seperti tanduk sapi dan kerbau yang lebih sulit didapatkan dan sering di supply dari luar daerah seperti sulawesi selatan.
Salah satu produk andalan Karen dan Kauman Keprabon adalah kipas serta dompet batik sebagai souvenir pernikahan. Pembuatan kipas dan dompet batik memberdayakan para pengerajin maupun buruh kerja lepas yang umumnya wanita. Pekerjaan sebagai pengerajin ini terkadang kalau orang jawa mengatakan nyambi dengan pekerjaan sebagai petani.
Berkat keuletan dan kegigihan para pengerajin Karen dan Kauman Keprabon, distribusi produk kerjainan home industri mereka sekarang tidak hanya disekitar jogja, Solo atau Klaten saja, namun juga kota kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta. Bahkan terkadang terdapat pesanan dari luar negri seperti dari negara tetangga Malaysia dan juga Brunei darussalam.


Spoiler for foto:


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh teitokukuro 03-09-2015 15:35
mamaproduktif
mamaproduktif memberi reputasi
1
3.2K
3
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Klaten
Klaten KASKUS Official
338Thread178Anggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.