Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zazaenalAvatar border
TS
zazaenal
Pernikahan sesama jenis di Boyolali
BOYOLALI – Setelah ada perayaan pernikahan sejenis di Ubud, Gianyar, Bali, beberapa waktu lalu, kini ada peristiwa serupa di Boyolali. Tepatnya di Dukuh Gegermoyo, Desa Cluntang, Kecamatan Musuk. Pasangan sesama jenis itu yakni Darino alias Ratu Airin Carla dan pasangannya Dumani, Sabtu (10/10), menggelar syukuran sebagai tanda jadi cinta mereka. Sejumlah teman pasangan itu dari wilayah eks karesidenan Surakarta hadir dalam acara yang dipusatkan di depan rumah Darino.

Dumani adalah warga Dukuh Manggung, Desa Sukorejo, di kecamatan yang sama. Warga setempat pun banyak yang datang. Mereka bukan nyumbang, melainkan hanya ingin melihat acara tersebut, terutama penasaran dengan Dumani. Dari pantauan Suara Merdeka, acara tersebut layaknya mantenan adat Jawa. Hanya saja sebelum acara itu dimulai, tidak ada serah-serahan. Warga setempat pun mengakui, kedua pasangan langsung duduk di kursi pelaminan dan secara bergantian menyalami satu per satu tamu yang hadir. Acara tersebut tergolong meriah dengan diselingi musik campursari. Pasangan ”pengantin” duduk di kursi pelaminan. Darino memilih berdandan seperti seorang pengantin wanita lengkap berbusana kebaya warna merah, rambut disanggul kembang melati, dan mengenakan jarik. Adapun temanten laki-laki, seperti biasa mengenakan peci, jas warna hitam dan berkalung kembang melati. Usia keduanya tidak terpaut jauh, sekitar 25 tahun. Tidak ada yang ditutup-tutupi soal status kelamin, terutama bagi sang ”wanita” dalam acara itu. Pihak MC pun menyebutkan kalau Darino adalah laki-laki. Keduanya sama-sama cinta dan berjanji mengikat sehidup semati. Saat dimintai waktu untuk wawancara, Darino menolak. “Emoh aku, emoh..emoh..,” jawabnya kepada wartawan.

Sebaliknya Dumani diam saja hanya tersenyum-senyum. Sering Diingatkan Bagaimana kedua insan sesama jenis itu bisa menautkan hati mereka? Seorang kerabat Darino, Ratno (60) mengakui pihak keluarga sudah sering mengingatkan Darino. ”Dia itu laki-laki, anak ragil (bungsu) dari empat bersaudara. Kami sudah sering mengingatkan Darino supaya tidak berhubungan dengan sesama jenis,” ucapnya. Keponakannya tersebut berperilaku kemayu sudah sejak lama. ”Setelah sunat, sudah berperilaku seperti perempuan,” ucap Mbah Ratno. Dari teman-teman komunitas Darino bersyukur, temannya sudah mendapatkan pasangan. ”Kami bahagia, Ratu Airin dapat pasangan,” tutur seorang laki-laki berparas ayu yang enggan disebutkan namanya. Lanjut dia, acara yang digelar di rumahnya Darino itu sebenarnya bukan mantenan melainkan syukuran. Temanteman Darino sudah menyadari pernikahan sesama jenis akan dilarang pemerintah. ”Kami sudah mengingatkan pasti ada pro dan kontra untuk acara ini, tapi dia tetap nekat,” ujarnya.

Anggota DPRD Boyolali, Sumardja yang juga tokoh masyarakat setempat menjelaskan, hubungan pasangan sesama jenis itu mendapat penolakan dari warga. Sebab selain bertentangan dengan hukum, agama juga adat istiadat. Namun pasangan tersebut tetap nekat menggelar acara syukuran. “Keduanya sudah lama berhubungan seperti sepasang kekasih. Sudah dapat penolakan dari warga, tapi tetap nekat menggelar acara yang tidak lazim ini. Kami dari masyarakat tetap tidak bisa menerima. Kami datang karena semangat gotong royong saja di desa, karena ini bukan pernikahan. Cuma hajatan,” ucap Sumardja. Kadus Gegermoyo, Marjo juga membenarkan, warga menentang hubungan Darino-Dumani. Warga pun sempat heboh karena kabar yang beredar semula, Darino akan melangsungkan pernikahan dengan pasangannya. Ia sendiri mendapat informasi Darino sudah mengajukan izin ke Pemerintah Desa (Pemdes) untuk melangsungkan pernikahan. “Tapi pemdes tidak mengizinkan. Mau izinkan gimana, keduanya adalah laki-laki,” ulas dia. Kepala Desa Cluntang, Suryati menegaskan, Darino tidak pernah minta izin kepada dirinya. Pihaknya tidak mungkin mengizinkan pernikahan sesama jenis karena dilarang pemerintah dan agama. (K23-90)

Spoiler for foto:


Spoiler for pesan dari TS:


sumur
Diubah oleh zazaenal 12-10-2015 02:53
0
7.1K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.