Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hooligan29Avatar border
TS
hooligan29
Kamera Mirrorless Samsung NX300 Review dan Spesifikasi


Kamera mirrorless Samsung NX300 adalah model unggulan dari jajaran Smart Camera NX Series. Kamera ini memiliki sensor APS-C CMOS 20.3 megapixel serta hybrid autofocus yang sudah terbukti handal dan cepat. Tersedia dengan LCD layar sentuh berukuran 3.3 inci yang bisa dimiringkan 45 derajat ke bawah dan 90 derajat ke bawah.

Rentang ISO yang ditawarkan mulai dari 100 sampa 25600 dengan continous shooting 8.6 frame perdetik. Kecepatan rana maksimalnya adalah 1/6000th untuk hasil fotografi yang lebih baik. Dengan kartu memori SD, SDHC, SDXC, dan UHS-1 NX300 bisa menyimpan format file JPG atau RAW.

Saat ini Samsung mengambil kesempatan untuk kembali menemukan jati diri mereka di pasar kamera. Selama beberapa tahun lalu, perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini sudah banyak memproduksi berbagai macam jenis kamera.

Hingga sekarang ini telah banyak peningkatan teknologi yang signifikan untuk sensor, kualitas lensa, dan kecepatan. Ini membuktikan Samsung sangat serius untuk masuk ke pasar kamera terutama untuk jenis mirrorless.

Desain



Dengan mempertahankan bentuk dasar yang sama dengan seri kamera NX lainnya, kamera mirrorless Samsung NX300 tampil elegan dengan balutan kulit sintetis di bagian depan. Kamera berdimensi 4.8 x 2.5 x 1.6 inci (WxHxD) ini body-nya dibuat dengan bahan metal ditambah elemen krom di bagian atas. Untuk dimensi keseluruhan dinilai bagus untuk genggaman satu atau dua tangan.

Ergonomi dan Kontrol



Kamera mirrorless Samsung NX300 menawarkan interface yang tidak jauh berbeda dengan kamera NX lainnya yang mengedepankan tampilan sederhana dan intuitif. Semua tombol dibuat sedemikian rupa untuk mencapai kemudahan navigasi.

Pada bagian atas terdapat tombol on/off, zoom, mode dial, dan wi-fi. Sedangankan pada bagian belakang terdapat tombol kompensasi eksposur, akses video lagsung, menu, Fn, display, autofocus, ISO, continous shutter, timer, playback, delete, dan OK.

Pada bagian samping kamera mirrorless Samsung NX300 terdapat colokan HDMI serta kabel charging. Untuk bagian bawah terdapat tripod mount dan tempat baterai serta SD Card.

Menu dan Mode

Nyaris semua kontrol Mode pada kamera mirrorless Samsung NX300 bisa diakses lewat LCD layar sentuh. Selain itu terdapat fungsi untuk mengupload hasil foto ke berbagai macam social Media dan email.

Display



Kamera mirrorless Samsung NX300 tidak memiliki viewfinder elektronik, sebagai gantinya terdapat layar sentuh AMOLED LCD 3.3 inci yang bisa dimiringkan untuk kebutuhan angle yang berbeda. Layar ini memiliki 768.000 titik resolusi yang tampil baik di dalam ruangan, tapi kurang baik apabila terkena sinar matahari langsung.

Fungsi layar sentuh sangat responsif dan tidak mengalami lag. Sementara untuk composing dan view image kamu bisa memilih salah satu dari four grid, histogram, distance scale, atau icon.

Performa
NX300 adalah juara sejati dengan sistem hybrid autofocus yang cepat dan berbagai macam pilihan lensa membuat kamera ini melambung jauh diatas kamera lain sekelasnya.

Kinerja
Autofocus lebih cepat dari apa yang dibayangkan karena hanya butuh sepersekian detik untuk memotret. Pilihan untuk menyertakan contrast dan phase detection autofocus adalah langkah bagus untuk Samsung karena jelas ini membuat posisinya menjadi diatas kamera mirrorless produksi Olympus dan Sony.



Startup hanya membutuhkan sekitar 1 detik mulai dari kamera dinyalakan sampai jepretan pertama. Dilengkapai dengan flash hot shoe yang bisa dipakai saat dibutuhkan. Daya baterai bisa menghandle sekitar 160 menit merekam video atau 320 jepretan foto. Jika anda mengaktifkan wi-fi maka semakin sedikit jepretan yang bisa kamu dapatkan.

Baterai bisa diisi melalui kabel Micro USB tapi tidak tersedia charger eksternal tambahan. Meski ini dinilai wajar tapi akan menimbulkan masalah jika kamu berencana untuk mengambil lebih dari 300 gambar pada satu pengaturan. Satu-satunya solusi adalah dengan membeli baterai tambahan.

Wi-Fi/GPS
Berbagai macam laporan menyatakan bahwa mode wi-fi berjalan mudah dan mulus. Tidak ada masalah sama sekali saat di tes untuk mengupload 2 gambar ke Facebook dalam waktu kurang dari 10 detik. Saat dicoba lagi untuk mengupload 7 gambar ke Facebook dalam waktu sekitar 30 detik juga tidak ada masalah.

Jelas kecepatan upload tergantung pada koneksi internet. Tapi intinya adalah konektivitas wi-fi dari kamera mirrorless Samsung NX300 sangat memuaskan. Dilengkapi juga dengan NFC (Near Field Communication) yang bisa mentrasfer file ke perangkat lain via nirkabel. Tersedia juga geo-tagging dengan GPS modul (WGS84).

Kualitas Video


Video Full HD 1080p yang terekam 60 frame per detik disimpan dengan format file MP4. Selain itu juga bisa merekam pada mode 30 frame atau 24 frame per detik. Suara ditangkap dengan mikrofon stereo yang terdapat di body camera. Kalau kamu ingin kualitas suara yang lebih baik, kamu bisa membeli aksesoris tambahan berupa mikrofon EM yang dijual terpisah.

Kualitas Gambar
Warna ditampilkan dengan sangat baik dan indah. Gambar sangat tajam dengan sedikit noise pada setting ISO 3200. Pada ISO 6400 – 25600 noise mulai terlihat jelas. Untuk mendapatkan gambar yang baik disarankan untuk menjaga settingan ISO dibawah 6400.



Tersedia 8 pengaturan balance yaitu auto, daylight, cloudy, fluorescent, tungsten flash, custom, dan K (Kelvin). Untuk pemotretan tersedia mode Beauty Face, Landscape, Macro, Action Freeze, Rich Tone, Panorama, Waterfall, Silhouette, Sunset, Night, Fireworks, Light Trace, Creative Shot, dan Best Face.

Untuk efek palet tersedia mode Vignetting, Minature, Colored Pencil, Watercolor, Wash Drawing, Oil Sketch, Ink Sketch, Acryl, Negative, dan 4 Selective Color options.

Kesimpulan
Kamera mirrorless Samsung NX300 merupakan salah satu yang terbaik dari jajaran seri NX. Menawakan body metal kokoh yang serta ramping berbalut kulit membuat kamera ini tidak hanya terlihat modern tapi juga elegan. Kualitas gambar yang baik dan tajam bila menjaga ISO dibawah 6400.

Fungsi wi-fi mudah digunakan dan hingga saat ini belum ada yang bisa mengalahkannya kecuali oleh Galaxy NX. Sejauh artikel ini ditulis belum ada kamera lain yang memberikan pengalaman menggunakan wi-fi sebaik ini. Ini adalah kabar baik untuk kamu yang menginginkan kualitas gambar dan video bagus untuk langsung di upload ke Social Media.

Keunggulan
  • Autofocus cepat
  • Kualitas gambar tajam
  • Konektivitas Wi-Fi Bagus
  • Layar sentuh responsif

Kelemahan
  • Baterai cuma bisa diisi lewat kamera
  • Baterai boros

Cek Harga Disini
Sumber
1
13.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.