Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ansarsafetyAvatar border
TS
ansarsafety
Asteroid Diameter 2,6 Kilometer Mendekati Bumi


INILAHCOM. Maryland -- Sebuah asteroid, yang diperkirakan cukup untuk membunuh jutaan manusia jika menabrak Bumi, akan berada pada jarak paling dekat dengan kepala kita.

NASA mengatakan benda langit yang disebut Asteroid 86666 (2000 FL10) akan berada pada jarak 25 juta kilometer dari bumi pada Sabtu (10/10) waktu AS, atau Minggu (11/10) WIB.

Asteroid ini kali pertama diamati 16 tahun lalu, tapi ukurannya belum diketahui secara pasti. Pakar NASA hanya bisa mengira-ngira asteroid ini memiliki lebar 2,6 kilometer.

Pada jarak 25 juta kilometer dari Bumi, atau 67 kali jarak Bulan-Bumi, Asteroid 86666 melaju dengan kecepatan 64 ribu kilometer per jam.

Ukurannya Asteroid 86666 (2000 FL10) yang sedemikian besar membuatnya dianggap sebagai obyek berpotensi bahaya (PHO). Jika bertabrakan dengan bumi dengan kecepatan 64 ribu kilometer per jam, efeknya sama dengan tibun bom atom yang meledak sekaligus.

Jika tamu luar angkasa tak diundang itu menghantam laut, lebih setengah daratan di Bumi akan tertutup, sejumlah besar air menguap ke atmosfer, tsunami dan gelombang pasang terjadi di mana-mana.

Sinar matahari tidak akan sampai ke bumi, dan selama bertahun-tahun udara dipenuhi awan debu dan kotoran. Selama musim dingin artifisial, ratusan spesies menghadapi bahaya kepunahan.

Kabar baiknya, Asteroid 86666 (2000 FL10) akan melewati planet kita dengan jarak di luar tujuh juta kilometer, yang membuat risiko tabrakan dengan Bumi sangat kecil.

NASA memperkirakan kemungkinan tabrakan Bumi-Asteroid hanya 0,01 persen. Di masa lalu, tabrakan Bumi dengan PHO pernah terjadi di Semenanjung Yucatan, Meksiko, yang mengakibatkan seluruh spesies dinosaurus mati.

sumur http://teknologi.inilah.com/read/det...mendekati-bumi
Boss komentemoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)
0
5.5K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.